• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Menu Sehat Berbuka dengan Kandungan Gizi yang Lengkap

Menu Sehat untuk Berbuka Selama 1 Minggu Lengkap dengan Kandungan Gizinya

buat jani dokter primaya

Selama berpuasa, tubuh sangat membutuhkan makanan dengan nutrisi seimbang. Agar hal itu tercapai, ketahui apa saja menu sehat untuk berbuka selama 1 minggu yang berasal dari bahan-bahan pilihan.

Tenang saja, makanan sehat tidak selalu dibanderol dengan harga mahal. Bahkan Anda bisa mendapatkan makanan sehat dari bahan-bahan yang ada di sekitar.

Daftar Menu Sehat untuk Berbuka Selama 1 Minggu

Salah satu masalah paling umum yang dirasakan orang berpuasa adalah tubuh terasa lemas. Agar tidak sampai mengalaminya, Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi saat berbuka. Penasaran apa saja itu? Simak rekomendasinya pada ulasan berikut:

1. Nasi Merah Cakalang Bakar

Di dalam nasi merah terdapat berbagai kandungan baik berupa vitamin B1, B2, B3, dan B6, serta mineral seperti selenium, magnesium, dan zat besi. Berkat kandungan tersebut, nasi merah dapat mendukung metabolisme energi, fungsi sistem saraf, dan pembentukan sel darah merah.

Tidak kalah dengan nasi merah, ikan cakalang juga mengandung banyak nutrisi baik, mulai dari asam lemak omega-3, asam dokosaheksaenoat (DHA), asam eikosapentaenoat (EPA), zat besi, tinggi protein, vitamin B12, D, C, dan sebagainya.

Berbuka dengan nasi merah dan ikan cakalang sangat membantu mengontrol tekanan darah tinggi serta menurunkan kolesterol tubuh.

2. Cah Caisim Tauco

Nama caisim mungkin masih asing bagi banyak orang, tetapi sebenarnya caisim merupakan salah satu sayuran favorit banyak orang. Istilah tersebut merupakan sebutan lain dari sawi hijau yang kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, C, K, potasium, kalsium, antioksidan, dan fosfor.

Kandungan nutrisinya semakin tinggi saat dipadukan dengan tauco. Sebab, di dalamnya terkandung protein, zat besi, seng, tembaga, dan fosfor. Sebagai informasi, tauco sendiri adalah produk fermentasi dari kedelai yang sering masyarakat manfaatkan sebagai bumbu masakan.

Baca Juga:  Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Mengonsumsi cah caisim tauco sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan proses detoksifikasi tubuh, baik bagi penderita kadang gula tinggi, dan mencegah penuaan dini.

3. Cah Bayam Jamur Tiram

Bayam merupakan sayuran hijau favorit sejuta umat. Meski harganya tergolong murah, tetapi kandungan nutrisinya sangat baik untuk kesehatan tubuh, beberapa di antaranya yaitu vitamin A, C, K, antioksidan, zat besi, serat, dan folat.

Untuk menambah citarasa dan memperkaya kandungan nutrisinya, masak cah bayam dengan campuran jamur tiram. Di dalam jamur tiram terdapat kandungan berupa serat, fosfor, kalsium, karbohidrat, lemak, protein, dan kalori.

Mengonsumsinya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, memperkuat sistem imun, mengontrol kadar gula darah, memperlambat pertumbuhan kanker, dan menyehatkan mata.

4. Tumis Tofu Brokoli Hoisin

Tofu atau tahu bermanfaat untuk mengontrol gula darah memelihara fungsi dan kesehatan otak, menghambat sel kanker, mencegah anemia, dan menjaga berat badan. Manfaat baik tersebut muncul karena kandungan baik di dalamnya yaitu protein, lemak, karbohidrat, vitamin B, E, asam lemak jenuh, dan kolin.

Sementara itu, brokoli mengandung kalium, serat, dan antioksidan. Manfaatnya Pun juga banyak, mulai dari mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil, baik untuk memelihara kesehatan jantung, dan sebagainya.

Berdasarkan manfaat tersebut, tumis tahu brokoli hoisin merupakan menu buka puasa yang kaya akan nutrisi yang cocok untuk masuk ke dalam daftar menu makan harian.

5. Setup Buah Sarang Burung

Selanjutnya, ada setup buah sarang burung yang biasa menjadi pilihan minuman menyehatkan. Buah memiliki kandungan baik yang membantu menjaga kesehatan tubuh, mulai dari vitamin A, B, B1, B6, C, serat, antioksidan.

Memadukannya dengan sarang burung membuat minuman satu ini semakin kaya nutrisi. Bagaimana tidak, di dalam sangkar burung terdapat kandungan karbohidrat, sedikit lemak, protein, fosfor, dan glikoprotein Dengan mengonsumsi dapat mendukung kinerja organ tubuh dan mencegah radikal bebas.

Baca Juga:  Asupan Gizi Sehat Selama Berpuasa di Tengah Pandemi Covid-19

6. Sup Sayur

Berbuka puasa paling enak mengonsumsi makanan berkuah, salah satu rekomendasinya adalah sup sayur. Di dalam sayur terdapat potasium, asam folat, serat makanan,vitamin A, C, E, dan lain sebagainya.

Mengonsumsinya dapat mengurangi stres berlebih, memperlancar buang air besar, mencegah penyakit jantung, sebagai sumber energi, dan menjaga kesehatan mata.

7. Oatmeal

Alasan mengapa oatmeal masuk ke dalam daftar makanan sehat yang cocok untuk berbuka adalah mengandung nutrisi baik. Nutrisi tersebut berupa karbohidrat, serat pangan, asam lemak tak jenuh, kalium, fosfor, dan protein.

Oatmeal sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai makanan berbuka jika ingin menjaga kadar kolesterol, menjaga berat badan, melancarkan pencernaan, melembabkan sekaligus mencerahkan kulit.

Itulah menu sehat untuk berbuka selama 1 minggu sebagai inspirasi para ibu jika bingung ingin menyajikan masakan apa untuk berbuka puasa.

Narasumber:

dr. Andry Kelvianto M.Gizi, Sp. GK, AIFO-K

Spesialis Gizi Klinik

Primaya Hospital Bekasi Timur

Referensi:

Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.