• Emergency
  • 150 108

Cara Cepat Menambah Berat Badan

Cara Cepat Menambah Berat Badan

Ketika banyak orang merasa kesulitan menurunkan berat badan, ada pula yang masih mencari-cari cara cepat menambah berat badan. Bagi beberapa orang, memiliki berat badan yang ideal dan sesuai memang bukanlah perkara yang gampang. Ada beragam faktor yang mempengaruhi tinggi-rendahnya berat badan seseorang. Yang pasti, baik kelebihan maupun kekurangan berat badan tidak baik untuk kesehatan.

 


Apa Penyebab Badan Yang Kurus Sulit Naik?

Secara teori, berat badan seseorang akan cenderung bertambah sesuai dengan bertambahnya jumlah kalori yang dikonsumsi, namun pada kenyataannya tak sedikit orang yang berpostur tubuh kurus meski makan banyak makanan tinggi kalori dan minum susu atau minuman padat kalori. Peran faktor genetik, nutrisi, dan perilaku dapat menjelaskan mengapa terjadi banyak perbedaan bentuk tubuh pada orang-orang. Terlepas dari diterapkannya beragam cara cepat menambah berat badan, bila ada salah satu faktor tersebut, berat badan seseorang cenderung sulit bertambah.

Penelitian pada 2019 yang dipublikasikan di PLOS Genetics yang membandingkan 1.622 orang sehat dengan indeks massa tubuh rendah terhadap 1.985 orang yang menderita obesitas derajat tinggi dan 10.433 orang yang berbobot normal mendapati kaitan antara DNA/genetik dengan obesitas. Dari riset itu, partisipan yang kurus memiliki lebih sedikit gen yang terkait dengan obesitas.

Jumlah nutrisi yang dikonsumsi setiap hari juga berpengaruh terhadap perubahan berat badan. Dan dipengaruhi faktor jumlah, frekuensi dan jenis makanan. Seseorang mungkin tampak makan banyak tiap hari, tapi hanya pada satu waktu, misalnya saat makan siang saja. Di luar waktu itu, ia tidak makan camilan dan tidak mengkonsumsi minuman tinggi kalori, dan mungkin saja juga tidak makan malam karena berbagai alasan sehingga jumlah kalori yang dikonsumsi secara total juga tidak berlebih dan berat badannya tak kunjung meningkat.

Adapun contoh faktor perilaku antara lain banyaknya kegiatan fisik sehingga banyak pula kalori yang terbakar. Kegiatan ini bukan selalu olahraga. Aktivitas yang membutuhkan banyak gerak tiap hari juga memerlukan energi dari kalori, seperti mobilitas, pekerjaan di lapangan, pekerjaan rumah tangga yang berhubungan dengan banyak pergerakan dan mengasuh anak yang aktif.

Selain faktor tersebut, ada kemungkinan orang mengalami penyakit kronis yang berpotensi meningkatkan laju metabolisme. Misalnya kencing manis, kanker, AIDS, gangguan tiroid, dan infeksi tuberkulosis (flek paru). Stres juga dapat membuat orang melupakan waktu makan sehingga tampak kurus.

 

Cara Efektif Menambah Berat Badan yang Aman Dan Sehat

Cara yang efektif dalam menambah berat badan bagi yang bertubuh kurus dan kurang ideal adalah mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh setiap hari dengan makanan yang sesuai dan dengan jenis dan frekuensi yang mendukung kesehatan sehingga cara ini tidak justru mendatangkan penyakit sehingga asupan zat gizi inti (karbohidrat, protein dan lemak) yang seimbang dengan vitamin, mineral, dan lemak esensial yang cukup perlu menjadi perhatian termasuk juga Asupan air minum yang cukup dan memadai.

 

Baca Juga:  Pentingnya Gizi Seimbang

Berikut ini rincian cara efektif dan sehat  menambah berat badan yang aman dan sehat:

1. Makan dalam porsi lebih banyak

Tambahkan porsi yang lebih banyak daripada biasanya, misalnya biasanya lauk sarapan satu telur kini jadi dua. Lalu jika sebelumnya tidak pernah makan makanan penutup kini ditambahkan pencuci mulut atau dessert di meja makan, seperti puding, es krim, atau buah-buahan segar.

2. Makan sedikit tapi sering

Strategi ini dapat diterapkan pada individu yang mengalami kesulitan dalam mengkonsumsi porsi banyak dalam satu waktu dan dapat dicoba makan dalam porsi yang lebih sedikit namun dengan frekuensi yang lebih sering (diatas 3 kali sehari), termasuk makanan ringan. Cobalah makan setiap dua atau tiga jam sekali, tentu dengan kandungan nutrisi yang seimbang di tiap kesempatan makan.

