Tes Treadmill, Pemeriksaan Fisik Jantung

tes treadmill pemeriksaan fisik jantung rumah sakit awal bros

(Tes treadmill adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk menilai kemampuan jantung dengan pemberian beban atau aktivitas fisik sesuai dengan kondisi pasien. Pemberian beban pada jantung dilakukan secara bertahap mulai dari aktivitas ringan seperti berjalan diatas treadmill hingga berlari dengan kecepatan tertentu sesuai batas kemampuan pasien.  Tes ini juga disebut sebagai exercise stress test dan dapat dilakukan dengan media selain treadmill misalnya dengan sepeda statis khusus medis.

Pelaksanaan tes treadmill ini ditangani oleh Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah yang berpengalaman di bidangnya. Informasi tentang kondisi jantung akan terdeteksi berdasarkan hasil tes ini. Dokter dapat menilai apakah jantung mampu memberikan pasokan darah yang memadai ketika terjadi stres atau tekanan fisik.

 

Siapa Saja yang Memerlukan Tes Treadmill?

Tes treadmill dilakukan untuk skrining atau deteksi bagi pasien yang memiliki gangguan fungsi jantung seperti gangguan irama jantung (aritmia) dan penyakit jantung koroner. Pasien dengan faktor risiko penyakit jantung seperti obesitas dan hipertensi juga perlu menjalani tes treadmill (pemeriksaan fisik jantung) sebagai upaya deteksi dini adanya gangguan fungsi jantung.

Dokter akan melihat bagaimana kemampuan jantung saat terjadi peningkatan aktivitas fisik dan menentukan tindakan selanjutnya sesuai dengan informasi yang diperoleh dari hasil tes. Dokter dapat meminta pasien menjalani tes lain untuk membantu menegakkan diagnosis jika menilai hasil tes treadmill kurang menggambarkan kondisi jantung pasien.

 

Mengapa Harus Melakukan Tes Treadmill?

Hasil tes treadmill dapat menunjukkan indikasi adanya penyakit jantung. Bila merasa mengalami gejala atau memiliki faktor risiko penyakit jantung, sebaiknya konsultasikan hal tersebut ke Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah untuk meminta saran apakah perlu dilakukan tes treadmill. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah umumnya merekomendasikan tes treadmill untuk:

 

Persiapan Sebelum Tes Treadmill Jantung

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah akan membantu menentukan apakah seseorang perlu menjalani tes treadmill. Pasien akan diperiksa terlebih dahulu sebelum melakukan tes tersebut demi keamanan pasien sendiri karena ada beberapa kondisi pasien yang tidak memungkinkan untuk dilakukan tes treadmill.

Tes treadmill mensyaratkan pasien berpuasa selama tiga jam sebelum tindakan. Informasikan kepada dokter atau perawat jika sedang menjalani terapi obat atau memiliki alergi tertentu. Agar pasien lebih nyaman selama menjalani tes di atas treadmill, kenakan pakaian yang memudahkan pemeriksaan serta gunakan sepatu olahraga.

 

Proses Tes Treadmill Jantung

Prosedur tes treadmill diawali dengan konsultasi pasien bersama Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah. Pasien akan dipasang elektroda pada bagian dada pasien. Elektroda ini berupa lempengan dengan kabel yang terhubung ke mesin Elektrokardiogram (EKG). Dokter akan mencatat tekanan darah, detak jantung, dan EKG ketika sebelum, saat, dan sesudah tes treadmill dilakukan.

Pasien lantas diminta berjalan di atas treadmill secara perlahan. Dalam periode waktu tertentu, kecepatan treadmill akan ditingkatkan. Setelah kira-kira sepuluh menit, kecepatan diturunkan hingga treadmill berhenti. Sepanjang tes, terdapat tim medis yang bertugas mengawasi kondisi pasien secara ketat. Segera beri tahu dokter jika pasien mengalami gejala seperti nyeri dada, pusing, sesak napas, atau kelelahan. Seusai tes, pasien akan diminta beristirahat dengan berbaring sementara dokter meninjau hasil tes.

 

Tes Treadmill di Primaya Hospital

Primaya Hospital memiliki Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah yang menyediakan layanan tes treadmill. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah beserta tim medis yang profesional dan terlatih siap memberikan layanan dengan dukungan teknologi terkini. Hubungi Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital untuk menjadwalkan konsultasi Kesehatan jantung Anda dan pelaksanaan tes treadmill. Primaya Hospital juga melayani pemeriksaan dan prosedur lain terkait dengan kesehatan jantung termasuk pemeriksaan jantung elektrofisiologi, cek ekg, operasi bypass jantung, dan pemasangan ring jantung.

Tersedia di :
Primaya Hospital Sukabumi Primaya Evasari Hospital Primaya Hospital Betang Pambelum Primaya Hospital Makassar Primaya Hospital Bekasi Timur Primaya Hospital Tangerang Primaya Hospital Bekasi Utara Primaya Hospital Bekasi Barat