Pemeriksaan CT Scan

pemeriksaan ct scan, rumah sakit awal bros

Pemeriksaan Computerized Tomography Scan (CT Scan) adalah prosedur yang menggunakan sinar X dengan hasil yang diolah menggunakan komputer untuk menghasilkan gambar dalam irisan-irisan sehingga gambaran irisan yang diambil dapat terlihat dengan lebih detail. Dengan teknik ini, gambar yang dihasilkan akan jauh lebih detail dibandingkan Rontgen biasa sehingga dapat membantu diagnosis dengan lebih akurat.

CT Scan adalah pemeriksaan non-invasif yang sederhana. Pasien diminta berbaring di atas meja periksa yang akan masuk ke dalam mesin CT Scan berbentuk seperti terowongan. Sebelum melakukan CT Scan, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk konsultasi dan persiapan. Biasanya, pasien diminta untuk puasa selama beberapa jam sebelum melakukan CT Scan dengan disuntik cairan kontras. Sebelum melakukan CT Scan, sebaiknya pasien mengabari dokter mengenai alergi yang dimiliki, riwayat pengobatan yang sedang dilakukan, atau kondisi khusus lainnya seperti kehamilan.


Tujuan Pemeriksaan CT Scan

CT Scan adalah alat bantu pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendeteksi banyak hal seperti menilai kondisi pembuluh darah pada pasien Penyakit Jantung Koroner, emboli paru, pembesaran pembuluh darah aorta, dan kelainan pembuluh darah lainnya. CT Scan juga dapat digunakan untuk mengamati metastasis (penyebaran), letak, serta jenis tumor atau kanker.

Penggunaan CT Scan dapat membantu Dokter Spesialis Jantung dalam menentukan cara atau metode yang lebih akurat dalam menangani kasus serangan jantung. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengamati kasus kecelakaan.


Larangan Pemeriksaan CT Scan

Tidak semua orang dapat menjalani pemeriksaan CT Scan karena paparan sinar X yang diberikan saat proses pemeriksaan dapat menyebabkan gangguan pada sistem tubuh tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya pasien anak-anak atau ibu hamil tidak melakukan pemeriksaan ini. Pasien anak cenderung rentan dengan sinar X sebab tubuh mereka masih dalam proses pertumbuhan. Begitu pun pada ibu hamil yang perlu menjaga pertumbuhan janin. Pemeriksaan CT Scan sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu pada dokter Anda dan harus melalui persetujuan dokter.

Selain CT Scan, Primaya Hospital juga menyediakan pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Tersedia di :
Primaya Hospital Tangerang Primaya Hospital Bekasi Barat Primaya Hospital Betang Pambelum Primaya Hospital Bekasi Timur Primaya Evasari Hospital Primaya Hospital Bekasi Utara Primaya Hospital Makassar Primaya Hospital Karawang