• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Jenis Penyakit Kulit Anak Sering Muncul dan Cara Mengatasinya

penyakit kulit anak

Ada berbagai jenis penyakit kulit anak dengan gejala yang berbeda dan perlu mendapat perhatian. Begitu pula penyebabnya, entah itu karena alergi atau virus, dan bahkan tertular dari orang lain. Yuk, ketahui info lebih lanjut di bawah ini!

Pada dasarnya, penyakit kulit pada anak atau bayi umumnya tidak begitu membahayakan dan penangannya mudah bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, penyakit ini ada yang bersifat ringan sehingga dapat sembuh dengan sendirinya.

buat jani dokter primaya

Jika penyakit kulit menunjukkan gejala serius, maka membutuhkan penanganan langsung dari dokter. Lantas, apa saja jenis penyakit kulit pada anak? Bagaimana cara mengatasi jenis penyakit ini? Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Penyakit Kulit Anak?

penyakit kulit anak

Penyakit kulit anak adalah kondisi kulit pada bagian luar mengalami masalah yang perlu diatasi agar tidak mengganggu dan membuat anak tidak nyaman. Meski sifatnya sementara, tetapi ada yang permanen atau terus-menerus kambuh.

Bahkan, penyakit kulit bisa menyerang orang yang menjaga kebersihan. Oleh karena itu, penting mengetahui penyebab penyakit ini agar bisa mengatasi dan mencegahnya timbul. Meskipun penyakit ini umum terjadi pada manusia.

Penyebab penyakit kulit berbeda-beda, bisa terjadi karena infeksi virus, kurang kebersihan diri, paparan zat berbahaya bagi kulit, sampai mada imunitas seperti alergi. Oleh karena itu, penanganannya pun bisa berbeda setiap penderitanya.

Jenis Penyakit Kulit Anak Sering Terjadi

jenis penyakit kulit anak

Anak yang sering mengeksplorasi benda-benda di sekitarnya rentan mengalami masalah kulit, kondisi ini terjadi karena ada paparan kuman atau bakteri. Adapun jenis penyakit kulit yang sering terjadi pada anak adalah sebagai berikut:

1. Biduran atau Urtikaria

Biduran adalah penyakit kulit pada anak yang menyerang bagian kaki, badan, wajah, lengan, dan bagian lainnya. Meski tidak membahayakan, tetapi penyakit kulit ini membuat anak tidak nyaman saat tidur atau beraktivitas sehari-hari.

Penyebab biduran pada anak terjadi karena adanya reaksi alergi yang bisa berasal dari makanan, umumnya telur dan susu. Penyebabnya bisa juga karena keringat yang bergesekan dengan kulit sehingga timbul rasa gatal dan ruam.

Cara Mengatasi Biduran:

Sebagian kasus biduran pada anak penyebabnya adalah alergi, maka cara mengatasinya dengan menghindari pemicunya. Misalkan alergi makanan seperti telur, sebaiknya anak tidak konsumsi telur terlebih dahulu sebelum sembuh.

Baca Juga:  Bibir Bayi Warna Biru, Apakah Tanda Penyakit Jantung?

Jika anak mengalami biduran kronis, segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dokter mungkin akan memberikan resep obat untuk mengurangi gejala yang timbul pada penyakit kulit ini.

2. Biang Keringat atau Miliaria

Biang keringat merupakan kondisi paling umum dan sering terjadi pada anak maupun bayi. Miliaria atau biang keringat terjadi ketika keringat tersumbat di bawah kulit. Kondisi ini bisa juga karena kelenjar keringat tersumbat.

Gejala anak mengalami biang keringat adalah munculnya bintik-bintik seperti jerawat pada bagian leher dan kepala. Biasanya biang keringat muncul ketika anak berada di daerah dengan cuaca panas dan anak sering berkeringat.

Cara Mengatasi Biang Keringat:

Biang keringat biasanya hilang sendiri. Namun, sebagai langkah pencegahan bisa memakai pakaian yang bisa menyerap keringat agar biang keringat tidak bertambah parah. Kemudian hindari anak dari cuaca panas dan bersuhu lembab.

