• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Kelebihan dan Kekurangan Berolahraga Malam Hari

Kelebihan dan Kekurangan Berolahraga Malam Hari

Kenyataannya, olah tubuh pada senja hari memiliki kelebihan dan kekurangan, terutama bagi kita yang bekerja dari pagi hingga malam. Karena itu, Anda perlu meluangkan waktu untuk berlatih. Itu adalah 30 menit. Pertanyaannya, jika berolahraga di malam hari apakah baik atau buruk bagi kesehatan?

Manfaat Rutin Olahraga

Manfaat berolahraga di malam hari.  Sederhananya, anda perlu berolahraga  selama 30 menit setiap hari daripada tidak berolahraga. Jadi jika Anda hanya punya waktu di malam hari, berolahragalah. Manfaat utama dari olahraga setiap hari  adalah untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, tetapi ada manfaat lain juga.


1. Meningkatkan kinerja fisik

Jika Anda merasa bahwa olahraga  pagi Anda tidak seefektif itu, itu benar. Sebuah studi tahun 2013, berdasarkan analisis berdasarkan asupan oksigen dan kapasitas anaerobik, menunjukkan bahwa 20 pria mampu berolahraga 20% lebih lama dan lebih keras di malam hari daripada di pagi hari. Penelitian lain menunjukkan bahwa semakin tinggi suhu tubuh, semakin baik fleksibilitas dan kekuatan di tahun-tahun berikutnya.

Baca Juga:  Kurangi Risiko Cedera dengan Olahraga Secara Teratur

2. Meningkatkan Kebahagiaan dari Endorfin

Saat berolah tubuh fajar kamu bisa mendapatkan stimulan energi untuk melewati hari kamu sehingga cukup baik untuk mengawali hari dengan olah tubuh. Namun jika kamu berolah tubuh pada sore/senja hari manfaatnya adalah membuat hati lebih ceria karena hormon endorfin dihasilakan saat kita berolah tubuh. Selain itu hormon endorfin bisa membantu menahan stress untuk besok harinya.

3. Mendapatkan tidur berkualitas

Salah kaprahnya kita tidak boleh berolah tubuh pada sore/senja dapat menggangu tidur kita, namun sebenarnya ketika kita berolah tubuh yang tidak berat dan intensitas yang rendah seperti yoga, bersepeda dan dilakukan tidak seajm sebelum waktu tidur maka tidak perlu khawatir dapat menganggu tidur.

Kekurangan dari berolahraga malam hari

Yang paling sulit untuk kita berolah tubuh pada sore/senja adalah besarnya dalih untuk berolah tubuh karena alasan seperti mager ketika sendirian tidak ada teman maka dari itu harus ikut komunitas sehingga bisa lebih semangat. Selain itu ada kekurangan lainnya yaitu :

Baca Juga:  Kurangi Risiko Cedera dengan Olahraga Secara Teratur

1. Olahraga dapat menggangu tidur

Jika kamu berolah tubuh dengan intensitas tinggi seperti bermain sepak bola atau futsal yang membutuhkan kecepatan memang dapat menganggu tidur. Usahakan juga jangan melakukan olah tubuh sejam sebelum jam tidur kamu. Misalnya kamu tidur jam 9 maka kamu olahra baiknya dari jam 6 hingga jam 7 sudah cukup. Jika kamu melakukan sejam sebelum kamu tidur, bisa menganggu tidur kamu.

2. Sulit untuk menjaga konsistensi

Menurut survei 2018, orang yang berolahraga di pagi hari lebih konsisten daripada mereka yang berolahraga di sore/sore hari, apalagi jika sendirian. Jadi, Anda harus memiliki kemauan dan komitmen yang tinggi.

Berolahraga di Malam hari tidak selalu buruk, selama Anda berhati-hati menghindari hal-hal yang akan membuat latihan malam tidak berhasil bagi teman-teman Westerindo Anda.

 

Referensi:

  1. Hill DW. https://cdnsciencepub.com/doi/10.1139/apnm-2013-0140
  2. Childs E, https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fphys.2014.00161/full
  3. Verywell, Fit https://www.verywellfit.com/dos-and-donts-for-the-midnight-exerciser-1229781
Bagikan ke :

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.