• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Jenis Buah untuk Kesehatan Jantung yang Baik Dikonsumsi Rutin

buah untuk kesehatan jantung

Ada banyak jenis buah untuk kesehatan jantung yang dapat Anda konsumsi setiap harinya. Buah-buahan merupakan bagian dari cara menerapkan pola makan sehat untuk menjaga kesehatan jantung dan organ lainnya dalam tubuh.

Penyakit jantung masih menjadi ancaman cukup besar, bahkan jumlah pengidapnya semakin meningkatkan setiap tahunnya. Oleh karena itu, perlu upaya mencegah penyakit jantung. Salah satu caranya dengan asupan makanan yang sehat.

buat jani dokter primaya

Konsumsi buah menjadi penunjang dalam mencegah kerusakan fungsi jantung. Kandungan nutrisi dalam buah berkhasiat menjaga jantung sehat. Lalu, buah apa yang sebaiknya Anda konsumsi untuk kesehatan jantung? Berikut informasinya.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung

buah untuk kesehatan jantung

Jantung adalah organ vital yang memiliki fungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Organ ini akan bekerja terus menerus tanpa henti dan perlu upaya untuk menjaga kesehatannya. Jika terjadi kerusakan organ jantung, maka sangat beresiko.

Saat ini penyakit jantung dapat menimpa siapa, termasuk usia muda. Meskipun serangan jantung dan kondisi jantung lainnya sering menemukannya pada usia di atas 60 tahun. Namun, usia 20 tahun juga perlu mewaspadai penyakit jantung.

Penyakit jantung di usia muda biasanya terjadi akibat dari gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan tidak terjaga dengan baik yang terus dilakukan bertahun-tahun. Kebiasaan itu dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan jantung.

Oleh sebab itu, penting menjaga kesehatan jantung dengan mengubah pola hidup lebih sehat karena bisa menjadi investasi penting sampai masa tua nanti. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung dengan konsumsi buah-buahan segar.

Rekomendasi Buah untuk Kesehatan Jantung

buah untuk kesehatan jantung

Penambahan menu buah-buahan pada pola makan memiliki efek yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk jantung. Selain kandungan serat tinggi, buah-buahan juga memiliki kandungan nutrisi penting untuk jantung tetap sehat.

Berikut rekomendasi jenis buah untuk kesehatan jantung yang dapat dikonsumsi setiap hari. Buah-buahan ini dapat dimasukkan ke dalam menu diet sehat Anda, di antaranya:

1. Apel

Apel terdapat kandungan pektin dan quercetin yang bermanfaat bagi kesehatan  jantung. Kedua senyawa ini berperan menurunkan kadar kolesterol tinggi yang berpotensi merusak pembuluh darah penyebab risiko penyakit jantung.

2. Jeruk

Jeruk merupakan buah sehat untuk jantung, kandungan kalium yang cukup dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, jeruk juga terdapat antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung seperti fenolik dan karotenoid.

3. Alpukat

Kandungan asam oleat pada alpukat, yaitu sejenis asam lemak tidak jenuh tunggal mampu membantu mengurangi peradangan terutama di jantung. Ditambah kandungan kalium yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga:  Macam-Macam Penyakit Jantung Bawaan yang Tidak Boleh Diremehkan

4. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang tinggi antioksidan, serta kalium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Konsumsi pepaya rutin dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko penyakit jantung.

5. Buah Berry

Buah berry seperti strawberry, raspberry atau blueberry memiliki kandungan anthocyanin yang dapat melindungi tubuh dari peradangan pemicu risiko penyakit jantung. Konsumsi buah berry rutin bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

6. Delima

Delima merupakan jenis buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi yang dapat menurunkan kolesterol penyebab stroke dan sakit jantung. Buah delima bisa Anda masukkan ke dalam menu makanan diet sehat untuk jantung.

7. Anggur

Kandungan resveratrol dan polifenol pada buah anggur bermanfaat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Kedua antioksidan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga buah anggur baik dikonsumsi secara rutin.

8. Manggis

Buah manggis terutama kulitnya memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Pada kulit manggis terdapat kandungan xanthones, yaitu antioksidan yang dapat mengurangi penumpukan lemak dalam pembuluh darah.

