• Ambulance
  • 150 108
  • Chatbot

Mengenal Radang Amandel pada Anak dan Cara Mengobatinya

radang amandel pada anak

Radang amandel pada anak merupakan masalah yang sering dijumpai dengan berbagai gejala. Kondisi ini umumnya disebabkan infeksi bakteri. Anak dengan kondisi ini biasanya akan merasa tidak nyaman, terutama saat menelan makanan.

Sebenarnya radang amandel tidak hanya terjadi pada usia anak saja, tetapi juga bisa terjadi pada semua usia. Meskipun begitu, penyakit radang amandel adalah penyakit anak yang umum terjadi dengan berbagai faktor penyebabnya. 

buat jani dokter primaya

Berikut terdapat beberapa informasi yang penting untuk diketahui oleh orang tua seputar radang amandel yang terjadi pada anak, agar bisa mendapat penanganan yang tepat. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Radang Amandel?

radang amandel pada anak

Radang amandel adalah kondisi peradangan yang terjadi pada kelenjar kecil di tenggorokan. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya kerusakan selaput lendir yang penyebabnya karena terjadi infeksi bakteri dan virus pada kelenjar amandel.

Amandel adalah salah satu bagian dari sistem pertahanan tubuh, yang  memiliki tugas untuk melawan virus dan bakteri. Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, maka amandel bisa mengalami peradangan dan tidak berfungsi dengan baik.

Radang amandel pada anak adalah kondisi yang umum terjadi karena tubuhnya yang masih dalam masa pertumbuhan, sehingga anak lebih rentan dibandingkan orang dewasa. Oleh karena itu, penting mengetahui gejala dan penyebabnya.

Ketika anak mengalami radang amandel, tidak perlu panik. Ada beberapa cara mengatasinya agar kondisi peradangan ini bisa sembuh. Namun, terpenting ketahui terlebih dahulu gejala dan penyebabnya melalui uraian di bawah ini. Yuk simak!

Gejala Radang Amandel Anak 

gejala radang amandel pada anak

Perdagangan pada amandel umumnya ditandai dengan gejala area di tenggorokan terasa nyeri, apa phi pada saat menelan. Beberapa gejala lain ikut menyertai radang amandel yang perlu orang tua ketahui agar mendapat penanganan tepat.

Anak-anak yang mengalami penyakit radang amandel tidak disarankan minum air dingin dan bersoda. Hal ini akan membuat peradangan jadi parah, sebaiknya minum air hangat secara teratur. Berikut gejala anak dengan radang amandel, yaitu:

  • Warna amandel menjadi kemerahan
  • Lapisan putih dan kuning di area amandel
  • Pembengkakan di area kelenjar getah bening
  • Nafas mengeluarkan bau tidak sedap
  • Nafsu makan menjadi menurun
  • Demam, sakit kepala, dan perut
  • Nafas anak terdengar di gilir saat tidur

Jika anak menunjukkan gejala di atas, orang tua perlu mewaspadai anak terkena radang amandel. Penyakit peradangan ini memang tidak berisiko tinggi, namun penderitanya akan merasa tidak nyaman dan sakit pada tenggorokan.

Penyebab Radang Amandel pada Anak

penyebab radang amandel pada anak

Sebelum melakukan pengobatan dan pencegahan, ada baiknya ketahui dahulu penyebab utama radang amandel pada anak. Dengan begitu, orang tua bisa mengetahui faktor risiko yang meningkatkan terjadinya radang agar bisa dihindari.

Baca Juga:  Jenis Penyakit Kulit Anak Sering Muncul dan Cara Mengatasinya

Radang amandel atau tonsilitis adalah kondisi yang kerap menyerang anak-anak karena ukuran amandel anak lebih mudah membesar dari amandel orang dewasa. Adapun faktor penyebab terjadinya radang amandel adalah sebagai berikut:

1. Bakteri

Penyebab radang amandel yang paling umum adalah bakteri. Adapun jenis bakterinya yakni streptococcus pyogenes dan streptococcus beta hemolyticus. Ketika terjadi infeksi bakteri, maka amandel pada anak bisa mengalami peradangan.

Gejala yang mungkin muncul karena infeksi bakteri pada amandel anak seperti demam yang disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening, tetapi anak tidak mengalami pilek. Namun, anak biasanya akan kesulitan menelan makanan.

2. Virus

Sementara itu, penyebab anak terkena radang amandel karena virus akan menjalani gejala seperti batuk, bersin, dan hidung tersumbat. Hal ini disebabkan adanya infeksi virus seperti adenovirus, influenza, dan Epstein-Barr virus.

