• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Bibir manusia memiliki ukuran, bentuk, dan warna yang berbeda-beda. Terlepas dari segala perbedaan tersebut, semua bibir sama-sama indah. Namun kadang bibir dan area sekitarnya terlihat lebih gelap sehingga mempengaruhi penampilan. Untuk masalah ini, ada sejumlah cara memerahkan bibir secara alami yang aman.

 


Bagaimana Cara Memerahkan Bibir yang Hitam Secara Alami?

Hampir semua orang mendambakan bibir yang berwarna merah demi menunjang penampilan, terutama kaum wanita. Secara umum, bibir yang sehat adalah yang berwarna merah atau merah muda dan tampak cerah. Warna ini juga merupakan warna alami bibir manusia yang berasal dari warna pembuluh darah. Maka, ketika warna bibir berubah menjadi hitam atau gelap, bisa jadi ada masalah kesehatan terkait dengan pembuluh darah.

Berikut ini beberapa cara memerahkan bibir yang hitam secara alami:

1. Oleskan madu

Campurkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh gula, lalu oleskan ke bibir sebagai scrub. Setelah itu, bilas bibir dengan air hangat. Metode eksfoliasi ini bisa menyebabkan iritasi dan membuat kulit bibir terlalu sensitif jika dilakukan terlalu sering. Kulit pada bibir sangat lembut, jadi eksfoliasi dengan madu sebaiknya dilakukan sekali per minggu saja.

2. Pijat dengan minyak almond

Almond dikenal memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kulit. Gunakan minyak almond untuk memijat bibir dengan lembut beberapa kali sehari. Pijatan dengan minyak almond bisa membantu melembapkan dan meningkatkan sirkulasi darah pada bibir. Selain minyak almond, Anda dapat memakai minyak kelapa sebagai cara memerahkan bibir secara alami.

3. Minum cukup air putih

Kulit sangat membutuhkan air putih agar tetap sehat dan tampak terawat. Karena itu, pastikan minum cukup air putih setiap hari setidaknya 2 liter setiap hari. Bibir termasuk area kulit yang cepat mengering dan pecah-pecah bila tubuh kekurangan air. Warnanya pun rentan berubah menjadi pucat dan gelap ketika pasokan air tidak mencukupi.

4. Gunakan beetroot

Beetroot alias buah bit memiliki warna pigmen merah alami yang kuat. Anda bisa mengoleskannya ke bibir setiap hari secara langsung, bisa juga mencampurnya dengan madu. Oleskan potongan atau campuran buah ini pada malam menjelang tidur, lalu bilas saat bangun di pagi hari. Bibir akan tampak memerah, lembut, dan sehat.

Baca Juga:  Kenali Ramsay Hunt Syndrome : Penyakit Langka yang diderita Justin Bieber

5. Pakai kunyit

Kunyit memang berwarna kuning. Tapi ternyata bumbu dapur ini juga bisa mencerahkan warna kulit dan menyingkirkan sel kulit mati. Sebagai cara memerahkan bibir, campur kunyit bubuk dengan susu cair hingga kental seperti pasta, lalu oleskan ke bibir. Biarkan sekitar 15-10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini secara rutin tiap hari untuk hasil yang maksimal.

Selain bahan-bahan di atas, Anda bisa menggunakan perasan lemon, mentimun, lidah buaya, dan bahan alami lain yang dikenal memiliki kandungan yang baik untuk kulit.

 

Apakah Odol Bisa Memerahkan Bibir?

Di masyarakat berkembang informasi bahwa odol alias pasta gigi dapat digunakan untuk memerahkan bibir. Kandungan odol seperti fluoride dan mentol memang bisa menimbulkan efek berupa bibir berwarna merah. Tapi warna ini muncul akibat iritasi ringan akibat kandungan tersebut. Hingga kini, dokter tidak memiliki panduan klinis mengenai penggunaan odol untuk memerahkan bibir. Dokter pun lebih merekomendasikan penggunaan bahan alami untuk memerahkan bibir daripada odol karena tak adanya panduan klinis tersebut.

