• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Ciri Ciri Sembuh dari Penyakit Jantung yang Harus Diketahui

Menjaga kesehatan jantung merupakan upaya untuk meminimalkan risiko terkena penyakit jantung. Namun, ketika seseorang menderita penyakit jantung, tentu berupaya melakukan penyembuhan. Lantas, apa ciri ciri sembuh dari penyakit jantung?

Jantung yang sehat adalah rahasia umur panjang. Oleh karena itu, kita harus memahami cara menjaga jantung agar tetap kuat dan berfungsi normal sebagaimana mestinya. Salah satu caranya yakni dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

buat jani dokter primaya

Terlepas dari itu, salah satu kekhawatiran ketika seseorang terdiagnosa penyakit jantung, apakah bisa sembuh sendiri? Seperti apa tanda dari penyakit jantung yang sembuh?

Apakah Penyakit Jantung Bisa Sembuh?

ciri ciri sembuh dari penyakit jantung

Berdasarkan sumber dari TheWoman’sClinic, bahwa penyakit jantung tidak bisa sembuh sendiri. Artinya, penyakit ini perlu pengendalian dengan perawatan medis dan gaya hidup yang sehat agar tidak berisiko dan membahayakan kesehatan.

Dalam perawatan penyakit jantung, dokter akan memeriksa kondisi jantung dan melakukan tindakan untuk memperbaiki. Dokter akan memberikan pengobatan sesuai gangguan yang pasien alami untuk menurunkan faktor risiko.

Misalnya, dokter memberikan obat-obatan untuk menurunkan faktor risiko seperti obat penurun tekanan darah dan pencegah pembekuan darah. Selain itu, dokter memberikan masukan terkait dengan pola hidup yang sehat pada pasien.

Ketika pasien sudah melakukan pengendalian penyakit jantung dengan berobat dan mengubah gaya hidup sehat, kemudian muncul tanda atau ciri penyakit jantung sembuh. Hal ini menandakan pengendalian penyakit berhasil dilakukan.

Apa Ciri Ciri Sembuh dari Penyakit Jantung?

ciri ciri sembuh dari penyakit jantung

Seseorang yang terkena penyakit jantung akan muncul gejala dan perlu mendapatkan pengobatan ke dokter. Ketika sudah berobat rutin dan merasa lebih baik dengan ciri di bawah ini, apakah ini tanda bahwa penyakit jantung sembuh?

Berdasarkan informasi Texas Health Resources, ciri-ciri sembuh dari penyakit jantung yang perlu kita ketahui agar nanti kedepannya dapat menjaga jantung agar tetap sehat, yaitu antara lain:

1. Dada Tidak Merasa Nyeri

Secara fisik, tanda yang penderita rasakan ketika menuju kesembuhan adalah dada tidak lagi merasakan nyeri. Nyeri dada memang menjadi salah satu tanda penyakit jantung yang muncul di fase akhir sebelum terjadinya serangan jantung.

Setelah pasien memeriksakan diri dan mendapatkan pengobatan, lalu beberapa lama melakukan aktivitas tidak lagi mengalami nyeri dada. Hal ini sebagai tanda bahwa jantung mulai sembuh karena aliran darah di jantung kembali normal.

2. Tekanan Darah Normal

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu tanda jantung sedang mengalami masalah. Meski begitu, hipertensi bukan penanda serangan jantung yang akurat tetapi sebagai salah satu faktor risiko penyebab penyakit jantung.

Baca Juga:  Serangan Jantung: Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Adapun tekanan darah yang menandakan jantung yang sehat biasanya di bawah 120/80 mm Hg. Jika tekanan sistolik berada di angka 130 atau lebih atau tekanan diastolik di angka 90 atau lebih, maka hal ini akan dianggap meningkat.

3. Jumlah Kolesterol Terkontrol

Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan penyebab aterosklerosis. Sisa pecahan aterosklerosis ini yang sering menyumbat pembuluh darah pada jantung yang berakibat terjadinya penyakit jantung.

Adapun untuk memperbaiki penyumbatan aliran darah di jantung dengan cara menurunkan kolesterol pada darah. Jika kolesterol berada di bawah 200 mg/dl, maka tandanya pembuluh darah Anda bersih dan darah mengalir dengan lancar.

4. Kadar Gula Darah Normal

Kenaikan gula darah merupakan salah satu respon dari tingkat stres yang tinggi sehingga menyebabkan serangan jantung. Pasien dengan gula darah tinggi cenderung mengalami serangan jantung yang lebih parah dan sangat berbahaya.

Oleh karena itu, penderita penyakit jantung harus melakukan terapi recovery yang bertujuan untuk menurunkan kadar gula darah sampai batas normal di angka 200 mg/dl. Jika berada di angka normal, maka tandanya jantung membaik.

