• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Apa itu Eksfoliasi Wajah? Yuk Ketahui Jenis dan Caranya

Eksfoliasi termasuk salah satu jenis perawatan wajah yang sering dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati maupun kotoran pada kulit. Penting untuk melakukan eksfoliasi wajah secara rutin agar mendapatkan kulit yang mulus, cerah, dan terhindar dari penuaan dini.

Proses eksfoliasi sendiri dapat dilakukan secara alami maupun menggunakan bahan kimia khusus.  Lalu, seperti apa langkah-langkahnya? Bila Anda ingin tahu, simak penjelasan dibawah ini:

buat jani dokter primaya

Apa itu Eksfoliasi Wajah?

Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah adalah proses perawatan wajah yang dilakukan dengan mengangkat sel-sel lapisan kulit mati pada wajah. Tujuannya yaitu agar membuat kulit tampak lebih bersih, sehat, dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru sehingga kulit menjadi lebih mulus.

Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, maka tidak ada lagi penyumbatan pada pori-pori kulit. Dengan begitu, risiko terbentuknya komedo dan jerawat dapat berkurang. Potensi munculnya garis-garis halus juga akan berkurang.

Manfaat lain dari eksfoliasi wajah yaitu kulit dapat lebih optimal dalam menyerap berbagai jenis skin care yang digunakan. Dengan begitu, manfaat yang dirasakan dari penggunaan skin care akan jauh lebih maksimal.

Jenis eksfoliasi wajah dibedakan menjadi dua kategori berdasarkan jenis bahan yang digunakannya. Berikut rinciannya:

  • Eksfoliasi physical: yaitu proses eksfoliasi menggunakan scrub atau butiran halus yang akan mengangkat sel-sel kulit mati secara fisik atau mekanik. Contohnya menggunakan campuran gula pasir dan madu, bubuk kopi, kulit jeruk, oatmeal, dan banyak lagi.
  • Eksfoliasi chemical: yaitu proses eksfoliasi dengan menggunakan bahan kimia yang berasal dari zat asam. Contohnya yang paling populer yaitu Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang cocok untuk eksfoliasi di lapisan kulit atas dan Beta Hydroxy Acids (BHA) untuk kulit bagian dalam.

    Manfaat Eksfoliasi Wajah

    Eksfoliasi

    Ada beragam manfaat yang dapat Anda rasakan ketika secara teratur melakukan eksfoliasi wajah. Berikut ini beberapa di antaranya:

    Baca Juga:  Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung

    A. Mempercepat Regenerasi Sel Kulit

    Secara alami, kulit sendiri selalu beregenerasi setiap 28 hari sekali. Akan tetapi, dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin, maka proses tersebut dapat dipercepat hingga 1 – 2 minggu sekali. Dengan begitu, wajah akan tampak lebih cerah dan lebih sehat.

    B. Melawan Tanda-Tanda Penuaan

    Dengan bertambahnya usia, kulit pasti akan terbentuk kerutan, keriput, flek hitam, dan garis-garis halus. Namun, dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, beragam tanda-tanda penuaan tersebut akan hilang walaupun tidak dapat hilang secara sepenuhnya.

    C. Mencegah Timbulnya Jerawat & Komedo

    Tentunya, jerawat maupun komedo menjadi hal yang sangat mengganggu penampilan. Kedua masalah tersebut diakibatkan oleh penumpukan sel-sel mati pada pori-pori kulit. Termasuk penumpukan debu, polusi, dan kotoran. Dengan melakukan hal ini secara rutin, maka masalah jerawat dan komedo dapat teratasi.

    D. Menurunkan Produksi Minyak Berlebih

    Apakah wajah Anda tampak begitu berminyak? Hal tersebut bisa Anda atasi dengan rutin melakukan eksfoliasi sehingga produksi minyak dalam kulit akan menurun tanpa mengurangi kelembaban kulit sehingga kulit tidak lagi berminyak namun juga tidak lagi kering.

    E. Samarkan Noda Hitam & Ratakan Warna Kulit

    Noda hitam yang membandel walau telah menggunakan skin care secara rutin bisa Anda hilangkan dengan eksofliasi. Selain itu, apabila satu sisi wajah menghitam karena paparan sinar matahari berlebih, maka Anda pun dapat meratakannya juga dengan proses eksfoliasi.