 

Tips Menjaga Bibir Lembut dan Sehat

Selain dapat menunjang penampilan, bibir yang sehat sangat penting untuk aktivitas makan, pernapasan, dan wicara. Karena itu, wajib bagi kita untuk menjaga bibir tetap lembut, sehat, dan tak berubah warna menjadi lebih gelap. Caranya antara lain:

  • Minum air putih yang cukup setiap hari
  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut secara rutin
  • Menghindari atau berhenti merokok
  • Membatasi paparan sinar matahari terhadap bibir
  • Makan makanan dengan gizi seimbang

 

Penyebab Bibir Warna Hitam

Orang dari ras tertentu secara alami cenderung memiliki warna bibir gelap karena terkait dengan pigmennya. Sedangkan bagi orang lain, ada banyak faktor terkait dengan hiperpigmentasi yang menyebabkan bibir berwarna hitam atau gelap. Misalnya:

  • Sianosis atau kondisi ketika tubuh kekurangan oksigen akibat masalah peredaran darah sehingga warna kulit tampak gelap atau ungu.
  • Anemia atau kekurangan zat besi
  • Hemokromatosis atau kelebihan zat besi
  • Sariawan mulut
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan
  • Terbiasa merokok
  • Sering mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, dan minuman suplemen
  • Iritasi akibat pasta gigi
  • Paparan sinar matahari
  • Perubahan hormon saat hamil
  • Sindrom Laugier-Hunziker yang bisa menyebabkan munculnya bercak gelap pada kulit
  • Efek samping obat tertentu
  • Alergi terhadap produk kosmetik
Baca Juga:  Gejala dan Pencegahan ISPA

 

Kenapa Bibir Atas Lebih Gelap?

Seperti warna kulit, warna bibir setiap orang bervariasi. Orang dengan kulit berwarna lebih gelap cenderung memiliki bibir yang lebih gelap pula. Hal ini normal. Penyebabnya adalah peningkatan jumlah melanin di kulit. Melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit. Adapun secara umum, warna bibir atas memang lebih gelap daripada bibir bawah terutama bila terjadi hiperpigmentasi.

 

Apakah Air Liur Bisa Membuat Bibir Hitam?

Air liur memiliki kandungan enzim yang dapat mencerna makanan. Ketika bersentuhan dengan bibir, enzim itu bisa menyebabkan iritasi sehingga membuat bibir lebih kering, pecah-pecah, dan berwarna lebih gelap. Makin sering membasahi bibir dengan air liur, bibir justru akan makin kering. Sebaiknya gunakan pelembap bibir bila bibir terasa kering dan jangan lupa minum air putih yang cukup.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Kapan pun Anda merasa khawatir ketika melihat ada perubahan warna pada bibir, sebaiknya segera hubungi dokter. Terutama jika perubahan warna diiringi gejala seperti gatal atau perih di sekitar bibir. Dokter akan melakukan pemeriksaan guna mengidentifikasi penyebabnya dan memberikan rekomendasi perawatan yang tepat, termasuk untuk memerahkan bibir.

 

Reviewed by

dr. Livia Assyifa Rachman

Dokter Umum

Primaya Hospital Sukabumi

Referensi:

  • Are Natural Ingredients Effective in the Management of Hyperpigmentation? A Systematic Review. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5843359/?report=classic. Diakses 6 Agustus 2022
  • Cyanosis. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK482247/. Diakses 6 Agustus 2022
  • Gingival pigmentation (cause, treatment and histological preview). https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S231471801630074X?via%3Dihub. Diakses 6 Agustus 2022
  • Effects of Lip Color on Perceived Lightness of Human Facial Skin. https://www.researchgate.net/publication/318678794_Effects_of_Lip_Color_on_Perceived_Lightness_of_Human_Facial_Skin. Diakses 6 Agustus 2022
  • Lips’ Color Characteristics Appear to Vary by Ethnicity, Age. https://www.mdedge.com/dermatology/article/7089/pigmentation-disorders/lips-color-characteristics-appear-vary-ethnicity-age. Diakses 6 Agustus 2022
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.