Virus Zika, Ayo Kenali dan Cegah Penyebarannya

Virus Zika

Virus Zika (ZIKV) merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Virus ini dapat menyebabkan sakit yang ringan kepada manusia yang dikenal sebagai demam Zika atau penyakit Zika. Virus ini belum banyak dikenal oleh khalayak umum, oleh sebab itu yuk pelajari virus ini lebih lanjut.

Gejala Virus Zika

Dr. Bunga Sukmapermata selaku dokter umum dari Primaya Hospital Bekasi menjelaskan bahwa gejala dari virus zika hampir sama dengan Demam Berdarah Dengue dan pasien yang punya riwayat perjalanan ke negara di benua Amerika. Demam Zika adalah infeksi virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegpti – jenis nyamuk yang juga menularkan demam berdarah dan chikungunya. Nyamuk Aedes Aegpti menyebarkan virus Zika dengan cara mengisap virus dari orang yang terinfeksi, kemudian menularkannya ke orang yang sehat.

Baca Juga:  20 Mitos dan Fakta Virus Corona Wajib Kamu Tahu

“Pertolongan pertama untuk penderita Zika adalah dengan konsumsi obat penurun panas lalu langsung temui dokter,” ujar dokter Bunga. Kita bisa mencegah virus ini dengan menggunakan lotion nyamuk, hindari juga pergi ke negara endemiknya dan jaga lingkungan tetap bersih. “Virus ini paling mengerikan bila terkena pada ibu hamil karena bisa membuat gangguan pertumbuhan janin,” tambah dokter Primaya Hospital tersebut.

Untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan dan mendapat informasi paket-paket Medical Check Up, Anda dapat menghubungi Customer Care Primaya Hospital Bekasi Barat di 021-88855222. Semoga bermanfaat.

Ilustrasi gambar oleh Prakasit Khuansuwan

Bagikan ke :