Asupan Gizi Sehat Selama Berpuasa di Tengah Pandemi Covid-19

Bulan Ramadhan kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pandemi covid-19 yang sedang menerpa diberbagai wilayah Indonesia. Di tengah pandemi ini, setiap orang dituntut untuk menjaga kesehatan tubuh. Berpuasa dimasa pandemi covid-19 bukanlah menjadi halangan dalam menjaga dan meningkatkan imunita tubuh.

Selama berpuasa, asupan makan yang ideal adalah makanan bergizi seimbang yaitu seimbang dalam kandungan karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah, serta konsumsi cukup air.

Penuhi Gizi Selama Berpuasa di Tengah Covid-19

Bahan makanan yang mengandung karbohidrat utamakan karbohidrat kompleks agar lebih mengenyangkan dalam waktu lama,contohnya nasi, kentang, mie, bihun, atau roti. Bahan makanan sumber protein dapat berasal dari hewani (ayam, ikan, telur) dan nabati (tahu, tempe, kacang merah). Sumber serat pilihlah dari sayuran dan buah tinggi vitamin, mineral dan antioksidan.

Contoh sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, tomat, kembang kol,dsb. Sedangkan buah pilihlah yang berair banyak seperti jeruk, papaya, jambu merah, anggur, melon, semangka, buah naga selain mengandung vitamin C juga mengandung antioksidan yang baik untuk imunitas tubuh.

Namun perlu diperhatikan bahwa selama berpuasa, terjadi perubahan metabolisme tubuh akibat adaptasi berpuasa, oleh karenanya dalam memilih makanan, hindarilah bahan makanan yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan asam urat contohnya daging merah, udang, kerang, kepiting, makanan/minuman beralkohol (tape). Hindari juga makanan berkolesterol tinggi karena dapat meningkatkan lemak dalam darah seperti jeroan,  gorengan, makanan bersantan dsb.

Tips Konsumsi Makanan Saat Sahur

Saat sahur, makanan yang dimakan sebaiknya berupa menu sederhana agar lebih mudah disajikan. Dahulukan minum air putih kemudian dilanjutkan makan nasi lengkap dan disertai buah. Jika perlu dapat minum susu atau snack setelahnya. Mendekati imsak minumlah air putih 3-4 gelas. Sedangkan saat berbuka puasa, bukalah dengan minuman atau makanan ringan untuk mengembalikan energi dan cairan  seperti buah potong atau diblender, maupun makan kurma. Setelah sholat magrib, makanlah dengan menu lengkap. Usahakan minum air putih 4-5 gelas saat masa berbuka hingga waktunya beristirahat (misalnya 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat makan malam dan 1 gelas sebelum tidur malam).

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup selama berpuasa sangatlah penting. Hindari tidur terlalu larut malam, karena kurang istirahat akan mengacaukan metabolisme tubuh dan menyebabkan imunitas tubuh melemah. Setidaknya tidur malam selama 6-8 jam agar memberikan kesehatan yang optimal. Beraktivitas fisik selama berpuasa tetap seperti rutinitas biasa seperti melakukan kegiatan rumah tangga. Jika ingin berolahraga, maka pilihlah olahraga ringan terutama 2-4 jam sebelum waktunya berbuka puasa.

Demikianlah tips berpuasa sehat selama pandemic Covid-19, semoga bermanfaat dan memberikan kesehatan bagi kita semua hingga wabah ini berakhir.

Ditinjau oleh :

dr. Ni Nyoman Sri Yuliani, Sp.GK

Poli Gizi, RS Primaya Palangka Raya

Bagikan ke :