Menjelang Hari Perkiraan Lahir, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Menjelang Hari Perkiraan Lahir, Apa yang Harus Dipersiapkan_

Mengantarkan anak ke dunia bisa menjadi salah satu pengalaman terindah bagi para ibu. Tapi melahirkan bukanlah proses yang mudah. Butuh persiapan yang matang agar bayi bisa hadir dengan selamat di dunia, begitu pula bagi ibu. Karena itu, menjelang hari perkiraan lahir, ibu harus lebih memfokuskan diri pada persiapan melahirkan.

Salah satu persiapan melahirkan bagi ibu adalah mengetahui seluk-beluk persalinan. Khususnya bagi ibu yang baru akan melahirkan anak pertama alias belum punya pengalaman. Dari informasi seputar persalinan itu, ibu bisa mengantisipasi apa yang akan terjadi ketika hendak melahirkan. Informasi itu mencakup metode melahirkan hingga segala masalah yang mungkin muncul, termasuk masalah mental.

Persiapan melahirkan lebih penting lagi di tengah pandemi. Sebab, begitu banyak faktor yang mempengaruhi masa kehamilan hingga persalinan. Keselamatan ibu dan bayi harus menjadi prioritas utama.

 

1. Konsultasi dengan Dokter Mengenai Metode Melahirkan

Rumah sakit pada dasarnya memiliki dua metode melahirkan, yakni caesar dan vaginal. Persalinan vaginal sering pula disebut normal meski sebenarnya mencakup persalinan spontan juga. Menjelang hari perkiraan lahir, ibu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter tentang metode tersebut.

Baca Juga:  Ibu Positif Covid-19, Bolehkah Memberikan ASI Eksklusif?

Dokter akan memberikan anjuran sesuai dengan hasil pemeriksaan kandungan. Bila tidak ada risiko yang membahayakan jiwa ibu dan bayi, persalinan vaginal akan menjadi pilihan yang disarankan. Sedangkan jika kehamilan berisiko, umumnya dokter menganjurkan metode caesar.

Di luar kedua metode itu, terdapat beberapa metode melahirkan alternatif. Namun tidak semua rumah sakit bisa memberikan fasilitas untuk metode persalinan alternatif. Agar persiapan melahirkan berlangsung lancar, sebaiknya segera tentukan metode melahirkan sesuai dengan kondisi kehamilan atau preferensi ibu menjelang hari perkiraan lahir.

 

2. Proteksi Diri dengan 3M

3M alias mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan memakai masker penting dalam persiapan melahirkan di tengah pandemi. Konsep 3M bertujuan melindungi diri serta orang di sekitar dari kemungkinan penularan penyakit. Covid-19 yang menjadi pandemi dan mudah menular salah satunya.

Ibu hamil sebaiknya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan ini. Sebab, persiapan melahirkan bagi ibu yang positif Covid-19 lebih rumit. Walau begitu, ibu positif Covid tetap bisa melahirkan secara normal dan hingga kini belum ditemukan kasus penularan Covid dari ibu ke bayi dalam kandungan.

Baca Juga:  Kanker Serviks Dapat Dicegah, Mengapa Tidak?

 

3. Memilih Tempat Melahirkan yang Tepat

Rumah sakit menjadi pilihan tempat melahirkan yang cenderung lebih aman dan nyaman bagi ibu. Terutama saat masih ada pandemi, yang membutuhkan protokol kesehatan ketat serta peralatan yang memadai. Secara umum, klinik bersalin atau bidan memiliki alat serta tenaga kesehatan yang lebih terbatas ketimbang rumah sakit.

Meski demikian, ibu bebas memilih tempat melahirkan yang sesuai dengan kondisinya. Ada beberapa faktor yang penting ketika hendak memilih tempat persalinan agar proses persiapan melahirkan tak terhambat. Salah satunya adalah lokasi tempat tersebut mesti dekat dengan tempat tinggal sehingga lebih mudah terjangkau ketika tiba saatnya melahirkan.

 

4. Persiapkan Mental atas Segala Kemungkinan

Bagi sejumlah ibu, masa kehamilan sangatlah menguras mental. Terlebih bagi calon ibu baru. Kekhawatiran dan rasa tak berdaya kerap membuat kondisi psikis tertekan. Kondisi ini pun bisa berlangsung hingga masa persalinan dan sesudahnya. Untuk itu, ibu perlu benar-benar menyiapkan mental menjelang hari perkiraan lahir.

Mintalah dukungan dari orang sekitar agar persiapan melahirkan sesuai dengan rencana. Berkonsultasilah dengan dokter kandungan untuk mendapatkan tindakan medis bila perlu. Persalinan adalah proses membutuhkan mental kuat untuk menghadapi apa pun kemungkinan yang bisa terjadi.

Baca Juga:  Tips Pemeriksaan Kehamilan Selama Pandemi Covid-19

 

Narasumber:

dr. Berryl Imran Burhan, Sp.OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Primaya Evasari Hospital

 

Referensi:

https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/mental-health/

https://kidshealth.org/en/parents/pregnant-mental-health.html

https://www.healthline.com/health/pregnancy/birthing-options#birthing-options

https://www.webmd.com/baby/pregnancy-choosing-obstetric-health-care-provider#1

https://media.neliti.com/media/publications/108617-ID-gambaran-pilihan-persalinan-oleh-tenaga.pdf

https://www.who.int/news-room/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19-pregnancy-and-childbirth

Sumber Gambar : Freepic

Bagikan ke :