Memahami Pentingnya Cek Kesehatan Jantung

Memahami Pentingnya Cek Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung memainkan peran vital dalam kehidupan. Dengan jantung sehat, aktivitas sehari-hari akan lebih lancar. Sayangnya, tak sedikit orang yang abai terhadap kesehatan jantungnya. Padahal penyakit jantung masih menduduki peringkat pertama sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Tak terkecuali di Indonesia.

Penyakit jantung adalah istilah untuk berbagai jenis masalah jantung. Contohnya penyakit jantung koroner, gagal jantung, aritmia, serangan jantung, henti jantung, dan penyakit jantung bawaan. Untuk mengetahui ada atau tidaknya risiko tersebut, orang perlu menjalani pemeriksaan kesehatan jantung. Pemeriksaan sejak dini akan membantu penanganan risiko masalah jantung sehingga orang itu bisa hidup lebih sehat dan lebih lama.

 

Mengapa Cek Kesehatan Jantung Sangat Penting

Kesehatan jantung tak bisa terpantau secara kasatmata. Medical Check Up jantung secara teratur akan membantu mendeteksi berbagai masalah jantung serta faktor risikonya. Dokter dapat memantau kesehatan jantung dan menemukan potensi suatu masalah lebih awal sebelum berkembang menjadi lebih serius.

Medical Check Up jantung penting untuk:

  • Mendeteksi potensi masalah atau penyakit jantung sejak dini
  • Mengurangi kemungkinan masalah menjadi lebih serius
  • Mendapat perawatan yang tepat dengan cepat
  • Meningkatkan dan menjaga kesehatan seluruh tubuh
  • Memperoleh gambaran kondisi kesehatan dari waktu ke waktu
  • Mencegah pengeluaran lebih banyak untuk merawat penyakit di kemudian hari
Baca Juga:  Manfaat Ekokardiografi Bagi Penderita Penyakit Jantung  

Dengan rutin menjalani pengecekan kesehatan, kita akan memahami kondisi jantung sendiri. Pemahaman ini penting, terutama bila ada masalah atau risiko penyakit jantung yang didapati dari pemeriksaan. Dokter spesialis jantung akan memberi bantuan untuk mengelola risiko itu, misalnya dengan obat-obatan, terapi, dan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

 

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung sebetulnya sederhana. Dengan menjaga jantung tetap sehat, kita pun dapat merawat kondisi tubuh secara keseluruhan. Bukan cuma penyakit jantung yang bisa dicegah, tapi juga penyakit lain yang berkaitan, seperti stroke.

1. Ketahui risiko

Setiap orang memiliki risiko penyakit jantung, tapi kadarnya berbeda-beda. Ketahui risiko ini dalam diri kita dengan melihat faktor yang mempengaruhi, misalnya usia, kebiasaan hidup sehari-hari, dan riwayat kesehatan keluarga. Bila telah mengetahui risiko tersebut, kita dapat menjaga kesehatan dengan meningkatkan gaya hidup menjadi lebih sehat.

2. Makan makanan sehat

Kurangi makanan yang mengandung garam, lemak, dan gula untuk menjaga kesehatan. Sebaliknya, perbanyak sayur, buah, kacang-kacangan, ikan, dan bahan makanan lain yang lebih menyehatkan.

Baca Juga:  Elektrokardiogram, Kenapa Diperlukan Tes EKG Jantung?

3. Lebih aktif

Bergeraklah lebih banyak. Salah satunya cara dengan berolahraga secara teratur, misalnya joging atau bersepeda tiap dua hari sekali selama 60 menit. Memilih berjalan kaki ketimbang naik kendaraan juga lebih baik untuk kesehatan jantung.

4. Pantau berat badan

Berat badan berlebih meningkatkan risiko penyakit jantung. Karena itu, penting untuk memantau berat badan ideal demi kesehatan jantung. Cek indeks massa tubuh yang sesuai. Bila perlu, pakai bantuan dokter untuk mengurangi atau menjaga bobot yang ideal.

5. Jauhi rokok

Bila tak punya kebiasaan merokok, itu bagus buat kesehatan. Tembakau dalam rokok memiliki kandungan yang berbahaya buat jantung. Bila di sekitar kita ada yang merokok, lebih baik menjauh karena asap rokok orang lain itu juga membahayakan kita.

 

Rutin Lakukan Pemeriksaan Jantung

Menurut American Heart Association, pemeriksaan jantung secara rutin sebaiknya dimulai saat usia 20 tahun. Khususnya untuk mendeteksi risiko penyakit jantung koroner. Dalam pemeriksaan, dokter antara lain akan mengecek kadar gula darah, kolesterol, tekanan darah, detak jantung, dan fungsi jantung secara keseluruhan. Berapa kali pemeriksaan jantung harus dilakukan tergantung kondisi kesehatan jantung setiap orang.

Baca Juga:  Jantung Berdebar, Tanda Jatuh Cinta atau Sakit Jantung?

Mulailah peduli dengan kesehatan jantung dari sekarang. Tanda penyakit jantung kerap tak diketahui hingga seseorang sudah terkena penyakit tersebut. Dengan rutin menjalani pemeriksaan jantung, kita lebih berpeluang memperbesar harapan hidup.

 

Narasumber:

dr. Yudistira Panji S, SpPD, KKV, M.Kes FINASIM

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Primaya Hospital Tangerang

 

Referensi:

https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-lifestyle/prevent-heart-disease-and-stroke

https://www.heartfoundation.org.au/heart-health-education/heart-health-checks

https://www.webmd.com/heart-disease/diagnosing-doctors-exam#1

https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/heart-and-blood-vessels/common-tests/tests-for-diagnosing-heart-conditions

http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/16/kendalikan-penyakit-jantung-koroner-dengan-patuh-apa-saja-patuh

http://www.inaheart.org/education_for_patient/2020/2/27/waspada_kematian_mendadak_usia_muda_1

Sumber Gambar : Freepic

Bagikan ke :