5. Kadar Troponin Darah Turun

Troponin adalah sekelompok protein yang berfungsi untuk mengatur kontraksi otot jantung maupun otot rangka. Ketika troponin berada di dalam darah jumlahnya melebihi angka 0,04 ng/ml, maka berarti ada kerusakan pada sel jantung.

Sementara itu, apabila Anda pernah mengalami serangan jantung dan kadar troponin dalam darah kembali di bawah angka 0,04 ng/ml, maka sebagai ciri sembuh dari penyakit jantung karena troponin normal berada di bawah 0,04 ng/ml.

6. Beraktivitas Tanpa Kelelahan

Penderita penyakit jantung biasanya akan mudah lebih ketika aktivitas. Hal ini karena melemahnya fungsi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga kebutuhan energi tidak tercukup akibatnya tubuh mudah merasa lelah.

Oleh karena itu, tanda sembuh dari penyakit jantung yang dapat penderita rasakan adalah ketika beraktivitas lebih dari 30 menit tanpa kelelahan yang sangat. Hal ini karena fungsi jantung kuat untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

7. Bergairah Secara Seksual

Ketika seseorang mengalami serangan jantung, ada resiko mengalami gangguan seksual. Penyebab kondisi ini karena faktor kecemasan dan stres, serta kelemahan jantung memompa darah dan efek samping dari pengobatan jantung.

Setelah Anda mengikuti program recovery, biasanya gairah seksual akan kembali normal termasuk kemampuan ereksi pada pria. Nah, Kembalinya gairah seksual ini menjadi salah satu tanda bahwa Anda sembuh dari penyakit jantung.

Baca Juga:  Pemeriksaan ABI Untuk Deteksi Penyakit Arteri Perifer

Beberapa ciri ciri sembuh dari penyakit jantung ini perlu Anda ketahui yang dapat menjadi referensi ketika ada anggota keluarga yang terkena penyakit jantung. Lantas, bagaimana cara agar penyakit jantung bisa sembuh kembali?

Cara Agar Sembuh dari Penyakit Jantung

pengobatan

Ada berbagai cara penyembuhan dan pengobatan penyakit jantung, meski membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sementara bagi yang mengalami serangan jantung, butuh beberapa minggu saja untuk kembali beraktivitas normal.

Salah satu cara agar sembuh dari penyakit jantung dengan menjalani program recovery dan pengobatan dari dokter. Selain itu, penderita harus menerapkan gaya hidup sehat dan mengubah pola makan yang sehat untuk jantung.

Tak hanya itu, pemeriksaan secara rutin dan konsultasi dengan dokter ahli jantung juga sangat penting untuk memantau kondisi kesehatan jantung. Dengan bimbingan ahli jantung yang berpengalaman dapat membantu penyembuhan.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan tindakan yang tepat ketika indikator kesehatan jantung menurun. Mengingat penyakit jantung ini merupakan salah satu penyebab utama kematian manusia, sehingga perlu kita sadari bersama.

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

dokter

Jika Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung, maka sangat penting untuk melakukan pemeriksaan guna mengetahui kondisi kesehatan jantung. Pemeriksaan dilakukan dokter bertujuan untuk mengetahui diagnosa dari kondisi jantung.

Jika jantung mengalami masalah, dokter ahli akan segera melakukan tindakan untuk mengobatinya. Dokter akan memberikan obat-obatan dan menganjurkan pasien mengikuti program recovery agar dapat sembuh dari penyakit jantung.

Jadi, apabila Anda pernah mengalami serangan jantung atau terkena penyakit jantung dan ingin sembuh. Anda dapat mengetahui ciri ciri sembuh dari penyakit jantung dan jalani program recovery dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Narasumber:

dr. Randy Alfa Rabby, Sp. JP, FIHA

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Primaya Hospital Pasar Kemis

Referensi:

  • What are the Signs of a Healthy Heart?. https://www.texashealth.org/Health-and-Wellness/Heart-and-Vascular/What-are-the-Signs-of-a-Healthy-Heart, Diakses 21 Desember 2023.

  • 7 Signs of a Healthy Heart. https://integrauc.com/blog/7-signs-healthy-heart/. Diakses 21 Desember 2023.

  • Signs You Have A Healthy Heart: Expert Shares Common Indicators. https://www.onlymyhealth.com/amp/signs-of-a-healthy-heart-1684899719. Diakses 21 Desember 2023.

  • What Are the Signs of a Healthy Heart. https://my.klarity.health/what-are-the-signs-of-a-healthy-heart/.¬†Diakses 21 Desember 2023.

  • 4 vital signs for a healthy heart you should know. https://www.bplmedicaltechnologies.com/blog/4-vital-signs-for-a-healthy-heart-you-should-know-29980/. Diakses 21 Desember 2023.

Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.