• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Menambah Berat Badan Anak Usia 1 Tahun dengan Gizi Seimbang

Pada dasarnya, berat badan anak-anak akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Namun, sebagian anak ada yang tidak mengalami kenaikan berat badan yang cukup. Lantas, bagaimana cara menambah berat badan anak usia 1 tahun?

Meskipun banyak anak-anak secara alami bertambah berat badannya, tetapi beberapa anak perlu mendapatkan perhatian. Pemenuhan gizi dan nutrisinya harus terpantau sehingga memperoleh berat badan yang ideal untuk anak-anak.

buat jani dokter primaya

Pentingnya Memantau Berat Badan Anak

Memantau seberapa banyak pertambahan berat badan anak usia 1 tahun sangatlah penting, agar orang tua mengetahui berapa jumlah gizi dan nutrisi yang mereka butuhkan.

Pemantauan penambahan berat badan anak-anak juga penting untuk mengetahui apakah bertumbuh kembang sesuai usianya. Sebab, ketika ada gangguan pertumbuhan yang tidak teridentifikasi bisa berdampak pada kualitas hidup anak.

Adapun cara untuk mengetahui pertambahan berat badan anak ideal sesuai usianya, Anda bisa mengacu pada grafik pertumbuhan anak dari WHO. Menurut WHO, kisaran berat badan anak usia 1 tahun yang ideal adalah sebagai berikut:

  • Anak laki-laki usia 1 tahun: Berat badan 7,7-10,8 dan tinggi badan 71-78,1 cm.
  • Anak perempuan usia 1 tahun: Berat badan 7,0-10,1 dan tinggi badan 68,9-76,6 cm.

Bagaimana jika berat badan anak Anda kurang dari acuan ideal sesuai usianya? Bagaimana cara mencapai berat badan anak sesuai acuan grafik pertumbuhan anak dari WHO?

Cara Menambah Berat Badan Anak Usia 1 Tahun

menambah berat badan anak usia 1 tahun

Penambahan berat badan anak kurang dari acuan membutuhkan perhatian dan penanganan serius. Berat badan yang kurang dari acuan dapat menjadi masalah pada pertumbuhan anak, terutama pada tahun pertama anak berkembang.

Orang tua tidak perlu khawatir jika berat badan anaknya kurang atau penambahan berat badan lambat. Sebagai referensi, berikut beberapa cara menambah berat badan anak usia 1 tahun yang bisa orang tua terapkan, di antaranya:

1. Nutrisi Lengkap dan Seimbang

Nutrisi dianggap sebagai salah satu faktor penentu penambahan berat badan dan tumbuh kembang anak. Bagi orang tua yang ingin anaknya bertambah berat badannya, maka harus menerapkan pola makan yang bernutrisi dan bergizi

Perbandingan asupan diatas dapat digunakan untuk anak 12-23bulanyang memerlukan 70% makanan pokok (jenis karbohidrat), Protein dan lemak serta sayur dan buah. Walaupun sayur makanan yang sehat, untuk anak usia 1 tahun sayur bukan yang utama karena mengandung anti nutrient yang dapat menurunkan penyerapan gizi lain. Jadi sayur boleh saja, namun tetap protein yang utama.

Kelompok makanan bergizi mengandung karbohidrat untuk membantu memberikan energi yang dibutuhkan anak. Contohnya seperti kentang, sereal, dan umbi-umbian. Untuk usia 6-23 bulan direkomendasi makanan tinggi protein.

Anak usia 1 tahun memerlukan asupan yang mengandung protein tinggi. Selain itu, untuk menambah berat badan anak perlu asupan makanan mengandung lemak baik seperti lemak hewani, yang dapat membantu menyerap vitamin. Sementara vitamin bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan matang.

2. Makanan Tinggi Kalori dan Lemak Sehat

Cara menambah berat badan anak 1 tahun selanjutnya adalah asupan lemak sehat dan makanan tinggi kalori bisa orang tua berikan. Hal ini sebagaimana Harvard Health Publishing sebutkan untuk anak dengan berat badan di bawah kisaran.

Baca Juga:  Menjaga Kebugaran Jasmani: Porsi dan Jenis Olahraga yang Tepat

Meskipun sering dianggap musuh, kalori dan lemak merupakan nutrisi yang penting untuk membantu menambah berat badan. Asal sumber lemak diperoleh dari makanan sehat.

Adapun makanan dengan kalori dan lemak sehat seperti telur, alpukat, minyak zaitun, daging ayam tanpa lemak, ikan dan makanan laut. Terpenting hindari memberikan makanan dengan lemak jenuh seperti junk food atau cake.

3. Anak Mendapatkan Tidur yang Cukup

Anak usia 1 tahun yang cukup tidur setelah mendapatkan ASI ataupun susu formula bisa membantu menambah berat badannya. Ketika anak hendak tidur di malam hari, maka cobalah untuk menawarkan ASI atau memberikan susu formula.

Pemberian susu formula atau ASI bisa membantu meningkatkan berat badan dengan cepat pada malam hari. Jadi biarkan anak tidur terlelap dan jangan mengganggu tidurnya.

