• Ambulance
  • 150 108
  • Chatbot

Penyebab Leukosit Tinggi pada Anak dan Penanganannya

leukosit tinggi pada anak

Leukosit tinggi pada anak merupakan pertanda adanya jumlah sel darah putih lebih banyak dari kondisi normal, kondisi ini merupakan respon imun yang normal. Namun, kondisi ini dapat mengisyaratkan adanya penyakit tertentu.

Seperti diketahui, leukosit atau sel darah putih memiliki peran penting dalam melindungi anak dari berbagai penyakit. Meski sel darah putih hanya menyumbang sekitar 1% dari darah tetapi dampaknya besar bagi kesehatan tubuh.

buat jani dokter primaya

Jika mengabaikan kondisi sel darah putih meningkat, maka berbahaya bagi kesehatan anak. Leukosit tinggi juga dapat menyebabkan gangguan pada aliran darah dalam tubuh. Ketahui lebih lanjut mengenai leukosit pada anak di bawah ini. 

Apa itu Leukosit Tinggi pada Anak?

leukosit tinggi pada anak

Leukosit adalah sebutan dari sel darah putih berfungsi untuk membantu tubuh melawan infeksi dan berbagai penyakit. Ketika ada peningkatan jumlah sel darah putih dalam tubuh, kondisi ini biasa disebut sebagai leukositosis.

Pada bayi yang baru lahir, umumnya jumlah nilai leukosit normal antara 9.000-30.000 per mikroliter (mcL) darah. Kemudian pada anak berusia di bawah 2 tahun, nilai leukosit normal berada di rentang 6.200-17.000 mcL darah. 

Leukosit yang merupakan hasil produksi dari sumsum tulang, kemudian mengalirkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Sel darah putih merupakan salah satu bagian berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, maka tubuh lebih mudah terkena serangan virus, bakteri, jamur dan parasit penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, saat nilai leukosit tinggi perlu diwaspadai.

Gejala dan Tanda Leukosit Tinggi

leukosit tinggi pada anak

Gejala leukosit tinggi pada anak berbeda-beda, tergantung dari apa yang menjadi penyebab sel darah putih meningkat. Meski tidak ada gejala spesifik yang menandakan leukosit tinggi. Namun, waspadai jika terjadi gejala sebagai berikut:

  • Anak mengalami demam
  • Berat badan anak menurun
  • Mudah merasa kelelahan
  • Muncul ruam pada kulit dan rasa gatal
  • Mengalami kondisi sesak napas
  • Tubuh mudah mengalami lebam
  • Mengalami gangguan pada fungsi mata

Selain itu, banyak gejala leukosit tinggi pada usia anak yang menjadi indikasi adanya infeksi yang lebih serius, seperti leukemia dan limfoma. Pada leukemia akut, sel darah putih dapat membuat darah menjadi kental dan mengurangi aliran darah yang meningkat.

Dengan demikian, penting untuk memahami bahaya leukosit tinggi. Sebab, leukosit tinggi dapat menjadi petanda komplikasi yang serius. Oleh karena itu, pahami gejala dan penyebab agar terhindar dari penyakit ini.

Baca Juga:  Daftar Vaksin Penting untuk Usia Remaja

Penyebab Leukosit pada Anak Tinggi

penyebab leukosit tinggi pada anak

Adapun penyebab meningkatnya jumlah sel darah putih pada anak, salah satunya sering disebabkan oleh peradangan atau infeksi. Selain itu, juga bisa penyebabnya oleh beberapa hal berikut:

  • Infeksi yang penyebabnya bakteri atau virus
  • Reaksi dari obat yang dapat menambah sel darah putih
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh seperti rheumatoid arthritis
  • Mengalami stress secara fisik maupun emosional
  • Mengalami peradangan jangka panjang
  • Mengidap penyakit kanker darah seperti leukemia

Dokter biasanya mengetahui jumlah sel darah putih normal dan tinggi setelah pemeriksaan darah. Dari pemeriksaan, diketahui jenis sel darah putih dan kecurigaan penyebab peningkatan jumlahnya. Berikut jenis leukosit dan penyebabnya:

  • Neutrofil: Kenaikan jumlah sel darah putih jenis neutrofil ini bernama neutrofilia, biasanya disebabkan infeksi dan inflamasi atau peradangan
  • Limfosit: Kenaikan jumlah limfosit melebihi normal bernama limfositosis. Penyebab limfositosis ini umumnya terkait dengan leukemia dan infeksi virus
  • Monosit: Kenaikan monositosis jarang terjadi dalam tubuh daripada gangguan leukosit lainnya. Penyebab gangguan ini karena kanker dan infeksi
  • Eosinofil: Kelebihan kadar eosinofil dalam tubuh ini dinamakan eosinofilia. Penyebab kondisi ini terjadi biasanya karena alergi dan parasit dalam tubuh
  • Basofil: Kelebihan jumlah basofil dalam tubuh yang bernama basofilia. Penyebab basofilia ini biasanya dipicu oleh penyakit leukemia

Sebenarnya saat penyebab peningkatan sel darah putih hilang, sel darah putih akan kembali normal. Namun, jika kelebihan sel darah putih pada anak menimbulkan masalah, segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Diagnosis Leukosit pada Anak Tinggi

leukosit tinggi pada anak

Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menanyakan gejala apa saja yang muncul pada anak, hal ini bertujuan untuk mendeteksi adanya leukosit tinggi pada si kecil atau tidak. Dokter akan lebih mudah melakukan penanganan.

