• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit

Sakit gigi bisa terasa sangat menyakitkan dan tak tertahankan. Sebab, terdapat saraf di dalam gigi yang sangat sensitif. Bahkan saraf gigi adalah salah satu saraf yang paling sensitif dalam tubuh. Sebagai upaya penanganan mandiri, ada cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat. Namun ini solusi yang bersifat sementara. Rasa tidak nyaman akibat sakit gigi bisa muncul lagi jika penyebab utamanya tak ditangani.

 


Sakit Gigi Bisa Hilang dalam 5 Menit?

Orang yang memiliki masalah gigi berlubang mungkin tak begitu menghiraukannya karena tak terasa sakit. Gigi berlubang memang tak selalu menimbulkan sakit gigi. Namun, ketika gigi berlubang sudah mencapai tahap infeksi terhadap saraf gigi, bisa timbul sakit gigi yang luar biasa. Kalau sudah kejadian seperti ini, hal pertama yang dilakukan pasti mencari-cari cara menghilangkan sakit gigi itu secepatnya.

Untuk menghilangkan sakit gigi dengan cepat, bahkan dalam 5 menit, Anda bisa melakukannya jika memiliki obat. Tapi, bila tak punya obat, Anda bisa mencari bahan-bahan alternatif yang biasanya ada di dapur atau lemari berisi pembersih kamar mandi.

Dua bahan utama yang sering digunakan untuk mencoba menghilangkan sakit gigi secara darurat adalah hidrogen peroksida dan garam. Hidrogen peroksida kerap disimpan sebagai pembersih kamar mandi. Sedangkan garam adalah bumbu dapur yang utama sehingga pastinya ada.

 

Kenapa Gigi Terasa Nyut-nyutan?

Ada banyak macam sakit gigi, dari nyeri tumpul yang konsisten hingga nyut-nyutan yang datang dan pergi. Umumnya, gigi terasa nyut-nyutan karena gigi tersebut pada tahap awal pembusukan. Pembusukan gigi adalah proses yang bertahap. Dalam proses itu, gigi bisa terasa nyut-nyutan yang menandakan adanya gigi yang mulai berlubang.

Gigi nyut-nyutan adalah salah satu jenis sakit gigi yang paling banyak dialami. Selain tahap awal pembusukan, penyebab gigi nyut-nyutan termasuk:

  • Penyakit gusi atau periodontal bisa menyebabkan sakit gigi nyut-nyutan yang timbul-tenggelam. Nyut-nyutan kerap tidak hanya terasa di gigi, tapi juga rahang.
  • Jika gigi sebelumnya pernah ditambal, tambalan yang lepas atau rusak juga bisa memicu nyut-nyutan pada gigi.
  • Gigi yang terinfeksi bakteri juga bisa menimbulkan nyut-nyutan. Infeksi yang bermula dari gigi ini bisa menyebar ke rahang dan bahkan ke area tubuh yang lain.
Baca Juga:  Bahaya Gigi Berlubang

 

Cara Mengatasi Sakit Gigi tanpa Obat

Terdapat sejumlah cara menghilangkan sakit gigi dengan bahan-bahan di rumah tanpa obat. Pengobatan di rumah ini bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakit sembari menunggu jadwal kunjungan ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Di antaranya:

