• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan

Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan

Dahak yang menumpuk di tenggorokan selalu menimbulkan rasa tidak nyaman. Perlu suatu cara untuk menghilangkan dahak terlebih bila ada gejala lain yang menyertai seperti batuk, sumbatan jalan napas karena aktivitas sehari-hari akan sangat terganggu akibat keberadaan dahak di tenggorokan.

 


Mengenal Dahak (Lendir Saat Batuk)

Dahak adalah lendir kental yang bersumber dari paru-paru. Lendir ini berfungsi melindungi paru-paru dan saluran pernapasan dari infeksi kuman atau benda asing lain. Terdapat sel dari sistem imun yang berada di dalam lendir. Ketika seseorang mengalami infeksi atau penyakit kronis yang mempengaruhi paru-paru atau saluran pernapasan, lendir akan terakumulasi.

Lendir tersebut sangat kental karena berfungsi memerangkap material asing pada organ sistem pernapasan yang memicu infeksi. Setelah itu, lendir akan terdorong oleh bulu-bulu halus di saluran pernapasan untuk dikeluarkan lewat mulut dengan cara batuk.

Karena itu, menghilangkan dahak berarti menghilangkan kuman ataupun penyebab infeksi lain pada organ pernapasan. Dahak bisa memiliki berbagai warna. Warna ini bisa menunjukkan jenis infeksi yang sedang dialami atau apakah kondisi penyakit kronis yang diderita memburuk.

  • Bening, putih, atau kelabu: biasanya bukan karena penyakit serius, tapi jika jumlahnya sangat banyak mungkin ini pertanda ada penyakit paru.
  • Kuning gelap atau hijau: sering kali ini menjadi pertanda adanya infeksi bakteri, misalnya pneumonia. Dahak hijau kekuningan juga lazim ditemukan pada penderita penyakit keturunan fibrosis kistik.
  • Cokelat: biasanya muncul pada orang yang merokok
  • Merah muda: dahak ini mungkin menandakan adanya penyakit edema paru atau penumpukan cairan berlebih di paru-paru.
  • Merah: penyakit yang mungkin dialami ketika dahak berwarna merah antara lain kanker paru atau emboli paru atau gumpalan darah pada area sekitar paru

 

Apa Penyebab Dahak Susah Keluar?

Menghilangkan dahak kadang tak semudah yang dibayangkan. Meski sudah berusaha batuk-batuk sambil berdeham untuk mengambil dahak, lendir itu tetap tak mau keluar. Sebab, ada kalanya dahak terasa seperti menempel di tenggorokan.

Penyebabnya bisa jadi adanya penyakit atau kondisi tertentu, seperti infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), demam, atau alergi. Karena kondisi tersebut, lendir yang dikeluarkan dari saluran pernapasan menjadi lebih kental dan padat. Akibatnya, dahak lebih sulit keluar dari saluran pernapasan, termasuk lewat hidung.

Baca Juga:  Cara Penularan Hepatitis Akut

Walau demikian, harus digarisbawahi bahwa menghilangkan dahak adalah suatu keharusan seberapa pun sulitnya. Sebab, dahak mengandung bakteri atau sumber penyakit lain. Namun bila terpaksa, dahak bisa ditelan karena akan mengalir ke lambung dan terbakar oleh cairan asam di lambung atau terbuang bersama kotoran dari tubuh.

 

Berbagai Obat Minum untuk Mengusir Dahak di Tenggorokan

Terdapat sejumlah merek obat yang disebut bisa menghilangkan dahak dari tenggorokan. Obat-obatan ini tergolong sebagai ekspektoran yang berfungsi mengencerkan dahak sehingga dahak lebih mudah dikeluarkan. Jenis obat ini tersedia dalam bentuk tablet, pil, atau cair. Ada tiga macam obat ekspektoran yang dijual dengan beragam merek, yakni guaifenesin, amonium klorida, dan kalium iodide.

