• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

Bagi sebagian orang, memiliki wajah yang putih adalah impian. Tapi warna alami kulit wajah berkaitan dengan genetik. Orang yang secara genetik berkulit gelap atau sawo matang seperti kebanyakan orang Indonesia tidak akan bisa memiliki wajah seputih orang Barat ataupun Korea. Karena itu, cara mencerahkan wajah secara alami yang dibahas dalam artikel ini tidak secara spesifik mengacu pada warna putih, melainkan lebih ke bagaimana memiliki wajah yang bersih, cerah, dan sehat.

 


Bahan Alami untuk Mencerahkan Wajah

Indonesia bisa dikatakan sebagai gudangnya obat berbahan alami, tak terkecuali untuk mencerahkan wajah. Ada banyak jenis tumbuhan herba, buah, juga sayuran dengan kandungan yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah dan bisa diperoleh dengan mudah. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Tomat

Tomat mengandung likopen yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan membantu mengurangi warna gelap akibat sinar matahari dengan cepat.

2. Lemon

Lemon mengandung banyak vitamin C yang terbukti efektif mengurangi flek dan noda hitam di wajah.

3. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang kuat sebagai antioksidan dan anti-peradangan. Kurkumin bisa menyingkirkan radikal bebas berbahaya yang bisa merusak kulit. Kurkumin juga dapat meningkatkan produksi kolagen serta menjaga kulit tetap elastis dan cerah.

4. Pepaya

Buah tropis ini mengandung enzim yang berfungsi sebagai eksfoliator ringan yang dapat dengan lembut mengelupas bagian atas lapisan sel kulit mati di wajah sehingga kulit terlihat lebih bersinar.

5. Madu

Madu adalah pelembap alami yang bisa membuat kulit tetap terhidrasi. Madu juga bisa menyamarkan noda hitam di kulit.

6. Bunga mawar

Rendaman bunga mawar bisa membuat kulit lebih kencang dan meredakan iritasi kulit sekaligus menjaga kelembapan kulit wajah.

7. Tepung besan

Tepung besan atau (gram flour) adalah bahan pengelupas sel kulit mati yang efektif dan tak menimbulkan efek iritasi atau luka. Dengan regenerasi sel baru, kulit akan tampak lebih cerah.

8. Air kelapa muda

Air kelapa muda memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang bermanfaat sebagai pencerah wajah.

9. Minyak kelapa

Untuk kulit kusam, minyak kelapa bisa mengunci kelembapan kulit dan menutrisinya dengan asam lemak esensial.

10. Lidah buaya

Gel lidah buaya mampu memelihara kesehatan dan menyembuhkan kulit yang luka sehingga membuat kulit tampak lebih muda dan cerah secara alami.

11. Mentimun

Mentimun dapat membuat kulit lebih segar dan cerah bersinar dengan kandungan antioksidannya.

12. Minyak zaitun

Flavonoid dan polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun bisa melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit. Minyak zaitun juga merupakan pelembap alami yang sangat baik bagi kulit.

13. Teh hijau

Teh hijau membantu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, mengurangi inflamasi, serta memperlambat penuaan kulit.

14. Minyak hati ikan kod

Minyak hati ikan kod kaya akan asam lemak omega-3, vitamin A dan D, serta eicosapentaenoic acid (EPA) and docosahexaenoic acid (DHA) yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

15. Wortel

Keberadaan antioksidan dalam wortel bisa membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas. Beta-karoten serta vitamin A dalam wortel juga dapat meningkatkan tekstur dan kesehatan kulit.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

16. Saffron

Rempah-rempah ini telah lama digunakan banyak orang di dunia untuk menjaga kulit tetap bersih dan bersinar secara alami dengan banyaknya kandungan yang bermanfaat bagi kulit.

17. Susu

Susu segar tanpa tambahan bahan kaya akan protein, kalsium, dan vitamin C yang baik untuk kulit. Konon Cleopatra menggunakan campuran susu dan madu untuk menjaga kecantikan wajahnya.

18. Pisang

Pisang mengandung banyak vitamin A, B, C, dan E serta mineral seperti potasium yang dapat merawat dan meningkatkan kesehatan kulit agar terlihat cerah dan lembut.

 

Cara Mencerahkan Kulit secara Alami

Jika memiliki bahan-bahan seperti yang disebutkan di atas, Anda bisa mencoba menggunakannya untuk mencerahkan wajah atau mencerahkan wajah secara alami. Anda dapat menggunakannya secara terpisah atau mencampurkan beberapa bahan sekaligus demi hasil yang lebih baik.

Di antara sejumlah bahan itu, yang paling sering dicampurkan adalah madu. Sebagai contoh, campurkan setengah hingga satu sendok teh bubuk kunyit dengan madu atau air hingga menjadi kental. Setelah cukup kental, oleskan campuran bahan itu sebagai masker ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air biasa. Anda bisa melakukan ini 1-2 kali tiap pekan.

Madu bisa juga dicampur dengan gel lidah buaya, kemudian dioleskan ke wajah dan leher dengan rata. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut. Selain itu, madu dapat digunakan bersamaan dengan air perasan lemon untuk dioleskan ke wajah.