Selain itu, biasanya anak usia 1 tahun juga lebih sering tidur siang dan ini bisa membantu menaikkan berat badannya. Sebelum tidur siang, anak bisa Anda berikan makanan sehat atau ASI untuk membuat berat badannya bertambah.

4. Berikan Susu Pertumbuhan dan Vitamin

Memberikan susu pertumbuhan kaya akan zat besi dan zinc bisa membantu menambah berat badan anak. Kandungan zinc dan zat besi juga bisa meningkatkan nafsu makan dan penyerapan nutrisi penting dari makanan si kecil.

Selain itu, untuk mencapai berat badan anak 1 tahun yang ideal bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan. Namun, sebaiknya Anda konsultasi dahulu dengan dokter anak sebelum memberikan susu atau vitamin penambah berat badan.

Saat ini ada banyak sekali produk susu atau vitamin penambah berat badan anak, sehingga harus cermat memilih produk yang tepat dan aman untuk anak usia 1 tahun.

5. Jadwalkan Pemberian Makan Anak

Anak usia 1 tahun sudah bisa Anda berikan makan dengan porsi besar 3 kali sehari. Adapun jadwal pemberian makannya, yaitu makan pagi pukul 08.00, makan siang pukul 12.00, dan makan malam pukul 18.00 rutin setiap harinya dan dibarengi dengan pemberian ASI.

Selain itu, Anda juga bisa melengkapinya dengan pemberian makanan selingan 2 kali sehari. Makanan selingan ini bisa berupa snack sehat atau makanan sehat untuk anak.

Sementara bagi anak 1 tahun yang sulit makan agar berat badannya berhasil bertambah, Anda bisa berikan makan saat anak merasa lapar. Berikan makanan yang mengandung nutrisi dan gizi tinggi agar berat badan bisa bertambah.

Baca Juga:  Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Makanan Terbaik Penambah Berat Badan Anak

menambah berat badan anak usia 1 tahun

Ada beberapa jenis makanan yang sehat untuk membantu menambah berat badan anak usia 1 tahun dengan nutrisi dan gizi yang baik. Jenis makanan ini juga bisa Anda peroleh dengan mudah. Berikut makanan sehat untuk anak, diantaranya:

1. Pisang

Makanan penambah berat badan anak usia 1 tahun yang sehat adalah pisang. Pada buah ini terdapat kandungan kalori tinggi dan karbohidrat yang anak butuhkan. Pemberian pisang juga sebagai MPASI yang bisa menambah berat badan anak.

2. Telur

Telur merupakan makanan yang mengandung protein dan vitamin A yang penting untuk pertumbuhan anak usia 1 tahun. Dengan memberi telur pada anak sebagai MPASI bisa memaksimalkan peningkatan berat badan si kecil.

3. Minyak Zaitun

Pemberian minyak zaitun pada MPASi atau anak 1 tahun adalah salah satu cara menambah berat badannya yang kurang ideal. Selain minyak zaitun, Anda bisa berikan minyak nabati lain seperti minyak kelapa atau minyak canola. Minyak Zaitun mengandung lemak baik (PUFA,MUFA) lemak tak jenuh.

4. Alpukat

Kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat memberikan manfaat untuk menambah berat badan anak. Pada buah ini juga terkandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan perkembangan otak anak.

5. Kentang

Kentang menjadi salah satu makanan yang efektif untuk menambah berat badan anak usia 1 tahun. Selain rasanya enak, kendang juga bisa jadi menu MPASI karena mengandung mineral dan vitamin yang anak butuhkan untuk pertumbuhannya. 

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

dokter

Jika segala cara sudah Anda terapkan untuk membuat berat badan anak bertambah belum berhasil, sebaiknya konsultasi dengan dokter. Utarakan apa yang menjadi permasalahan sehingga anak sulit bertambah berat badannya. Kemungkinan adanya penyulit atau infeksi.

Dokter akan membantu dengan memberikan saran dan pemberian vitamin penambah berat badan yang aman untuk dikonsumsi oleh anak usia 1 tahun.

Jadi, segera konsultasikan dengan dokter jika anak sulit makan dan berat badannya di bawah kisaran ideal. Cara menambah berat badan anak usia 1 tahun di atas bisa menjadi referensi bagi anak yang sulit makan atau berat badan kurang.

 

Narasumber:

dr. Davie Muhamad, Sp. GK

Spesialis Gizi Klinik

Primaya Hospital Bekasi Barat

Referensi:

  • The Best Foods for Your Baby to Gain Weight. https://www.healthline.com/nutrition/food-for-baby-to-gain-weight. Diakses 25 Desember 2023.

  • How Children Can Gain Weight Healthily. https://www.verywellfamily.com/gaining-weight-2633287. Diakses 25 Desember 2023.

  • Does your child need to gain weight?. https://www.health.harvard.edu/blog/does-your-child-need-to-gain-weight-202302092887. Diakses 25 Desember 2023.

  • Physical Appearance and Growth: Your 1 Year Old. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/toddler/Pages/Physical-Appearance-and-Growth-Your-1-Year-Old.aspx.¬†Diakses 25 Desember 2023.

  • Infant growth: What’s normal?. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/expert-answers/infant-growth/faq-20058037. Diakses 25 Desember 2023.

Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.