Jika biang keringat menimbulkan gatal, maka oleskan bedak salicyl yang mengandung calamine. Pada kondisi gatal parah, maka bisa memakai antihistamin untuk meredakan gatal. Tetapi, tanyakan dokter dahulu untuk mendapat dosis sesuai.

4. Kurap, Kadas atau Tinea

Kurap yang dikenal sebagai dermatofitosis adalah jenis penyakit kulit anak disebabkan infeksi jamur yang hidup di jaringan kulit. penyakit kulit ini bisa menular melalui kulit pada manusia dan bisa menyebar ke bagian tubuh manusia.

Gejala kurap bervariasi tergantung dimana akan terinfeksi. Umumnya gejala yang timbul seperti bercak keputihan atau kemerahaan, tidak melepuh dengan batas aktif kemerahan.

Cara Mengatasi Kurap:

Cara penanganan kurap pada anak tergantung gejala dan usianya. Jika kurap terjadi pada kulit kepala, maka bisa mengobatinya dengan obat antijamur atau sampo khusus untuk menghilangkan jamur secara efektif pada kulit anak. Pengobatan kurap pada area tubuh lainnya bisa memakai krim atau salep anti jamur.

Sebelum menggunakan obat anti jamur, maka sebaiknya konsultasi dahulu dengan dokter agar mendapat resep obat sesuai dengan dosis anak

Baca Juga:  Imunisasi Influenza, Manfaat, dan Kapan Vaksin Influenza Diberikan

5. Impetigo Penyakit Kulit Anak

Impetigo adalah kelainan kulit pada anak yang disebabkan infeksi kulit bakteri. Penyakit ini sangat rentan dialami anak berusia 2 hingga 5 tahun.

Gejala penyakit impetigo pada anak awalnya muncul lenting – lenting berisi cairan yang cepat pecah sehingga membentuk kerak yang keras melekat di kulit, jika diangkat akan berdarah.

Cara Mengatasi Impetigo:

Pada beberapa kasus, impetigo bisa sembuh sendirinya dalam jangka waktu dua sampai dengan toga minggu. Jika kondisi belum membaik, maka bisa konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dna lebih baik.

Dokter akan memeriksa kondisi anak dengan impetigo. Jika mengetahui penyebabnya,, dokter akan memberikan resep antibiotik untuk mempercepat penyembuhan. Cara ini juga bisa mengurangi risiko penularan pada anak lainnya.

Kapan Anak harus ke Dokter?

dokter anak

Ketika menemukan gejala dan tanda-tanda anak mengalami penyakit kulit, maka segera konsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan supaya mendapat penanganan segera sehingga anak tidak terganggu dengan kondisi penyakit tersebut.

Dokter akan melakukan pemeriksaan kondisi penyakit sesuai gejala dan penyebabnya. Jika sudah mengetahui faktor penyebabnya, dokter akan memberikan resep obat untuk membantu proses penyembuhan penyakit yang dialami anak.

Jika ingin mengetahui informasi jenis penyakit kulit anak lebih jelas, Anda bisa menanyakan dengan dokter spesialis kulit. Anda bisa juga mencari tahu cara pencegahan agar terhindar dari penyakit yang cukup mengganggu tersebut.

 

Narasumber:

dr. Nugrah Cesar Cardinal Santo, Sp.D.V

Dokter Spesialis Dermatovenereologi

Primaya Hospital PGI Cikini

Referensi:

  • Images of Childhood Skin Problems. https://www.webmd.com/children/ss/slideshow-common-childhood-skin-problems. Diakses pada 20 Juni 2023.
  • All About Common Skin Disorders. https://www.healthline.com/health/skin-disorders. Diakses pada 20 Juni 2023.
  • Seborrheic dermatitis. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/seborrheic-dermatitis/symptoms-causes/syc-20352710. Diakses pada 20 Juni 2023.
  • 8 Common Skin Problems in Babies and Their Solutions. https://www.beingtheparent.com/skin-problems-in-babies/. Diakses pada 20 Juni 2023.
  • Rashes in babies and children. https://www.nhs.uk/conditions/rashes-babies-and-children/. Diakses pada 20 Juni 2023.
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.