3. Makan camilan sehat

Camilan yang mengandung banyak nutrien seperti kacang-kacangan, sereal, buah kering, biskuit susu, roti gandum, dan yogurt bisa dikonsumsi di sela-sela makan utama. Camilan jenis ini tidak hanya memberikan tambahan kalori yang pas, tapi juga protein, vitamin, mineral, terutama kalsium dan zat besi yang baik untuk kesehatan.

4. Minum minuman bernutrisi

Selain air putih biasa, minumlah minuman bernutrisi tinggi seperti susu, jus buah, dan smoothie. Tambahkan susu full cream dan yogurt dalam smoothie untuk meningkatkan asupan kalori dengan kandungan nutrisi yang tetap bermanfaat.

5. Sertakan lemak sehat

Penggunaan tambahan lemak dapat meningkatkan asupan kalori secara signifikan, namun utamakan makanan yang mengandung jenis lemak sehat seperti ikan salmon, alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan dan minyak zaitun/canola/sunflower.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Berat badan ideal orang berusia di atas 18 tahun biasanya dihitung menggunakan indeks massa tubuh atau IMT. IMT lalu dibandingkan dengan tabel yang disusun oleh WHO yang disesuaikan dengan masyarakat Asia (termasuk Indonesia).

Baca Juga:  Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa di Tengah Corona Covid-19

Tabel IMT WHO

  • Di bawah 18,5 = kekurangan berat badan
  • 18,5-22,9 = berat badan normal
  • 23,0-24,9 = overweight/pra-obesitas
  • 30,0-34,9 = obesitas kelas I
  • 35,0-39,9 = obesitas kelas II
  • Di atas 40 = obesitas kelas III

Untuk mengetahui IMT seseorang, harus diketahui dulu berat badan dan tinggi badan orang tersebut dan dilakukan penghitungan supaya mengetahui seseorang dikatakan kurang berat badannya atau tidak.

 

Tips Menjaga Berat Badan Ideal

Memastikan berat badan ideal sangatlah penting untuk menjauhkan diri dari risiko masalah kesehatan. Menghitung kalori dari tiap makanan dan minuman mungkin merepotkan. Berikut ini tips sederhana yang bisa dicoba untuk menjaga berat badan ideal:

  • Terapkan gaya hidup aktif setiap hari. Misalnya memilih memakai tangga daripada lift. Lalu biasakan olahraga setidaknya 20 menit tiap hari.
  • Pilih makanan sehat yang mengandung nutrisi seimbang, termasuk buah dan sayuran, untuk menjaga gizi seimbang.
  • Minum air putih yang cukup setiap hari, hindari terlalu banyak minuman dengan gula, terutama jika memiliki berat badan berlebih
  • Kendalikan stres agar selera dan pola makan tak terpengaruh.
  • Tidur setidaknya 8 jam tiap hari karena ada kecenderungan orang yang kurang tidur akan makan lebih banyak saat terjaga.

 

Perlukah Konsultasi ke Dokter?

Demi keamanan dan kesehatan, berkonsultasilah dengan dokter spesialis gizi untuk mencari cara efektif nan sehat dalam menambah berat badan. Orang yang sulit gemuk tidak selalu disebabkan oleh penyakit. Dokter spesialis gizi bisa membantu merencanakan program pengaturan pola makan untuk menambah berat badan secara sehat dan aman sesuai dengan kondisi dan kebutuhan individu.

 

Reviewed by

dr. Andry Kelvianto M.Gizi, SpGK, AIFO-K

Dokter Spesialis Gizi Klinik

Primaya Hospital Bekasi Timur

Referensi:

  • Genetic architecture of human thinness compared to severe obesity. https://journals.plos.org/plosgenetics/article?id=10.1371/journal.pgen.1007603. Diakses 12 Juli 2022
  • Why do some people never gain weight?. https://www.livescience.com/llm-never-gain-weight.html. Diakses 12 Juli 2022
  • Difficulty Gaining Weight and What to Do About It. https://www.healthline.com/health/why-cant-i-gain-weight. Diakses 12 Juli 2022
  • A healthy lifestyle – WHO recommendations. https://www.who.int/europe/news-room/fact-sheets/item/a-healthy-lifestyle—who-recommendations. Diakses 12 Juli 2022
  • Obesity and overweight. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/obesity-and-overweight. Diakses 12 Juli 2022
  • Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Standar Antropometri Anak. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf. Diakses 12 Juli 2022
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.