• Emergency
  • 150 108

Bahaya Hepatitis Misterius dan Cara Mencegahnya

Bahaya Hepatitis Misterius dan Cara Mencegahnya

Hepatitis sendiri adalah peradangan pada hati atau liver. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun perbedaanya di hepatitis misterius adalah faktor penyebab yang belum diketahui karena setelah diteliti bukan termasuk dari lima jenis hepatitis yang telah ada sebelumnya.

Sebenarnya ada lima hepatitis yang dikenal hepatitis A, B, C, D dan E. Sekarang muncul fenomena hepatitis misterius karena setelah dicari semuanya negatif dari lima itu makanya dibilang tidak diketahui penyebabnya.


Apa yang sudah diketahui:

Dari kurang lebih 10% kasus hepatitis misterius memerlukan tindakan untuk transplantasi hati, dan telah ada yang meninggal 3 orang di Indonesia. Terkini diduga ada kaitannya dengan Adenovirus F tipe 41 dan SARS – CoV-2

Yang terjadi di Indonesia:

Di Jakarta sendiri yang sudah terjadi ada 21 kasus , terdiri dari 14 orang dibawah umur 16 tahun dan 7 orang diatas umur 16 tahun, dan korban jiwa sudah ada 3 orang dibawah umur 16 tahun. Jadi diketahui untuk kasus hepatitis misterius tidak hanya menyerang anak anak saja namun juga orang dewasa.

Baca Juga:  Ambulance Call Center: Kondisi Gawat Darurat? Hubungi 150 108

Ciri Ciri Hepatitis Misterius

  • Demam tinggi/riwayat demam
  • Kulit tubuh berwarna kuning
  • Diare/ buang buang air besar
  • Gatal gatal pada kulit
  • Urine berwarna kecokelatan
  • Mual dan muntah

Jika terjadi ciri ciri diatas cepat datang ke fasilitas kesehatan terdekat sesuai anjuran dari Kementerian Kesehatan RI berdasarkan surat edaran kewaspadaan akan penyakit ini

Cara Mencegah Hepatitis Misterius

Tips yang dianjurkan untuk mencegah adalah menerapkan pola hidup sehat karena penularan utama hepatitis adalah melalui saluran pencernaan seperti makanan dan minuman.

Lebih baik jika memang bisa mengetahui bahan bahan apa saja yang kita makan dan prosesnya dianjurkan untuk memasak sendiri makanan, serta membawa peralatan makan sendiri.

 

Referensi:

CDC : What is Viral Hepatitis?. https://www.cdc.gov/hepatitis/. Diakses 20 Mei 2022

Kemenkes : Hepatitis Akut Menular Lewat Saluran Cerna dan Saluran Pernafasan, Begini Cara Mencegahnya. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20220505/1239785/hepatitis-akut-menular-lewat-saluran-cerna-dan-saluran-pernafasan-begini-cara-mencegahnya/. Diakses 20 Mei 2022

 

Promo Warm May

Baca Juga:  Kenali Ramsay Hunt Syndrome : Penyakit Langka yang diderita Justin Bieber
Bagikan ke :

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.