Adapun minyak kelapa bisa dioleskan langsung ke wajah dan leher dengan gerakan memutar sambil sedikit dipijat-pijat. Gunakan minyak ini sesaat sebelum tidur dan baru bilas saat pagi sekalian mandi.  Bahan lain yang bisa digunakan langsung pada wajah adalah mentimun dengan cara dipotong atau diremas-remas. Meski secara umum berisiko rendah, demi keamanan, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter dermatologi sebelum menggunakan bahan-bahan ini karena ada kemungkinan efek samping atau efektivitas yang lebih rendah untuk beberapa jenis kulit tertentu.

 

Tips Agar Wajah Tampak Putih dan Glowing

Ada beberapa cara untuk membuat wajah tampak putih dan bersinar. Hal yang utama adalah memastikan asupan nutrisi dengan gizi seimbang setiap hari. Ada beberapa jenis zat gizi yang secara spesifik dapat mencerahkan atau mencerahkan wajah serta menjaga kesehatan wajah, seperti vitamin C, E, dan A. Cara lainnya termasuk:

  • Minum banyak air putih sekitar 10-12 gelas per hari untuk menjaga kulit tetap lembut, terhidrasi, dan elastis.
  • Gunakan pelembap secara rutin ke wajah, leher, dan telinga yang sensitif terhadap sinar ultraviolet dan polusi dari lingkungan.
  • Pakai krim ultraviolet jika pergi ke luar rumah agar kulit terlindungi dari sinar ultraviolet UVA dan UVB yang berbahaya.
  • Hindari rokok karena nikotin dan banyak kandungan lain bisa menyebabkan kerusakan pada kulit dan mempercepat penuaan.
  • Lakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit yang mati agar bisa muncul sel kulit baru yang lebih sehat.
  • Cuci wajah secara rutin, terutama setelah bepergian dari luar. Gunakan sabun berbahan lembut atau bahan alami agar tidak justru merusak kulit.
  • Utamakan bahan alami daripada produk kosmetik yang mengandung banyak bahan kimia buatan.
  • Jangan lupa bersihkan wajah dari riasan sebelum tidur agar pori-pori tak tersumbat dan menyebabkan kulit kering.
  • Tidur selama 7-8 jam setiap hari agar tubuh punya kesempatan cukup untuk memperbaiki sel yang rusak.
Baca Juga:  Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

 

Tindakan Medis untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Selain menggunakan bahan alami dan mempraktikkan kebiasaan baik untuk mencerahkan atau memutihkan wajah, Anda bisa mencoba prosedur medis kosmetik tertentu dengan bantuan dokter dermatologi atau dokter kecantikan. Di antaranya:

  • Eksfoliasi dengan alat mekanik atau bahan kimia.
  • Suntik pemutih untuk mengurangi jumlah melanin yang membuat warna kulit menjadi gelap.
  • Dermabrasi untuk mengelupas lapisan kulit yang rusak dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.
  • Pelaseran permukaan kulit untuk mengangkat lapisan kulit agar terbentuk kulit baru yang lebih sehat.
  • Krioterapi dengan mengoleskan atau menyemprotkan nitrogen cair pada wajah yang bisa mempercepat regenerasi sel kulit secara alami.
  • Pengelupasan kulit dengan mengoleskan bahwa kimia ke lapisan terluar sehingga terlihat lapisan bawahnya yang lebih muda dan cerah.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Perawatan wajah memang bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Tapi sebaiknya ada kunjungan rutin ke dokter dermatologi untuk memastikan perawatan yang dilakukan selama ini efektif dan tidak membahayakan. Konsultasi dengan dokter juga diperlukan untuk mencerahkan atau memutihkan wajah dengan aman. Bagaimanapun, wajah adalah salah satu bagian terluar tubuh yang penting untuk menunjang penampilan. Kesehatan wajah akan membantu Anda lebih percaya diri dalam beraktivitas dan meningkatkan produktivitas.

 

Reviewed by

dr. Dia Febrina, Sp.KK

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Primaya Hospital Bekasi Timur

Referensi:

  • Skin Whitening-A Brief Review. https://www.researchgate.net/publication/320930324_SKIN_WHITENING-A_BRIEF_REVIEW. Diakses 9 Agustus 2022
  • Skincare Bootcamp: The Evolving Role of Skincare. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5172479/. Diakses 9 Agustus 2022
  • Anti-aging and brightening effects of a topical treatment containing vitamin C, vitamin E, and raspberry leaf cell culture extract: A split-face, randomized controlled trial. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/jocd.13305. Diakses 9 Agustus 2022
  • Are Natural Ingredients Effective in the Management of Hyperpigmentation? A Systematic Review. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5843359/. Diakses 9 Agustus 2022
  • Traditional Asian Herbs in Skin Whitening: The Current Development and Limitations. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fphar.2020.00982/full. Diakses 9 Agustus 2022
  • The Use of Botanical Extracts as Topical Skin-Lightening Agents for the Improvement of Skin Pigmentation Disorders. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0022202X15526663. Diakses 9 Agustus 2022
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.