• Ambulance
  • 150 108
  • Chatbot

Tips Memilih Buah Untuk Penderita Diabetes

Tips Memilih Buah Untuk Penderita Diabetes

Pemilihan Buah Untuk Penderita Diabetes memang perlu teliti karena tidak semuanya mempunyai indeks glikemik yang rendah. Sebelum mengkonsumsi buah yang baik untuk penderita diabetes, sebaiknya perhatikan beberapa hal seperti kandungannya, tingkat gula dalam buah, dan baikkah buah tersebut untuk kesehatan diabetes.

Hanya karena memiliki label ‘buah’ belum tentu buah tersebut baik dikonsumsi untuk kondisi yang sangat spesifik ini. Agar tidak salah dalam memilih buah, yuk simak buah untuk diabetes apa saja yang baik untuk dikonsumsi!

buat jani dokter primaya
  1. Pisang

Buah pisang mengandung karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes karena indeks glikemiknya yang rendah, sehingga kadar gula dalam darah nisa terkontrol dengan baik. Selain itu, buah pisang kaya akan mineral dan vitamin yang mampu mengendalikan tekanan dalam darah.

  1. Aprikot

Aprikot memiliki indeks glikemik yang rendah sama dengan buah pisang. Aprikot memiliki serat yang berguna untuk mengendalikan pelepasan gula dalam darah. Kemampuan tubuh dalam berinteraksi dengan insulin akan meningkat setelah mengkonsumsi buah aprikot yang kaya akan vitamin E.

  1. Apel

Apel merupakan buah yang baik untuk penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Apel juga dapat membuat antiaging yang dapat mempercepat proses pemulihan tubuh.  Selain itu, apel memiliki kandungan pectin yang dapat membantu kontrol gula darah.

  1. Plum

Bukan hanya mampu mengubah pati menjadi energi, buah plum juga mampu menyeimbangkan kadar gula dalam darah berkat indeks glikemik yang rendah. Penderita diabetes yang ingin buang air kecilnya berkurang wajib mengkonsumsi buah rendah kalori ini.

  1. Kiwi

Selain memuat fruktosa, buah kiwi juga rendah akan indeks glikemiknya sehingga kadar gula dalam darah dapat terjaga. Bukan hanya itu saja, buah kiwi juga memiliki kandungan inositol yang bersifat pendongkrak kinerja insulin. Vitamin  A dan C yang terkandung dalam buah kiwi dipercaya mampu meningkatkan proses penyembuhan penyakit diabetes.

  1. Alpukat
Baca Juga:  Kenali Gejala dan Tanda-Tanda Demam Berdarah Dengue

Buah selanjutnya adalah alpukat. Alpukat memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi, bahkan buah ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Buah yang satu ini juga dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh, karena mengandung lemak sehat yang mampu meningkatkan kadar insulin dalam darah.

  1. Grapefruit

Buah ini kaya akan nutrisi seperti vitamin C, likopen dan antioksidan yang mampu mendongkrak system kekebalan tubuh dan mampu menurunkan berat badan, sehingga resistensi insulin dalam tubuh dapat berkurang. Apabila grafefruit ini dikonsumsi dengan makanan lain, maka buah ini akan mengontrol kadar insulin dalam tubuh.

  1. Lemon

Lemon memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok dijadikan Buah Untuk Penderita Diabetes. Selain itu, buah ini kaya akan vitamin C dan serat yang mampu memperlambat proses penyerapan gula ke dalam darah.

  1. Delima

Buah yang satu ini memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan berbagai penyakit kronis lainnya. Oleh sebab itu buah yang satu ini juga termasuk dalam daftar buah yang baik untuk diabetes.

  1. Jambu biji

Serat yang terkandung dalam buah jambu dapat mencegah sembelit dan rendah akn indeks glikemiknya. Buah ini juga dapat menurunkan risiko timbulnya penyakit diabetes tipe 2.

  1. Anggur

Kandungan frukstosa dalam buah anggur dapat menyerap glukosa dengan segera. Selain memiliki serat yang baik untuk pelaku diet sehat. Buah anggur juga mengandung ragam vitamin, betakaroten, antioksidan dan polifenol yang mampu mencegah munculnya diabetes tipe 1 dan meminimalisir resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2.

  1. Belimbing
Baca Juga:  Dialisis pada Penyakit Ginjal Kronis: Kapan Harus Memulai?

Buah belimbing memiliki serat yang banyak dan dipercaya dapat menyerap dan menunda penyebaran glukosa dalam hati. Hal tersebut dapat berimbas pada turunnya kadar gula dalam darah. Tapi bagi kamu yang menderita komplikasi nefropati, maka buah ini cocok dikonsumsi karena rendah kalori dan lemak.

  1. Berry

Kebanyakan buah beri seperti raspberry, strawberry, balcakberry, cranberry, blueberry bahkan boysenberry kaya akan kandungan airnya (lebih dari 85%). Dengan begitu, buah ini dapat membantu dalam mengontrol kadar gula dalam darah sekaligus mampu menurunkan kolesterol dan berat badan.

  1. Buah Naga

Buah naga mengandung gula yang sangat sedikit sehingga buah ini masih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah naga menjadi buah yang baik untuk penderita diabetes selama mengkonsumsinya tanpa mencampurkan gula.

  1. Tomat

Tomat mengandung sejuta manfaat diantaranya adalah kandungan karbohidrat mampu mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga mampu menurunkan berat badan. Selain itu, tomat mengandung likopen yang mampu mencegah rusaknya membran sel ataupun sistem imun tubuh. Tomat mengandung beragam vitamin diantaranya B1, B2, B6, C, E, dan K, tomat juga mengandung kromium dan mangan yang bertugas untuk menyeimbangkan gula dalam darah.

Nah, itu dia Buah Untuk Penderita Diabetes yang perlu kamu ketahui. Kamu dapat menjadikan buah-buahan di atas sebagai pengganti cemilan yang penuh kalori dan karbohidrat. Agar kadar gula dalam darah terkontrol dengan baik sehingga kesehatan tetap terjaga.

 

Narasumber:

dr. Mohammad Irfan,  Sp. PD

Spesialis Penyakit Dalam

Primaya Hospital Bekasi Utara

Bagikan ke :

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.