Selain itu, dokter juga akan memeriksa dan melihat riwayat anak guna mengetahui adanya faktor pemicu kondisi sel darah putih meningkat. Untuk memastikan diagnosis, pemeriksaan penunjang akan dilakukan berupa tes darah lengkap.

Tes darah lengkap ini berfungsi untuk melihat kondisi sel darah putih, sel darah merah, dan platelet (trombosit) dalam darah, apakah jumlah sel darah nilainya normal atau justru di atas normal. Semuanya dapat mengetahuinya dari tes ini.

Pemeriksaan tes darah lengkap biasanya cukup untuk memberikan hasil yang tepat. Namun jika memerlukan, pemeriksaan sumsum tulang dapat melakukannya untuk memastikan diagnosis leukosit pada anak tinggi atau di atas normal.

Baca Juga:  Imunisasi Campak, Manfaat, dan Kapan Vaksin Campak Diberikan

Penanganan Leukosit Anak Tinggi

penanganan leukosit tinggi pada anak

Penanganan untuk menurunkan leukosit tinggi pada anak bervariasi, hal ini tergantung penyebab kondisi sel darah putih naik. Misalnya, jika  jumlah leukosit tinggi karena infeksi bakteri, dokter akan membuat resep obat antibiotik.

Berhubungan kondisi leukosit anak tinggi karena penyebabnya banyak, maka perawatannya berbeda-beda sampai berangsur pulih. Berikut beberapa perawatan untuk menurunkan kondisi leukosit tinggi pada usia anak, antara lain:

  • Pemberian obat antibiotik untuk mengatasi infeksi
  • Perawatan kondisi anak yang menyebabkan peradangan
  • Pemberian antihistamin ataupun inhaler pada reaksi alergi
  • Kemoterapi atau transplantasi pada pasien kondisi leukemia
  • Penggantian obat jika leukosit disebabkan efek samping obat

Beberapa kasus, leukosit yang tinggi dapat menyebabkan darah terlalu kental sehingga tidak mengalir dengan baik. Kondisi ini disebut dengan hyperviscosity syndrome, kondisi gawat darurat medis yang harus segera mendapat penanganan.

Adapun cara mengatasi sindrom ini adalah dengan pemberian infus dan obat-obat tertentu. Hal ini bertujuan agar jumlah leukosit segera turun dan normal, serta kekentalan darah dapat berkurang agar dapat kembali mengalir lancar.

Kapan Anak harus ke Dokter?

dokter

Leukosit tinggi pada usia anak merupakan kondisi yang perlu segera mendapat penanganan. Jika terdapat gejala dan tanda leukosit, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terdekat. Untuk memastikan kondisi anak dan penyebabnya.

Dokter melakukan pemeriksaan fisik, termasuk tes darah lengkap. Hal ini bertujuan untuk memastikan anak mengalami leukosit tinggi atau tidak. Jika leukosit tinggi, dokter akan menyarankan pengobatan sesuai dengan penyebabnya.

Jadi, jangan abaikan kondisi leukosit tinggi karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan anak. Oleh karena itu, penting memahami gejala dan penyebab kenaikan jumlah sel darah putih ini, sehingga kondisi ini dapat tertangani dengan baik.

Meskipun kenaikan jumlah sel darah putih tidak menunjukan gejala yang spesifik. Namun, ketika menemukan tanda-tanda leukosit tinggi pada anak maka segera konsultasikan dan periksakan ke dokter agar dapat diketahui kondisinya.

 

Narasumber

dr. Alfred Mala Victor Siahaan SpA

Dokter Spesialis Anak

Primaya Hospital PGI Cikini

Referensi:

  • leukocyte. https://www.cancer.gov/publications/dictionaries/cancer-terms/def/leukocyte. Diakses pada 20 Juni 2023.
  • What Are White Blood Cells?. https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?ContentID=35&ContentTypeID=160. Diakses pada 20 Juni 2023.
  • Basophilia. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22099-basophilia. Diakses pada 20 Juni 2023.
  • High white blood cell count. https://www.mayoclinic.org/symptoms/high-white-blood-cell-count/basics/causes/sym-20050611. Diakses pada 20 Juni 2023.
  • What Is a White Blood Cell (WBC) Count?. https://www.healthline.com/health/wbc-count. Diakses pada 20 Juni 2023.
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Search

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.