• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah dan Ketahui Penyebabnya

Sebelum terjadinya perubahan ukuran perut yang kian membesar, ciri awal kehamilan dapat terlihat pada wajah. Penasaran? seperti apa ciri ciri orang hamil dari raut wajah? Yuk, kenali pula penyebab perubahan kulit wajah tersebut!

Telat haid merupakan salah satu tanda kehamilan yang paling umum pada sebagian wanita. Selain itu, ciri bahwa Anda sedang hamil juga dapat diketahui dari perubahan fisik, termasuk perubahan raut wajah yang dapat terjadi selama kehamilan.

buat jani dokter primaya

Penyebab Perubahan Kondisi Wajah Orang Hamil

ciri ciri orang hamil dari raut wajah

Sebagian besar penyebab terjadinya perubahan kondisi wajah adalah hormon kehamilan. Kondisi ini menyebabkan pori-pori memproduksi minyak berlebih, sehingga membuat Anda rentan terhadap terjadinya ruam dan perubahan warna kulit.

Berikut ini ada beberapa faktor penyebab perubahan raut wajah pada wanita hamil yang umum terjadi, hal ini penting Anda ketahui sebagai bahan referensi, di antaranya:

1. Fluktuasi Hormon

Hormon kehamilan yang muncul dapat membuat kulit memerah dan  ruam. Hormon yang berfluktuasi adalah progesteron, estrogen, human chorionic gonadotropin. Pada umumnya, kondisi ini membuat tampilan kulit bercahaya pada wanita hamil.

2. Aliran Darah Meningkat

Pada masa kehamilan, tubuh akan menghasilkan lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan bayi. Volume darah yang meningkat akan membuat pembuluh darah melebar. Kondisi ini akan membuat kulit menjadi memerah.

3. Produksi Minyak Meningkat

Produksi minyak dari kelenjar sebum mengalami peningkatan karena fluktuasi hormon kehamilan. Selain itu, volume darah yang meningkat juga menaikkan sekresi minyak. Kondisi ini akan menimbulkan efek samping seperti jerawat.

Kenali Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah

ciri ciri orang hamil dari raut wajah

Menurut American Pregnancy Association, saat awal kehamilan akan terjadi perubahan pada kulit wajah. Meski tidak semua wanita hamil mengalami perubahan kulit yang sama, tetapi perubahan ini dapat terlihat jelas.

Perubahan kulit wajah bisa Anda terlihat jelas seiring dengan bertambahnya usia kehamilan karena fluktuasi hormon yang terlepas. Adapun ciri ciri orang hamil dari raut wajah adalah sebagai berikut:

1. Melasma (Chloasma Gravidarum)

Melasma atau disebut sebagai mask of pregnancy merupakan perubahan kulit pada wanita hamil. Perubahan ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik gelap dan flek hitam, terutama pada area pipi, hidung, bibir, dan dahi wanita hamil.

Penyebab melasma sendiri karena adanya perubahan hormon estrogen yang merangsang produksi melanosit yang berlebih, sehingga menimbulkan area gelap di wajah. Paparan sinar UV , juga dapat meningkatkan perubahan warna kulit wajah.

Meski demikian, melasma pada orang hamil akan memudar setelah melahirkan. Untuk mengurangi risiko melasma ini, pada wanita hamil dapat menggunakan tabir surya atau sunscreen yang aman.

2. Pregnancy Glow

Salah satu ciri atau tanda awal kehamilan adalah perubahan kulit wajah yang lebih bersinar, kondisi ini disebut dengan pregnancy glow. Kulit wajah yang lebih cerah ini disebabkan terjadinya fluktuasi hormon kehamilan.

Baca Juga:  Perbedaan Terlambat Haid dengan Hamil, Ini Penjelasannya

Selain itu, pregnancy glow dapat terjadi karena tubuh orang hamil memproduksi 50% lebih banyak darah. Peningkatan sirkulasi darah pada tubuh ini yang menyebabkan kulit wajah ibu hamil akan terlihat menjadi lebih cerah dan bersinar.

Pregnancy glow juga dapat terjadi pada wanita hamil karena tubuh memproduksi hormon yang menyebabkan kelenjar minyak berlebih. Jika wajah terlalu berminyak, dapat dibersihkan dengan pembersih minyak.

3. Kulit Wajah Berjerawat

Jika wajah Anda berjerawat tidak seperti biasanya, ini menjadi salah satu pertanda kehamilan. Hal ini karena perubahan hormonal yang mempengaruhi peningkatan produksi minyak di kulit sehingga kulit berjerawat.

Minyak yang menumpuk pada kulit akan membuat pori-pori menjadi tersumbat sehingga menimbulkan jerawat. Tanda wajah yang satu ini bahkan akan terlihat lebih parah apabila anda berjerawat sebelumnya.

