• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Yuk Mulai Puasa!

Apakah Anda menjalankan puasa karena kewajiban agama Anda? Jika iya, maka Anda melakukan hal yang tepat. Pasalnya, ada banyak manfaat puasa untuk kesehatan yang sudah dibuktikan secara ilmiah. Nah, berikut ada delapan manfaat puasa bagi kesehatan yang telah teruji dan terbukti dengan penelitian.

buat jani dokter primaya

Mendukung Kontrol Gula Darah

Puasa meningkatkan pengendalian gula darah dengan mengurangi resistensi insulin, dapat membantu mencegah diabetes. Studi 2023 menemukan puasa intermiten 3 hari seminggu menurunkan risiko diabetes tipe 2 melalui peningkatan sensitivitas insulin. Ini mengurangi resistensi insulin, efisien mengangkut glukosa ke sel.

Dengan potensi penurunan gula darah, puasa menjaga stabilitas gula darah, mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah. Penelitian 2022 menyarankan bahwa puasa intermiten dan waktu makan terbatas mengurangi risiko sindrom metabolik, terkait diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Manfaat puasa bagi kesehatan yang kedua adalah dapat meningkatkan kesehatan dengan meredakan peradangan. Meskipun peradangan akut membantu melawan infeksi, peradangan kronis dapat berdampak serius, terkait dengan penyakit jantung, kanker, dan rheumatoid arthritis.

Penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat mengurangi peradangan; sebuah ulasan tahun 2022 menemukan bahwa puasa intermiten signifikan mengurangi kadar protein C-reaktif, penanda peradangan.

Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat puasa bagi kesehatan lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol. Sebagai penyebab utama kematian global, penyakit jantung dapat dikurangi dengan mengubah pola makan dan gaya hidup.

Baca Juga:  Altitude Sickness: Cara Mengatasi Penyakit yang Muncul di Ketinggian

Beberapa penelitian sudah menunjukkan manfaat potensial puasa dalam mendukung kesehatan jantung.

Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah gangguan neurodegeneratif. Meskipun mayoritas penelitian teruji pada hewan, temuan menunjukkan bahwa puasa memiliki efek positif pada kesehatan otak. Selain itu, efek meredakan peradangan dari puasa juga berkontribusi dalam pencegahan gangguan neurodegeneratif.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Puasa dapat bantu penurunan berat badan dengan membatasi kalori dan meningkatkan metabolisme. Eksperimen diet menunjukkan bahwa tidak mengonsumsi makanan tertentu dapat mengurangi asupan kalori, menyebabkan penurunan berat badan.

Studi tahun 2015 menyatakan puasa sepanjang hari dapat menurunkan berat badan hingga 9% dan lemak tubuh selama 12-24 minggu.

Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Hormon pertumbuhan manusia (HGH) adalah faktor kunci untuk kesehatan, termasuk pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan, dan kekuatan otot. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa alami dapat meningkatkan kadar HGH.

Terdapat sebuah artikel yang menyatakan jika puasa selama 37,5 jam tercatat dapat meningkatkan konsentrasi HGH basal sepuluh kali lipat dan mengurangi laju metabolisme saat tubuh membersihkan HGH.

Memberi Umur Panjang

Puasa memiliki potensi untuk memperpanjang umur, seperti hasil penelitian pada hewan menunjukkan. Studi tahun 2021 menemukan bahwa puasa berkala meningkatkan keragaman bakteri bermanfaat dalam mikrobioma usus manusia, termasuk spesies Christensenella yang terkait dengan umur panjang.

Baca Juga:  Mengenal Adenovirus yang Diduga Penyebab Hepatitis Akut

Penelitian tersebut juga mencatat peningkatan sirtuin, protein yang berperan dalam regulasi metabolisme dan terkait dengan umur panjang.

Membantu Mencegah dan Mengobati Kanker

Puasa intermittent, menurut sebuah ulasan dalam American Cancer Society Journal, dapat membantu dalam pencegahan dan pengobatan kanker dengan menurunkan pertumbuhan tumor dan toksisitas kemoterapi pada beberapa individu.

Meskipun demikian, fakta ini masih membutuhkan uji klinis berkualitas tinggi lebih lanjut, dan sebagai saran agar puasa intermiten hanya sebagai bagian dari uji klinis untuk pengobatan kanker, karena bisa berpotensi menimbulkan efek negatif tergantung pada situasi dan jenis kanker.

Ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan sehingga berpuasa bisa menjadi pilihan gaya hidup yang dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadikan puasa bukan hanya sebagai kewajiban agama saja melainkan juga gaya hidup sehat.

Mari berpuasa dan mengeksplorasi manfaat kesehatan yang mungkin dapat Anda nikmati!

Narasumber:

dr. Khoirul Fahrizal Rokim

Dokter Umum

Primaya Hospital Karawang

 

Referensi:

Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.