Buat Janji dengan Dokter Ortopedi

Tips Buat Janji Temu dengan Dokter Ortopedi

Jika Anda merasakan keluhan sakit pada tulang atau persendian, Anda bisa buat janji bertemu dokter ortopedi agar dokter bisa membantu menemukan sumbernya dan menentukan cara terbaik untuk meredakannya. Anda perlu memahami seluk-beluk ortopedi lebih dulu bila belum pernah berobat di dokter ortopedi. Pemahaman itu mencakup apa penyakit yang biasa ditangani dokter ortopedi hingga tindakan medis yang dijalankan.

 

Apa Itu Dokter Ortopedi

Dokter ortopedi adalah dokter yang memiliki spesialisasi di bidang muskuloskeletal atau otot, sendi, dan tulang. Dokter ortopedi berfokus pada diagnosis, pengobatan, dan terapi kondisi yang mempengaruhi tulang, persendian, otot, tendon, ligamen, tulang rawan, serta saraf pada pasien segala usia, dari bayi baru lahir hingga kalangan lanjut usia.

Sistem muskuloskeletal terdiri atas kerangka tubuh dan mekanisme yang membuatnya berfungsi. Dokter ortopedi menggunakan pendekatan bedah dan non-bedah untuk menangani berbagai masalah muskuloskeletal, seperti cedera saat olahraga, nyeri sendi, dan sakit punggung. Dokter ortopedi bisa bertugas di klinik rumah sakit, unit gawat darurat, atau bergabung dalam tim dokter klub olahraga.

 

Penyakit Apa Saja yang Dapat Ditangani

Ada anggapan bahwa dokter ortopedi hanya bisa merawat pasien patah tulang. Namun sebenarnya ruang lingkup penanganan penyakit dokter ortopedi lebih luas, misalnya:

  • Cedera saat olahraga
  • Nyeri sendi
  • Sakit punggung
  • Artritis
  • Osteoporosis
  • Radang sendi
  • Tulang retak
  • Kanker tulang
  • Keseleo
  • Sakit leher
  • Saraf terjepit
Baca Juga:  Mencegah Masalah Tulang Belakang di Tempat Kerja

 

Tindakan Medis yang Dapat Dilakukan Oleh Dokter Ortopedi

Dokter ortopedi akan menentukan langkah penanganan yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasien. Operasi atau bedah bukanlah cara satu-satunya, bahkan ini merupakan jalan terakhir jika cara lain tidak memungkinkan. Beberapa tindakan medis oleh dokter ortopedi antara lain.

Terapi fisik: dokter ortopedi bisa merekomendasikan terapi fisik untuk membantu pasien memulihkan fungsi area tubuh yang mengalami masalah.

Olahraga: terdapat beberapa jenis olahraga khusus untuk membantu pemulihan dan menguatkan tubuh guna mencegah masalah berulang.

Pengobatan: obat-obatan dapat membantu meredakan rasa sakit dan memulihkan kondisi tubuh pasien. Dokter ortopedi mungkin meresepkan obat pereda nyeri atau pelemas otot untuk membantu meredakan rasa sakit sembari menjalankan tindakan lain guna membantu penyembuhan.

Pijat: tindakan medis berupa pemijatan pada area yang bermasalah akan membantu meningkatkan kesembuhan dan mengurangi rasa sakit.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Pengobatan Spondilosis

Operasi: dalam kasus tertentu, operasi adalah pilihan terbaik guna mengatasi masalah yang terjadi dan mencegah sakit lebih parah.

 

Kapan Saya Harus ke Dokter Ortopedi

Terdapat lebih dari 300 tulang dan sendi pada tubuh manusia. Jika ada salah satu saja yang bermasalah, aktivitas sehari-hari bisa terganggu. Berikut ini tanda seseorang perlu membuat buat janji temu dengan dokter ortopedi:

  • Sulit beraktivitas dengan lancar tiap hari karena masalah tulang dan sendi
  • Masalah terus terasa lebih dari 12 minggu
  • Ruang gerak terbatas karena rasa sakit
  • Sulit seimbang saat berjalan atau berdiri
  • Rasa sakit akibat keseleo atau terkilir tak kunjung hilang dalam 48 jam

 

Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum ke Dokter Ortopedi di Tengah Covid-19?

Dalam kasus tertentu, seseorang harus segera mendapat penanganan dokter ortopedi untuk mencegah kondisi memburuk. Misalnya pasien yang mengalami kecelakaan dan patah tulang. Berbeda dengan orang yang merencanakan untuk menemui dokter ortopedi guna mengkonsultasikan masalahnya atau melanjutkan pengobatan.

Patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan jaga jarak minimal 1 meter, rajin mencuci tangan, dan mengenakan masker. Bikin janji dengan dokter ortopedi secara online lewat telepon agar terhindar dari antrean di rumah sakit. Jangan sampai mengkompromikan kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ketika mendatangi dokter di rumah sakit.

Baca Juga:  Teknologi PLDD (Percutaneus Laser Disc Decompression) Sebagai Terapi Saraf Terjepit di Tulang Belakang

 

Klik Disini untuk Buat Janji dengan Dokter Ortopedi Primaya Hospital

 

Referensi:

https://www.healthline.com/find-care/articles/orthopedists/what-is-an-orthopedic-doctor#procedures

https://se-ortho.com/orthopedic-specialist-you/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-is-orthopedics#conditions

https://www.webmd.com/orthopedics/default.htm

https://www.osgpc.com/5-signs-you-should-see-an-orthopedic-doctor/

Bagikan ke :