• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Cystoscopy, Deteksi Dini Masalah Kandung Kemih dan Uretra

Cystoscopy, Intip Langsung Kandung Kemih dan Uretra

Saluran kemih dan kandung kemih termasuk bagian tubuh yang rentan mengalami masalah kesehatan. Untuk mendeteksi dini masalah tersebut dan sekaligus mengatasinya, dokter bisa merekomendasikan cystoscopy baik pada pria maupun wanita.

Mengenal Cystoscopy

Cystoscopy adalah istilah untuk prosedur medis yang memungkinkan dokter melihat langsung kondisi kandung kemih dan uretra dengan kamera khusus yang disebut sistoskop. Uretra adalah saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh. Adapun sistoskop berupa tabung panjang dan tipis dengan kamera pada ujungnya yang akan dimasukkan ke saluran tersebut dalam prosedur ini.

buat jani dokter primaya

Cystoscopy bisa menjadi prosedur diagnosis untuk mengidentifikasi penyakit tertentu, misalnya penyempitan uretra, batu uretra dan kandung kemih, pembesaran prostat dan tumor. Tindakan penanganan untuk penyakit tersebut kadang juga bisa dilakukan bersamaan dengan diagnosis, antara lain pengangkatan batu uretra dan kandung kemih serta tumor. Dokter juga dapat menerapkan cystoscopy untuk keperluan evaluasi kondisi uretra dan kandung kemih berdasarkan gejala yang dialami pasien.

Siapa Saja yang Memerlukan

Pasien yang terdapat darah dalam urin, kesulitan buang air kecil (termasuk infeksi saluran kemih berulang), skrining maupun evaluasi keganasan dan cidera saluran kemih disarankan untuk menjalani sistoskopi

Kapan Seseorang Memerlukan Tindakan

Seseorang mungkin memerlukan cystoscopy ketika mengalami tanda dan gejala yang mengindikasikan adanya masalah pada kandung kemih atau saluran kemih. Gejala itu antara lain:

  • Ada darah tercampur dalam urin
  • Tidak dapat menahan buang air kecil, buang air kecil sering di malam hari, nyeri pada saat buang air kecil
  • Pancaran urin melemah, urin becabang, buang air kecil terputus-putus, buang air kecil mengedan dan urin menetes di akhir buang air kecil
  • Buang air kecil mengompol
Baca Juga:  Hilangkan Batu Ginjal dengan Sedikit Sayatan

Dalam cystoscopy, dokter akan berupaya mencari penyebab gejala itu dan mengatasinya. Cystoscopy juga dapat dilakukan ketika hasil pemeriksaan lain membutuhkan tindak lanjut untuk konfirmasi diagnosis (pemeriksaan urinalisa lengkap, sitologi urin, USG, CT Scan dan lain-lain)

Manfaat/Tujuan

Cystoscopy bermanfaat sebagai prosedur untuk mendiagnosis, memantau, dan mengatasi kondisi yang mempengaruhi kandung kemih dan saluran kemih. Di antaranya:

  • Menyelisik penyebab gejala dan tanda seperti urin dalam darah dan gangguan berkemih
  • Mendiagnosis kondisi dan penyakit kandung kemih, seperti batu, peradangan, dan tumor pada kandung kemih
  • Mengatasi penyakit kandung kemih, misalnya tumor yang berukuran kecil bisa sekaligus diangkat lewat prosedur ini
  • Mendiagnosis pembesaran prostat pada pria

Persiapan

Persiapan untuk menjalani cystoscopy bergantung pada tujuan pelaksanaan prosedur tersebut. Dokter mungkin meminta pasien untuk puasa sebelum prosedur bila membutuhkan pembiusan.

Dokter atau perawat akan menjelaskan prosedur ini dan pasien bisa bertanya jika ada yang belum dipahami. Pasien harus memberi tahu dokter jika ada alergi tertentu dan bila sedang mengonsumsi obat-obatan atau suplemen yang mungkin bisa mempengaruhi prosedur cystoscopy.

Prosedur dan Pelaksanaan Cystoscopy

Sebelum prosedur cystoscopy, pasien perlu mengosongkan dulu kandung kemihnya sesuai dengan instruksi dokter. Biasanya prosedur ini membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit. Setelah berganti pakaian dengan gaun rumah sakit, pasien akan diminta berbaring di meja operasi dan tim medis akan membersihkan area sekitar uretra.

Tergantung tujuan prosedur, pasien bisa mendapat anestesi lokal, umum, atau sedasi. Dokter akan memasukkan sistoskop ke kandung kemih dan mengamatinya lewat layar komputer yang terhubung dengan kamera pada alat tersebut. Jika perlu, dokter akan melakukan tindakan seperti pengambilan sampel (biopsi) atau pengangkatan batu kandung kemih.

Baca Juga:  Mengenal URS Cara Menghancurkan Batu Ginjal

Perawatan Pasca Cystoscopy

Seusai prosedur, pasien akan menjalani pemulihan di rumah sakit selama beberapa saat. Biasanya pasien tidak perlu menjalani rawat inap dan bisa langsung pulang pada hari yang sama jika tak ada tanda komplikasi.

Adakah Efek Samping

Cystoscopy adalah prosedur yang aman, tapi ada risiko infeksi pada saluran kemih, darah dalam urine, serta reaksi terhadap anestesi yang digunakan. Hubungi dokter bila ada gejala seperti:

  • Demam tinggi
  • Urine dalam darah lebih dari 48 jam
  • Nyeri lebih dari 48 jam

Cystoscopy di Primaya Hospital

Primaya Hospital memiliki layanan cystoscopy dengan berbagai tujuan sesuai dengan kebutuhan pasien. Bagi Primaya, kepuasan pasien adalah yang utama. Dengan tim medis yang berpengalaman dan terlatih serta teknologi dan fasilitas yang modern, Primaya adalah pilihan yang tepat untuk menjalani prosedur cystoscopy.

Narasumber:

dr. Riyan Adi Kurnia, Sp. U

Spesialis Urologi

Primaya Hospital Depok

Referensi:

  • Cystoscopy. https://medlineplus.gov/ency/article/003903.htm. Diakses 14 November 2023
  • Cystoscopy for Women. https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/cystoscopy-for-women. Diakses 14 November 2023
  • Cystoscopy. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK493180/. Diakses 14 November 2023
  • Flexible and Rigid Cystoscopy in Women. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3015938/. Diakses 14 November 2023
  • Cystoscopy for Men. https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=92&contentid=p07771. Diakses 14 November 2023
  • Cystoscopy. https://www.healthline.com/health/cystoscopy. Diakses 14 November 2023
  • The diagnostic utility of cystoscopy in assessing patients with persistent microscopic abnormalities of urinalysis. https://bnrc.springeropen.com/articles/10.1186/s42269-022-00777-1. Diakses 14 November 2023
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.