  • Mengompres pipi tempat asal sakit gigi dengan kantong es atau kain dingin. Dinginnya es bisa membuat area yang sakit mati rasa sehingga merasa lebih nyaman.
  • Berkumur selama 30 detik dengan campuran air dan 3 persen hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida bisa membunuh bakteri dan meredakan nyeri serta pembengkakan.
  • Berkumur dengan larutan air hangat dan satu sendok garam. Garam adalah disinfektan alami yang bisa meredakan pembengkakan, mengatasi infeksi, sekaligus membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan.
  • Mengoleskan minyak cengkeh ke gigi yang sakit. Terdapat kandungan antiseptik alami dalam cengkeh berupa eugenol.
  • Mengunyah atau mengoleskan bawang putih/bawang merah yang telah dihaluskan ke area yang sakit bisa meredakan rasa nyeri dan pembengkakan karena ada kandungan alisin yang merupakan agen antibakteri alami.
  • Kantong teh yang mengandung tanin bisa meredakan rasa sakit gigi dengan cara ditempelkan ke gigi dalam keadaan basah dan hangat.
  • Mengunyah jahe yang telah dibersihkan dan dikupas, lalu biarkan di dalam mulut selama sekitar satu jam untuk membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.
  • Kunyit memiliki kandungan antiperadangan dan antibakteri. Untuk menghilangkan sakit gigi, campurkan bubuk kunyit dengan air atau madu hingga kental, lalu oleskan ke bagian yang sakit.
  • Taruh potongan lemon pada gigi yang sakit dan isap airnya hingga habis. Kandungan vitamin C pada lemon baik untuk kesehatan gigi.
  • Mengunyah daun jambu biji yang telah dicuci atau berkumur dengan rebusan daun jambu biji. Kandungan antimikroba dalam jambu biji bisa meredakan pembengkakan dan rasa sakit.

 

Sakit Gigi Pada Malam Hari, Harus Apa?

Sakit gigi pastinya menjengkelkan, terutama jika terasa pada malam hari. Gigi yang nyut-nyutan saat malam akan membuat sulit tidur dan aktivitas esok paginya pasti terganggu. Biasanya sakit gigi bisa diredakan dengan obat seperti ibuprofen, naproksen, atau asetominofen. Jika memiliki persediaan obat-obatan ini, Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan sakit gigi agar dapat tidur.

Baca Juga:  Cukupi Nutrisi Untuk Pertumbuhan Gigi pada Bayi

Jika tak ada obat-obatan itu, Anda dapat mencoba cara pengobatan di rumah seperti yang diuraikan sebelumnya. Selain itu, saat berbaring, gunakan bantal tambahan sehingga kepala lebih tinggi daripada tubuh. Banyak orang merasa lebih nyaman dengan posisi tidur seperti ini. Sebab, darah yang terkumpul di kepala bisa menambah rasa sakit dan pembengkakan.

Hal itu juga yang menyebabkan kenapa sakit gigi sering lebih terasa saat malam. Saat berbaring, darah banyak mengalir ke kepala. Tambahan darah ini meningkatkan tekanan terhadap bagian gigi yang sakit. Alasan lainnya adalah saat malam atau menjelang tidur, lebih sedikit distraksi sehingga gigi yang sakit sedikit saja bisa lebih terasa karena fokus pikiran mengarah ke rasa sakit tersebut.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Harus ditekankan bahwa sakit gigi tak boleh diabaikan karena munculnya rasa sakit itu adalah cara tubuh untuk memberi tahu kita bahwa ada masalah dalam tubuh. Cara menghilangkan sakit gigi yang disebutkan di sini hanya bersifat sementara dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti tindakan medis oleh dokter gigi. Jika gigi terasa sangat sakit hingga tak tertahankan, segeralah datangi dokter gigi terdekat atau instalasi gawat darurat rumah sakit bila sulit menemukan dokter gigi yang buka di lingkungan sekitar.

 

Reviewed by

dr. Livia Assyifa Rachman

Dokter Umum

Primaya Hospital Sukabumi

Referensi:

  • What Kills a Toothache Instantly?. https://www.emedicinehealth.com/what_kills_a_toothache_instantly/article_em.htm. Diakses 7 Agustus 2022
  • Diagnosis and treatment of abnormal dental pain. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5564113/. Diakses 7 Agustus 2022
  • Toothache (Pulpitis) in Children. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=toothache-pulpitis-90-P01876. Diakses 7 Agustus 2022
  • Herbs: A Good Alternatives to Current Treatments for Oral Health Problems. https://www.researchgate.net/publication/291814094. Diakses 7 Agustus 2022
  • Tooth Pain. https://www.aae.org/patients/dental-symptoms/tooth-pain/. Diakses 7 Agustus 2022
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.