Pemeriksaan CT Scan

pemeriksaan ct scan, rumah sakit awal bros

Pemeriksaan Computerized Tomography Scan atau CT Scan adalah suatu cara untuk melihat bagian dalam tubuh manusia secara detail dengan alat khusus. Prosedur CT Scan menggunakan teknologi sinar-X dan komputer untuk menghasilkan sejumlah gambar irisan dari organ dalam tubuh. Dengan menyajikan banyak irisan, hasil CT Scan dapat memberikan informasi lebih jelas kepada dokter mengenai kondisi tubuh pasien guna membantu menegakkan diagnosis.

CT Scan tergolong pemeriksaan yang sederhana dan tanpa alat-alat bedah. Pasien cukup berbaring di meja periksa yang kemudian masuk ke alat pemindai yang bentuknya seperti terowongan. CT Scan yang akan bekerja menghasilkan gambar-gambar irisan atau potongan  organ tubuh. Untuk memperjelas hasil CT Scan (contohnya melihat kasus tumor atau kanker), pasien akan diberikan suntikan kontras media dengan persiapan puasa 4 jam sebelum tindakan dan dilakukan cek ureum dan kreatinin. Petugas akan memberikan informasi tentang prosedur pemeriksaan serta interuksi selama pemeriksaan seperti kapan harus tarik napas kapan harus tahan napas.

 

Siapa Saja yang Memerlukan Pemeriksaan CT Scan

Pemeriksaan CT Scan bertujuan mengetahui adanya masalah dalam tubuh pasien tanpa pembedahan. Pasien yang memerlukan pemeriksaan CT Scan antara lain jika memiliki indikasi gejala:

Dokter juga dapat menjalankan CT Scan dalam penanganan penyakit kanker yang telah diketahui. Selain CT Scan, terdapat sejumlah prosedur pencitraan tubuh lain yang tersedia di rumah sakit. Namun, tidak semua pasien dapat memilih hendak menggunakan metode pencitraan yang mana. Ada beberapa faktor yang membuat pasien lebih pas untuk menjalani CT Scan daripada prosedur lain seperti pasien yang memiliki implan logam dalam tubuhnya atau pasien yang memakai alat pacu jantung. Pasien tersebut tidak dapat menjalani Magnetic Resonance Imaging (MRI) karena berbahaya. Maka, pilihannya bisa mengunakan modalitas CT Scan.

 

Mengapa Memerlukan Pemeriksaan CT Scan?

Pemeriksaan CT Scan tidak terlalu sensitif terhadap gerakan, berbeda dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) yang sangat sensitif terhadap gerakan. Pemeriksaan CT Scan juga berlangsung singkat. Jadi, dokter umumnya akan merekomendasikan pemeriksaan CT Scan ketimbang Magnetic Resonance Imaging (MRI) jika pasien harus berbaring tak bergerak dengan nyaman dalam waktu yang lebih lama.

Dengan pemeriksaan CT Scan, dokter dapat segera:

 

Kondisi Dilarang Pemeriksaan CT Scan

Pemeriksaan CT Scan termasuk aman. Namun, terdapat beberapa risiko yang berkaitan dengan penggunaan radiasi dan cairan kontras dalam pemeriksaan ini. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap cairan kontras. Mereka akan merasa gatal-gatal atau kesulitan bernapas dan napasnya pendek jika reaksinya lebih berat. Oleh karena itu, pasien harus memberi tahu tim dokter bila memiliki alergi tertentu. Begitu pula bila pasien merasa ada reaksi yang muncul tersebut saat pemeriksaan. Pasien yang hamil atau mungkin sedang hamil juga harus menginformasikannya kepada tim dokter. Pemeriksaan CT Scan untuk anak-anak atau ibu hamil juga memerlukan konsultasi dengan dokter terlebih dulu.

 

Pemeriksaan CT Scan di Primaya Hospital

Pemeriksaan CT Scan adalah teknik pencitraan yang sangat berguna bila dilaksanakan dengan tepat. Dokter dan timnya memerlukan informasi yang jelas dari pemeriksaan CT Scan sebagai bagian dari diagnosis dan menentukan penanganan selanjutnya.

Primaya Hospital menyediakan layanan pemeriksaan CT Scan yang ditangani oleh tim medis berpengalaman dan kompeten. Primaya Hospital juga menggunakan teknologi terkini dengan spesifikasi 128 slice guna mendukung kompetensi dokter. CT Scan di Primaya Hospital sudah dapat menangani tindakan CT Scan Cardiac (jantung). Kunjungi Primaya Hospital untuk berkonsultasi dan menjadwalkan pemeriksaan CT Scan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain CT Scan, Primaya Hospital juga menyediakan pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Tersedia di :
Primaya Hospital PGI Cikini Primaya Hospital Tangerang Primaya Hospital Bekasi Barat Primaya Hospital Bekasi Utara Primaya Evasari Hospital Primaya Hospital Betang Pambelum Primaya Hospital Makassar Primaya Hospital Karawang Primaya Hospital Bekasi Timur Primaya Hospital Semarang Primaya Hospital Sukabumi