• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

IVUS: Cara Mendiagnosis Masalah Pembuluh Darah

Intravascular Ultrasound

Terdapat sejumlah cara dokter mendiagnosis masalah pada pembuluh darah. Salah satu yang kerap menjadi pilihan adalah IVUS (intravascular ultrasound). Prosedur IVUS menggunakan teknologi gelombang suara ultrasonik atau ultrasonografi untuk menghasilkan gambar detail pembuluh darah. Selain memudahkan dokter untuk mengidentifikasi masalah dan menghasilkan diagnosis yang akurat, IVUS kerap menjadi bagian dari proses tindakan untuk mengatasi penyakit pembuluh darah.

Mengenal IVUS

IVUS (intravascular ultrasound) adalah tes pencitraan medis yang digunakan untuk memperoleh gambar detail bagian dalam pembuluh darah secara langsung dengan gelombang ultrasonik. Teknik ini umumnya digunakan dalam bidang kardiologi dan vaskular guna mendeteksi penyempitan, penyumbatan, atau masalah lain pada pembuluh darah.

buat jani dokter primaya

IVUS (intravascular ultrasound) memanfaatkan teknologi gelombang ultrasonik dengan penggunaan kateter berbasis ultrasonografi yang dimasukkan ke pembuluh darah. Dengan cara ini, dokter dapat mengamati struktur internal pembuluh darah dalam resolusi tinggi sehingga sangat membantu dalam proses diagnostik ataupun tindakan, seperti angioplasti atau pemasangan stent.

Seperti dicukil dari National Library of Medicine, teknologi IVUS (intravascular ultrasound) memiliki kelebihan dibanding angiografi yang memanfaatkan teknologi sinar-X untuk menghasilkan gambar 2 dimensi dari struktur 3 dimensi. Alih-alih kondisi luarnya saja, IVUS membuat dokter bisa menilai kondisi pembuluh darah dari dalam secara lebih detail.

Siapa Saja yang Memerlukan IVUS

IVUS (intravascular ultrasound) umumnya menjadi pilihan ketika ada masalah medis tertentu yang membutuhkan informasi detail mengenai struktur pembuluh darah. Dokter mungkin merekomendasikan tes ini bagi pasien yang diduga mengalami:

  • Penyakit arteri koroner: kerusakan pada pembuluh darah utama jantung
  • Penyakit arteri perifer: kerusakan pada pembuluh darah selain di jantung, seperti tangan atau kaki
  • Aterosklerosis: penumpukan plak yang bisa menyebabkan penebalan atau pengerasan arteri
  • Bekuan darah: gumpalan seperti gel yang terbentuk dari darah yang menempel

Kapan Seseorang Memerlukan IVUS

Dokter dapat melakukan IVUS (intravascular ultrasound) untuk menegakkan diagnosis ataupun melakukan tindakan korektif/intervensi untuk mengatasi penyakit pembuluh darah. Berikut ini situasi ketika seseorang mungkin memerlukan IVUS:

  • Pemeriksaan pembuluh darah untuk menilai seberapa parah penyempitan yang mungkin membutuhkan tindakan seperti angioplasti atau pemasangan stent
  • Evaluasi aterosklerosis untuk memeriksa plak yang bisa mengganggu aliran darah dan memicu penyakit pembuluh darah
  • Pemeriksaan hasil tindakan medis seperti angioplasti atau pemasangan stent guna memastikan keberhasilan prosedur tersebut
  • Tes pencitraan lain kurang memberikan gambaran yang jelas mengenai kondisi pembuluh darah sehingga dibutuhkan tes tambahan untuk mengonfirmasi diagnosis
Baca Juga:  Manfaat Ekokardiografi Bagi Penderita Penyakit Jantung¬†¬†

Manfaat/Tujuan IVUS

IVUS (intravascular ultrasound) memberikan sederet manfaat/tujuan yang berkaitan dengan kondisi pembuluh darah dan jantung. IVUS memungkinkan dokter melihat struktur pembuluh darah secara langsung dan lebih jelas dibanding tes pencitraan lain.

IVUS (intravascular ultrasound) dapat mengukur persentase penyempitan pada pembuluh darah dan memberi informasi tentang sifat plak yang memicu penyempitan tersebut. Selain itu, tes pencitraan ini bisa mengungkap penumpukan plak berulang yang sebelumnya sudah disingkirkan dengan tindakan medis alias restenosis. Restenosis disebut bukanlah plak yang menumpuk lagi, melainkan plak yang sebelumnya tak terdeteksi dalam prosedur angiografi dan angioplasti.