    F. Meningkatkan Efektivitas Skincare

    Saat sel-sel kulit mati terangkat dari kulit, maka produk skin care yang anda gunakan akan terserap lebih maksimal. Jadi, buat Anda yang sudah menggunakan skin care rutin namun tidak ada perubahan maka bisa mencoba proses eksfoliasi yang akan membantu meningkatkan efektivitas skin care.

    Baca Juga:  Mengatasi Kulit Sensitif pada Anak yang Sebaiknya Para Bunda Perhatikan

    G. Membantu Menyamarkan Scar atau Bopeng

    Scar seperti halnya bopeng jerawat memang tidak bisa dihilangkan begitu saja menggunakan skin care. Untuk menghilangkannya, kita perlu mengikis lapisan teratas kulit sehingga akan memicu produksi kolagen yang akan membuat kulit tampak lebih mulus.

    H. Membuat Makeup jadi Lebih Flawless & Tahan Lama

    Saat kulit kita bersih, maka make up pun akan dapat menempel dengan lebih baik serta akan membuatnya tampak begitu flawless. Tidak akan crack ataupun terlihat streaky lagi yang tentunya hanya bisa Anda dapatkan apabila rutin eksfoliasi.

    Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Eksfoliasi

    Terdapat beberapa langkah yang dapat Anda gunakan untuk eksfoliasi wajah. Berikut langkah-langkahnya:

    • Tentukan produk eksfoliasi yang tepat dan cocok untuk kulit Anda. Kami sarankan untuk lebih memilih menggunakan chemical eksfoliasi karena tidak merusak kulit.
    • Hindari terlalu sering eksfoliasi karena kulit butuh beregenerasi setidaknya 1 – 2 minggu. Semakin kuat bahan yang digunakan, maka semakin butuh lama bagi kulit untuk beregenerasi.
    • Pilih waktu yang tepat, hindari saat cuaca sedang panas karena akan meningkatkan risiko inflamasi yang membuat kulit semakin memerah dan proses pemulihan jadi lebih lama.
    • Hindari paparan sinar matahari langsung karena kulit akan lebih sensitif dan juga dapat meningkatkan risiko sunburn. Usahakan beberapa hari hari setelah eksfoliasi jangan biarkan wajah Anda terkena paparan sinar matahari langsung.
    • Gunakan produk pelembab setelah melakukan eksfoliasi karena umumnya kulit akan menjadi lebih kering

    Efek Samping Eksfoliasi

    • Peradangan berupa kulit memerah
    • Sensasi terbakar
    • Terkikisnya stratum korneum (lapisan terluar kulit)
    • Risiko terkena infeksi
    • Kulit kering dan bersisik
    • Breakout (munculnya jerawat)

    Kapan Harus ke Dokter?

    Periksakan ke dokter spesialis kulit,kelamin dan estetik apabila Anda mengalami gejala efek samping yang kami sebutkan di atas. Terutama bila gejala tidak hilang selama satu minggu atau lebih.

    Narasumber:

    Dr. Nurul Indah, Sp. DV

    Spesialis Dermatovenerologi

    Primaya Hospital Semarang

    Referensi:

    • Evaluate before you exfoliate. https://www.aad.org/media/news-releases/evaluate-before-you-exfoliate. Diakses pada 19 Februari 2024.
    • Determine your skin type. http://sciencenetlinks.com/student-teacher-sheets/determine-your-skin-type/. Diakses pada 19 Februari 2024.
    • Understanding the ingredients in skin careproducts. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10980-understanding-the-ingredients-in-skin-care-products. Diakses pada 19 Februari 2024.
    • How to safely exfoliate at home. https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/exfoliation. Diakses pada 19 Februari 2024.
    • Skin ageing. https://doi.org/10.1155/2013/827248. Diakses pada 19 Februari 2024.
    • Moisturizing differentracial skin types. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4086530/. Diakses pada 19 Februari 2024.
    Share to :

    Buat Janji Dokter

    Promo

    Login to your account below

    Fill the forms bellow to register

    Retrieve your password

    Please enter your username or email address to reset your password.