Kondisi wanita hamil yang berjerawat merupakan hal yang normal. Jadi tidak perlu khawatir jika kulit wajah berjerawat saat hamil. Anda dapat menggunakan produk perawatan wajah yang aman untuk mencegah dan mengurangi jerawat di wajah.

4. Wajah Bengkak

Kondisi ini terjadi karena ada perubahan hormon dan volume cairan yang meningkat. Kondisi wajah bengkak saat hamil adalah normal.

Cara mengatasi pembengkakan tersebut dengan memberikan kompres dingin dan minum air putih yang cukup. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung kalium dan batasi konsumsi kafein serta natrium selama kehamilan.

Apabila saat hamil mengalami pembengkakan ekstrem atau tiba-tiba di area ekstremitas disertai sakit kepala, segera periksakan ke dokter! Jika pembengkakan terjadi setelah umur kehamilan 20 minggu disertai tekanan darah tinggi itu adalah tanda preeklamsia.

5. Rosacea

Rosacea adalah kondisi kulit kronis yang dapat menyebabkan ruam dan peradangan pada wajah. Ruam kemerahan biasanya terlihat dengan jelas pada area pipi, dahi, dan hidung. Kondisi rosacea ini berbeda dengan jerawat pada wajah.

Menurut studi Dermatology Online Journal tahun 2021 rosacea dapat bertambah parah selama masa kehamilan, hal ini karena terkait kondisi lain yang disebut dengan rosacea fulminans.

Penyebab rosacea pada wajah belum diketahui pasti, diduga terjadi akibat perubahan sirkulasi darah dan sistem kekebalan tubuh. Jika kondisinya memberat, segera periksakan ke dokter.

Baca Juga:  Kehamilan Bayi Kembar

6. Mata Tampak Sembab

Tidak semua wanita hamil mengalami mata sembab. Umumnya, kondisi ini terjadi karena pembuluh darah wajah. Namun, kelelahan juga dapat membuat mata terlihat sembab.

Ciri-ciri wanita hamil dengan raut wajah ini terjadi ketika terjadi peningkatan cairan dan darah yang menumpuk di jaringan ikat sekitar mata. Hal ini akan membuat mata wanita hamil akan terlihat sembab seperti layaknya orang habis menangis.

Selain itu, mata sembab juga bisa terjadi karena wanita hamil kurang tidur dan kelelahan. Kondisi ini umum terjadi pada wanita hamil dan sering menjadi keluhan. Oleh karena itu, perbanyak istirahat dan cukup tidur selama kehamilan.

7. Spider Vein

Spider vein adalah pembuluh darah kecil seperti jaring laba-laba pada permukaan kulit wajah terlihat jelas. Tanda kehamilan ini biasanya muncul pada trimester pertama dan terjadi di area seperti wajah, leher, lengan dan area kaki.

Penyebab spider vein karena adanya peningkatan volume darah, sehingga tekanan pembuluh darah meningkat dan perubahan hormon kehamilan, terutama hormon estrogen yang memiliki peran dalam pembentukan varises. Oleh karena itu, pembuluh darah kecil pada wanita hamil akan terlihat jelas di wajah.

Spider vein bersifat genetic/diturunkan sehingga tida dapat dicegah. Namun, kemungkinan besar kondisi spider vein ini akan memudar setelah melahirkan. Perawatan wajah juga dapat membantu menghilangkan spider vein, seperti terapi laser dan skelereoterapi.

Kapan Harus ke Dokter? 

dokter

Jika Anda menemukan ciri-ciri kehamilan di atas tetapi masih ragu, anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan bahwa Anda sedang hamil dengan pemeriksaan lebih detail.

Dokter akan memeriksa Anda dengan alat pendeteksi kehamilan untuk mendeteksi adanya janin dalam Rahim.

Dengan mengetahui ciri ciri orang hamil dari raut wajah setidaknya dapat membantu Anda mendeteksi kehamilan sejak dini. Jika ingin lebih akurat, anda dapat menggunakan alat test pack atau konsultasi ke dokter spesialis kandungan

Narasumber:

dr. Ignatius Pramudya Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Primaya Hospital Bhakti Wara

Referensi:

  • Skin Changes During Pregnancy. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/skin-changes/. Diakses 27 Desember 2023.

  • Pregnancy and Skin Changes. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/staying-healthy-during-pregnancy/pregnancy-and-skin-changes. Diakses 27 Desember 2023.

  • Skin Changes During Pregnancy. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/skin-changes.aspx. Diakses 27 Desember 2023.

  • Skin Conditions During Pregnancy. https://www.webmd.com/baby/skin-conditions-pregnancy. Diakses 27 Desember 2023.

  • Common Skin Conditions During Pregnancy. https://www.aafp.org/pubs/afp/issues/2007/0115/p211.html. Diakses 27 Desember 2023.

Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.