Kelebihan ASI Eksklusif Dibanding Susu Formula

Kelebihan ASI Eksklusif Dibanding Susu Formula

Para calon orang tua baru wajib menggali informasi mengenai air susu ibu atau ASI eksklusif, termasuk perbandingannya dengan susu formula. Informasi ini penting demi memastikan buah hati kelak mendapatkan yang terbaik. ASI eksklusif memiliki peran besar dalam perkembangan anak. Bahkan pemerintah sampai menerbitkan peraturan khusus tentang pemberian ASI eksklusif.

ASI adalah cairan yang berasal dari kelenjar payudara ibu. Sedangkan ASI eksklusif adalah pemberian ASI kepada bayi sejak lahir hingga berusia enam bulan tanpa ada tambahan makanan atau minuman lain. Pemberian obat atau vitamin lewat oral di bawah pengawasan dokter masih boleh selama masa ASI eksklusif jika bayi membutuhkannya.

 

Keunggulan ASI Dibanding Susu Formula

ASI memberikan banyak manfaat dibandingkan dengan susu formula. Apalagi ibu memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Yang menerima manfaat tersebut bukan hanya bayi, tapi juga ibu. Berikut ini contohnya.

Hemat

Tak perlu mengeluarkan uang atau biaya untuk memberikan ASI kepada bayi. ASI fresh dan segar, hygienes karna langsung di susukan dari puting ibu. Bayi yang mendapat ASI eksklusif memiliki daya tahan tubuh lebih kuat sehingga jarang sakit, karna pada ASI ada imunoglobulin yang berperan untuk daya tahan tubuh bayi. Jadi sangat ekonomis, kemungkinan pengeluaran tambahan untuk pengobatan bayi  kecil, atau tidak ada karna bayi sehat.

Baca Juga:  Jenis dan Manfaat Pemberian Vaksin Anak

Kenal banyak rasa

ASI terdiri atas komponen komponen dari makanan dan minuman asupan ibu. Jadi rasanya pun beraneka ragam, tergantung apa yang di konsumsi ibu. Keuntungannya, bayi bisa mengenal banyak rasa, sehingga kelak dapat lebih menerima bermacam-macam rasa makanan .

Lebih praktis

Ini khususnya berlaku buat ibu yang menyusui langsung bayinya. Tanpa perlu meracik susu di botol, ibu bisa langsung memberikan ASI kepada sang buah hati. Tak perlu pula repot bangun dari tempat tidur untuk membuat susu ketika bayi rewel di tengah malam.

Bayi cerdas

Sejumlah penelitian menyebutkan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi di banding kan dengan anak yang diberi susu formula.Tentunya dari ibu yang sehat dengan asupan gizi yang baik dan seimbang

Ikatan erat

Dalam pemberian ASI, terjadi kontak kulit antara ibu dan bayi. Sentuhan langsung ini memunculkan ikatan yang lebih erat secara emosional.

Baca Juga:  Screening Jantung Anak: Deteksi Dini Penyakit Jantung Bawaan

 

Apakah Susu Formula Dapat Menggantikan ASI?

Para ahli kesehatan meyakini ASI sebagai pilihan nutrisi terbaik bagi bayi. Bila berlebih atau ASI cukup banyak usahakan ASI di perah untuk persediaan.Tapi ada kemungkinan seorang ibu tak bisa memberikan ASI eksklusif, karena kondisi tertentu. Bagi para ibu yang tak bisa menyusui, susu formula dapat sebagai alternatif.

Susu formula bisa menyediakan nutrien yang bayi butuhkan untuk tumbuh dan berkembang, walaupun tidak sebaik ASI. Beberapa ibu khawatir tak bisa menumbuhkan ikatan batin dengan bayi jika tak menyusui. Faktanya, ibu yang perhatian dan sayang kepada buah hatinya akan selalu memiliki ikatan emosional itu. Memegangi botol ketika bayi minum susu formula juga bisa menjadi cara untuk memperkuat ikatan batin.

 

Kelebihan & Kekurangan Susu Formula Dibandingkan ASI

Kelebihan :

  • Ayah atau pengasuh bisa ikut membantu memberikan susu kepada bayi, tidak harus ibu
  • Ibu tak perlu mencari tempat privat untuk memberikan susu
  • Bagi ibu sibuk, tak harus mencari-cari waktu untuk memerah susu di tengah kesibukan
  • Susu formula lebih lama tercerna sehingga bayi tak sedikit-sedikit rewel minta susu
  • Ibu bisa lebih bebas mengonsumsi makanan dan minuman karena tak perlu khawatir asupannya akan mempengaruhi bayi
Baca Juga:  Imunisasi DPT, Manfaat, dan Kapan Vaksin DPT Diberikan   

Kekurangan :

  • Susu formula tak mengandung antibodi yang bayi butuhkan untuk membentuk daya tahan tubuh
  • Nutrisi ASI lebih baik dari susu formula.
  • Harus selalu tersedia stok susu formula.
  • Semua peralatan dan botol bersih yang sudah steril telah di siapkan.
  • Menambah biaya, pengeluaran menjadi lebih boros karna membeli susu formula.
  • Sering kali bayi yang mendapat susu formula mengalami konstifasi( sulit bab,sembelit ) karna susu formula lebih sulit tercerna.

 

Ditinjau oleh:

dr. Yenny W Abbas, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Primaya Hospital Bekasi Barat

 

Referensi:

https://promkes.kemkes.go.id/susu-formula-tidak-sebanding-dengan-pemberian-asi

https://www.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin%20ASI%20per%20halaman%20-%2002012018.pdf

https://kidshealth.org/en/parents/breast-bottle-feeding.html

Bagikan ke :