Jenis obat lainnya yang dapat digunakan untuk mengusir dahak di tenggorokan adalah mukolitik. Jenis obat ini umumnya dipakai untuk meredakan gejala batuk berdahak kronis dengan cara memecah kekentalan dahak sehingga tidak lengket dan lebih mudah keluar. Contoh obat mukolitik antara lain ambroksol, erdostein, bromheksin, asetilsistein, dan karboksisistein.

 

Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan Secara Alami

Batuk adalah mekanisme alami tubuh untuk menghilangkan dahak dan lendir yang menumpuk dari paru-paru dan tenggorokan. Anda bisa membantu mendorong mekanisme ini dengan cara alami pula tanpa obat-obatan yang mengandung zat kimia. Di antaranya:

  • Melembapkan udara dengan alat pelembap udara untuk mengencerkan dahak
  • Banyak minum air putih hangat agar dahak lebih mudah didorong keluar
  • Makan sup hangat agar tenggorokan terasa lebih lega dan lebih mudah menghilangkan dahak
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa meredakan batuk dan mengatasi dahak, seperti jeruk lemon, jahe, dan ginseng
  • Berkumur dengan air garam untuk melepaskan dahak yang lengket di belakang saluran tenggorokan

 

Normalkah Terdapat Dahak di Tenggorokan, Tetapi Tidak Batuk?

Keberadaan dahak di tenggorokan biasanya disertai dengan batuk yang merupakan gejala penyakit umum seperti demam. Jika tubuh memproduksi lendir berlebih tanpa batuk atau gejala lain yang tampak, bisa jadi ada penyakit tersembunyi. Diperlukan pemeriksaan dokter yang akan mengecek penyebab kemunculan dahak tanpa batuk itu.

Baca Juga:  Cacar Monyet - Penularan, Pencegahan dan Pengobatannya

Ada kemungkinan pemicu dahak tersebut adalah:

  • Iritasi karena faktor lingkungan, seperti asap rokok, kendaraan bermotor, atau asap lain.
  • Infeksi saluran pernapasan atas, misalnya sinusitis
  • Penyakit paru seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis
  • Alergi, misalnya terhadap debu
  • Fibrosis kistik
  • Infeksi bakteri atau virus, seperti pneumonia, flu, dan bronkitis akut
  • Masalah fisiologis, misalnya gangguan menelan yang dipicu lemahnya otot tenggorokan sehingga individu yang mengalaminya sulit mengeluarkan dahak lewat tenggorokan

 

Kapan Harus ke Dokter?

Produksi lendir adalah proses alami dalam sistem pernapasan. Tapi kemunculan lendir tidak normal jika mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda sebaiknya mendatangi dokter jika merasa ada lendir atau dahak pada tenggorokan yang harus dikeluarkan. Saat batuk untuk menghilangkan dahak di tenggorokan, cek pula warna dahak itu untuk melihat apakah ada kemungkinan terjadi masalah pada sistem pencernaan. Terlebih bila ada gejala lain yang Anda rasakan, seperti pilek, suhu tubuh naik, sesak napas, dan kelelahan.

 

Reviewed by

dr. Angelin Utami Cahyani, Sp.PD

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Primaya Hospital Bekasi Utara

 

Referensi:

Yellow, Brown, Green, and More: What Does the Color of My Phlegm Mean? https://www.healthline.com/health/green-phlegm. Diakses 18 April 2022

Clinical Methods: The History, Physical, and Laboratory Examinations. 3rd edition. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK359/. Diakses 18 April 2022

Sputum Culture. https://medlineplus.gov/lab-tests/sputum-culture/. Diakses 18 April 2022

What it takes for a cough to expel mucus from the airway. https://www.pnas.org/doi/10.1073/pnas.1817484115. Diakses 18 April 2022

Effective mucus clearance is essential for respiratory health. American Thoracic Society, 35(1). https://ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2658694/. Diakses 18 April 2022

Warning signs of lung disease. (n.d.). https://www.lung.org/lung-health-diseases/warning-signs-of-lung-disease. Diakses 18 April 2022

What Causes the Amount of Sputum to Increase? https://www.verywellhealth.com/what-is-sputum-2249192. Diakses 18 April 2022

 

Bagikan ke :

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.