Penularan radang amandel atau tonsilitis bisa menyebar melalui udara berbentuk tetesan saat terinfeksi batuk, bersin, dan bernafas. Anak bisa terinfeksi setelah menghirup tetekan itu, menular lewat kulit, dan benda lain melalui mulut.

Cara Mengobati Radang Amandel Anak

mengobati radang amandel pada anak

Setelah mengetahui gejala dan penyebab radang amandel, maka orang tua bisa melakukan pengobatan untuk mengatasi kondisi ini. Salah satu penanganannya bisa dilakukan secara mandiri di rumah sesuai dengan penyebab radang amandel.

Jika radang amandel disebabkan oleh virus, biasanya kondisinya akan membaik dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Sedangkan, jika radang amandel disebabkan oleh bakteri, maka perlu pemberian obat antibiotik sesuai resep dokter.

Selain memberikan obat, ada beberapa langkah penanganan yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala radang amandel pada anak, yaitu di antaranya:

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat adalah cara paling efektif untuk memulihkan kondisi tubuh yang sedang sakit, termasuk penyakit radang amandel. Pastikan akan mendapatkan istirahat yang cukup hingga kondisinya berangsur terus membaik dan sembuh

2. Konsumsi Makanan Lembut

Radang amandel biasanya membuat efek nyeri ketika menelan sesuatu pada tenggorokan. Oleh karena itu, berikan anak makanan lembut dan mudah ditelan seperti bubur, sup, atau nasi tim, kemudian berikan minum air hangat.

3. Berkumur dengan Air Garam

Jika anak berusia di atas 6 tahun, berkumur dengan air haram menjadi salah satu cara mengobati radang amandel. Caranya tuangkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat, lalu diaduk. Kumur dengan larutan tersebut

Baca Juga:  Sering Membentak Anak? Kenali Dampaknya Pada Anak

4. Memperbaiki Kualitas Udara

Cara mengatasi radang amandel dengan memperbaiki kualitas udara di rumah. Jauhkan anak dari paparan polusi udara seperti debu dan asap rokok. Bila perlu gunakan humidifier untuk membuat udara menjadi lembab dan bersih.

5. Konsultasi dengan Dokter

Jika gejala radang amandel tidak kunjung membaik, maka konsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa anak lewat faktor penyebab peradangan. Jika diketahui radang amandel karena terinfeksi bakteri, maka perlu pemberian obat.

Cara Pencegahan Radang Amandel Anak

mencegah radang amandel pada anak

Apakah radang amandel bisa dicegah? Bisa, cara yang paling ampuh dengan menjauhkan anak-anak dari orang yang pernah mengidap radang amandel atau sakit tenggorokan. Sebab, penyakit bisa menular lewat cairan bersin atau batuk.

Selain itu, cara mencegah radang amandel pada anak-anak dengan mengatur pola makan sehat dan seimbang. Kemudian hindari jajanan  yang mengandung pengawet dan penyedap rasa, serta makanan yang digoreng atau berminyak.

Meskipun pada mumunya radang amandel terjadi pada anak-anak usia 3-7 tahun. Namun, peradangan ini juga bisa terjadi pada orang dewasa sehingga penting untuk melakukan pencegahan. Tujuannya agar tidak terkena radang amandel.

Kapan Anak harus dibawa ke Dokter?

radang amandel pada anak

Jika menemukan gejala peradangan pada amandel anak, segera bawa dna periksa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan juga pemeriksaan. Jika kondisinya ringan, dokter akan memberi saran untuk pengobatan di rumah.

Jika radang amandel sudah parah, dokter akan memberikan obat untuk meringankan gejala peradangan. Agar kondisi cepat membaik, maka terapkan gaya hidup sehat dan melakukan apa yang dianjurkan oleh dokter untuk kesembuhan.

Demikian informasi seputar radang amandel pada anak yang tidak boleh disepelekan. Peradangan pada tenggorokan ini membuat akan tidak nyaman, sehingga perlu pengobatan agar kondisinya membaik dan sembuh total.

 

Reviewed by

drAdetha Hervitri

Dokter Umum

Primaya Hospital Bekasi Utara

Referensi:

  • Tonsillitis. https://www.uofmhealth.org/health-library/ut1026. Diakses pada 15 Juni 2023.
  • Tonsillitis. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tonsillitis/symptoms-causes/syc-20378479. Diakses pada 15 Juni 2023.
  • Tonsillitis. https://kidshealth.org/en/parents/tonsillitis.html. Diakses pada 15 Juni 2023.
  • Pediatric Tonsillitis. https://www.childrens.com/specialties-services/conditions/tonsillitis. Diakses pada 15 Juni 2023.
  • Tonsillitis. https://www.rch.org.au/kidsinfo/fact_sheets/Tonsillitis/. Diakses pada 15 Juni 2023.
Bagikan ke :

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.