Tes Treadmill, Pemeriksaan Fisik Jantung

tes treadmill pemeriksaan fisik jantung rumah sakit awal bros

Tes Treadmill (Exercise Stress Test) adalah pemeriksaan fisik jantung yang memberikan informasi apakah jantung memiliki asupan darah dan oksigen dari sirkulasi saat terjadi stress fisik. Tes treadmill juga dilakukan untuk memperoleh informasi penting apabila terdapat kelainan dari irama jantung dan tekanan darah. Namun, treadmill sebaiknya tidak dilakukan pada pasien yang baru saja mengalami serangan jantung atau pada saat baru mengalami nyeri dada. Sebaiknya, lakukan uji treadmill sesuai anjuran atau konsultasi Dokter Spesialis Jantung. Pemeriksaan fisik jantung ini adalah salah satu layanan dari Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital.

Pemeriksaan fisik jantung treadmill dilakukan jika Anda ingin mengetahui apakah Anda memiliki penyakit jantung koroner atau tidak. Jika dicurigai memiliki penyakit jantung coroner meskipun tidak muncul saat pemeriksaan Elektrokardiogram (EKG), Dokter Spesialis Jantung mungkin tetap menyarankan Anda melakukan tes treadmill jantung. Namun, jika pasien baru mengalami serangan jantung, sebaiknya tes treadmill tidak dilakukan sebab pemeriksaan fisik jantung ini berat untuk dilakukan.

Selain pasien yang baru mengalami serangan jantung, pemeriksaan treadmill jantung juga tidak disarankan pada pasien yang mengalami nyeri dada dengan kecurigaan karena penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak terkontrol, serta penyakit jantung lainnya seperti gagal jantung atau aritmia (gangguan irama jantung) yang tidak terkendali.


Proses Tes Treadmill Jantung, Pemeriksaan Fisik Jantung

Pada pemeriksaan treadmill jantung, pasien akan diminta untuk berjalan di atas treadmill dan dimulai dengan langkah yang lambat. Tubuh pasien akan terpasang elektroda yang dihubungkan dengan Elektrokardiogram (EKG). Selanjutnya, pasien pemeriksaan fisik jantung akan diberikan peningkatan kecepatan pada treadmill setiap tiga menit. Pemantauan dilakukan sepanjang proses dan hal yang diamati adalah tekanan darah, denyut jantung, dan Elektrokardiogram (EKG). Selanjutnya, treadmill akan diperlambat dan diturunkan secara bertahap dalam sepuluh menit hingga berhenti.


Persiapan Tes Treadmill Jantung, Pemeriksaan Fisik Jantung

Pasien diharapkan berpuasa selama tiga jam sebelum pemeriksaan fisik jantung ini dilakukan. Sebaiknya pasien berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Jantung terlebih dahulu sebelum melakukan treadmill. Pastikan Dokter Spesialis Jantung mengizinkan pasien untuk melakukan pemeriksaan treadmill jantung ini.

Tes Treadmill Jantung merupakan bagian dari Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital. Selain pemeriksaan fisik jantung treadmill, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan Elektrofisiologi jantung, pemeriksaan jantung Elektrokardiogram (EKG), operasi jantung CABG,  pemasangan ring jantung, dan lainnya.

Tersedia di :
Primaya Hospital Tangerang Primaya Hospital Bekasi Barat Primaya Hospital Betang Pambelum Primaya Hospital Bekasi Timur Primaya Evasari Hospital Primaya Hospital Bekasi Utara Primaya Hospital Makassar