Persiapan Sebelum Menjalani IVUS

Umumnya tak ada persiapan khusus sebelum menjalani IVUS (intravascular ultrasound). Dokter akan memberikan instruksi mengenai persiapan apa yang harus dilakukan terutama jika prosedur IVUS ini dilakukan sebagai bagian dari tindakan medis lain. Pasien biasanya diminta berpuasa makan dan minum sejak malam sebelum hari tindakan.

Demi kenyamanan, tim perawat akan mengimbau pasien mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman serta tidak memakai perhiasan pada hari tindakan. Pasien mesti memberitahukan obat-obatan yang dikonsumsi, baik obat bebas maupun suplemen. Bila obat ini berpotensi mengganggu prosedur IVUS (intravascular ultrasound) atau memicu komplikasi, pasien akan diminta menghentikan konsumsi obat tersebut sebelum tindakan.

Prosedur dan Pelaksanaan IVUS

Prosedur IVUS (intravascular ultrasound) lazimnya berlangsung sekitar 1 jam. Namun jika ada tindakan medis yang dilakukan, waktunya bisa lebih panjang. Tim medis biasanya terdiri atas dokter spesialis jantung intervensional, dan scrub nurse cathlab.

Agar pasien merasa nyaman dan tenang sepanjang prosedur, dokter akan memberikan anestesi lokal. Dokter lalu membuat sayatan kecil pada pangkal paha atau bahu untuk memasukkan sheath (tabung plastik kecil) ke pembuluh darah. Setelah itu, dokter memasukkan kateter ke sheath dan mengarahkannya ke lokasi pembuluh darah yang bermasalah dengan panduan pencitraan ultrasonografi atau sinar-X.

Dokter lantas melepas probe ultrasonik dari kateter yang masuk ke pembuluh darah. Probe ini menghasilkan gelombang ultrasonik yang memantul dari dinding pembuluh darah dan jaringan sekitarnya sehingga bisa didapatkan gambar detail bagian dalam pembuluh darah. Jika tak ada tindakan lanjutan, dokter menarik kateter keluar dan menutup sayatan tempat masuknya kateter.

Baca Juga:  Perbedaan Gejala Penyakit Jantung Wanita dan Pria

Perawatan Pasca IVUS

Setelah kateter diambil seusai IVUS (intravascular ultrasound), pasien harus menjalani tirah baring selama dua hingga enam jam untuk mencegah perdarahan. Pasien bisa pulang pada hari yang sama, tapi bisa juga harus menjalani rawat inap 1 x 24 jam.

Tim medis akan memberikan instruksi perawatan pasca IVUS (intravascular ultrasound) di rumah terutama jika IVUS digunakan sebagai bagian dari prosedur pemasangan stent atau angioplasti. Biasanya pasien harus banyak beristirahat dan menghindari aktivitas fisik yang berat selama setidaknya 24 jam.

Adakah Efek Samping Setelah IVUS

IVUS (intravascular ultrasound) adalah prosedur medis yang aman karena tak menggunakan radiasi dan berisiko rendah. Tidak ada efek samping yang membahayakan. Komplikasi seperti penggumpalan darah, perdarahan, atau gangguan irama detak jantung pun sangat jarang terjadi.

Pasien mungkin hanya akan mengalami ketidaknyamanan pada area kulit tempat masuknya kateter. Misalnya terjadi pembengkakan, nyeri, atau kemerahan. Efek samping lain berasal dari penggunaan anestesi berupa lemas atau kurangnya kesadaran. Namun efek samping ini akan hilang sendiri seiring dengan waktu.

IVUS (Intravascular Ultrasound) di Primaya Hospital

Primaya Hospital adalah salah satu rumah sakit nasional yang mampu menjalankan prosedur IVUS (intravascular ultrasound) untuk kebutuhan diagnostik ataupun tindakan perawatan/pengobatan pasien. Dengan dukungan tim medis, teknologi terbaru, dan fasilitas terbaik, Primaya Hospital akan memastikan kebutuhan pasien terpenuhi.

Narasumber :

dr. Fachmi Ahmad Muslim, Sp. JP (K), FIHA

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Primaya Hospital Bekasi Barat

 

Referensi:

  • Understanding Intravascular Ultrasound (IVUS) Systems. https://www.dicardiology.com/article/understanding-intravascular-ultrasound-ivus-systems. Diakses 12 Agustus 2023
  • Intravascular Ultrasound. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK537019/. Diakses 12 Agustus 2023
  • Intracoronary Imaging-I: Step-by-Step Technique for Intravascular Ultrasound (IVUS). https://www.acc.org/-/media/Non-Clinical/Files-PDFs-Excel-MS-Word-etc/Membership/Coronary-Interventions-Handbook/Chapter-12_IVUS.pdf. Diakses 12 Agustus 2023
  • Cardiac intravascular ultrasound. https://medlineplus.gov/ency/article/007266.htm. Diakses 12 Agustus 2023
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.