Elektrokardiogram (EKG), Pemeriksaan Jantung

pemeriksaan jantung EKG pemeriksaan jantung rumah sakit awal bros rumah sakit jantung

Pemeriksaan jantung melalui EKG (Pemeriksaan Elektrokardiogram) adalah pemeriksaan jantung untuk mendeteksi kelainan dengan mengukur aktivitas listrik yang dihasilkan oleh jantung, sebagaimana jantung berkontraksi. Pemeriksaan Jantung EKG dapat membantu mendiagnosis berbagai kondisi penyakit jantung seperti aritmia (gangguan irama jantung), pembesaran jantung, peradangan jantung (perikarditis atau miokarditis) dan penyakit jantung koroner. Tindakan EKG jantung dapat dilakukan di Primaya Hospital dan ditangani oleh Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah serta didukung peralatan medis yang canggih sehingga kami dapat memberikan kepuasan pasien atas pelayanan dan tindakan yang kami berikan.

Pemeriksaan EKG dilakukan oleh pasien yang memiliki kesulitan bernapas, nyeri dada, atau detak jantung yang tidak normal. Pemeriksaan jantung ini juga dilakukan untuk melihat kondisi kesehatan jantung pada pasien yang berisiko mengalami serangan jantung. Untuk beberapa kasus, dokter jantung meminta pasiennya untuk melakukan cek EKG secara rutin. Dokter jantung juga akan meminta pasien untuk cek EKG sebelum melakukan operasi jantung atau bedah jantung.


Proses Pemeriksaan Jantung EKG

Pemeriksaan jantung ini dilakukan dengan cara pasien berbaring di tempat tidur. Pasien yang melakukan pemeriksaan jantung EKG diharapkan melepaskan aksesoris yang mereka gunakan agar tidak merusak hasil EKG. Kemudian, tubuh pasien akan dipasang elektroda berupa lempeng logam tipis dan selanjutnya pasien akan diarahkan oleh dokter untuk menarik dan menahan napas sesuai hitungan dokter. Proses ini dilakukan agar dokter bisa merekam aktivitas jantung.

Pemeriksaan EKG tidak berlangsung lama, biasanya hanya sekitar 5 hingga 10 menit. Selanjutnya, hasil pemeriksaan jantung ini akan dianalisis oleh Dokter Spesialis Jantung untuk diartikan dan dijelaskan kepada pasien.

Setelah melakukan cek EKG jantung, pasien diizinkan untuk melakukan aktivitas dengan normal namun pasien tersebut perlu mengingat penyakit jantung yang mungkin masih diidap pasien.  Jika hasil periksa EKG tidak memuaskan dan memiliki indikasi penyakit jantung, maka terdapat kemungkinan Dokter Spesialis Jantung Anda akan meminta Anda melakukan pemeriksaan lanjutan. Jika memang demikian, harap mengikuti arahan dokter jantung Anda hingga pemeriksaannya tuntas.


Efek Samping Pemeriksaan Jantung EKG

Pemeriksaan jantung ini dinilai aman dan tidak menyakitkan. Biasanya, efek samping yang ditimbulkan dari EKG hanya berupa alergi kulit terhadap elektroda yang ditempel pada tubuh. Diskusikan pada Dokter Spesialis Jantung Anda mengenai kebutuhan Anda dalam melakukan pemeriksaan jantung ini.

Pemeriksaan jantung EKG merupakan bagian dari Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital. Selain pemeriksaan jantung EKG, pada Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan elektrofisiologi jantung, tes treadmill jantung, operasi CABG jantung, pemasangan ring jantung, dan berbagai pelayanan lainnya.

Tersedia di :
Primaya Hospital Inco Sorowako Primaya Hospital Bekasi Barat Primaya Hospital Bekasi Timur Primaya Evasari Hospital Primaya Hospital Betang Pambelum Primaya Hospital Makassar Primaya Hospital Tangerang