9. Aprikot

Buah aprikot mengandung flavonoid, yaitu antioksidan bentuk asam katekin, kuersetin, dan klorogenti. Senyawa ini bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas sehingga penyakit jantung dapat dihindari dengan konsumsi buah aprikot.

10. Tomat

Tomat merupakan jenis buah yang sering digunakan untuk masakan. Buah ini mengandung lycopene, sejenis senyawa karotenoid yang dipercaya mampu menurunkan risiko hipertensi, mencegah stroke, dan melawan berbagai penyakit jantung.

Itulah beberapa jenis buah untuk kesehatan jantung yang bagus untuk dikonsumsi secara rutin Selain itu, perhatikan juga gaya hidup yang berisiko untuk keshetaan penyakit. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan jantung dari sejak dini?

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

menjaga kesehatan jantung

Menjaga pola makan sehat saja tidak cukup mencegah penyakit jantung. Perlu menerapkan gaya hidup yang tepat agar jantung dan pembuluh darah kesehatannya terjaga. Berikut gaya hidup untuk menjaga kesehatan jantung:

1. Berhenti Merokok

Merokok memiliki efek yang buruk bagi kesehatan jantung, begitu pula dengan perokok pasif (menghirup asap rokok) juga lebih berisiko. Zat pada rokok dapat merusak pembuluh darah jantung, akibatnya fungsi jantung bisa terganggu.

2. Olahraga Secara Rutin

Cara mencegah penyakit jantung selanjutnya sempatkan melakukan olahraga rutin sekitar 20-30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki, renang, dan aktivitas fisik lainnya. Aktif secara fisik atau olahraga dapat menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga:  Seberapa Bahaya Penyumbatan Jantung?

3. Mengurangi Lemak Jenuh

Lemak jenuh atau lemak trans merupakan lemak jahat yang dapat meningkatkan kolesterol dalam darah. Kolesterol yang menumpuk dapat menyumbat pembuluh darah. Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan mengandung lemak jenuh.

4. Konsumsi Banyak Serat

Makanan berserat dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Makanan berserat diperoleh dari sayuran, buah-buahan, dan kacang. Ketika makan berserat sebaiknya banyak minum air putih agar pencernaan lancar.

5. Menjaga Tekanan Darah

Cara menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah menjaga tekanan darah. Ketika tekanan darah tinggi berisiko pecahnya pembuluh darah yang dapat berakibat fatal pada jantung dan otak. Oleh karena itu, penting menjaga tekanan darah.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Ketika kadar gula darah tinggi berisiko terkena diabetes, serta dapat merusak pembuluh darah dan saraf pengendali jantung. Oleh karena itu, konsumsi makanan rendah gula atau kurangi asupan gula untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Istirahat yang Cukup

Tidur malam yang cukup selama 7-8 jam setiap hari merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan tubuh, termasuk jantung. Kurang beristirahat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit hipertensi, diabetes, dan serangan jantung.

Kapan Harus Pemeriksaan Kesehatan Jantung?

pemeriksaan kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang penting untuk mencegah penyakit jantung. Salah satu upaya dapat dilakukan dengan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Selain itu, dapat melakukan pemeriksaan kesehatan jantung.

Ada beberapa pemeriksaan kesehatan jantung, seperti pemeriksaan riwayat kesehatan menyeluruh, memeriksa kesehatan kardiovaskular, memeriksa tekanan darah, kadar gula darah, dan faktor risiko yang memicu penyakit jantung.

Menurut American Heart Association, pemeriksaan kesehatan jantung dapat dilakukan saat usia 20 tahun. Pemeriksaan dilakukan dokter spesialis jantung. Adapun jangka waktunya setiap 2-4 tahun sekali jika tidak mengalami gejala.

Konsumsi buah untuk kesehatan jantung adalah salah satu cara agar jantung dan pembuluh darah tetap sehat. Ditambah menjaga pola makan dan mengubah gaya hidup sehat menjadi faktor penting untuk mencegah penyakit jantung.

 

Reviewed by

dr. Bary iskandar

Dokter – Primaya Hospital Betang Pambelum

Referensi:

  • 12 Heart-Healthy Foods to Work into Your Diet. https://health.clevelandclinic.org/12-heart-healthy-foods-to-work-into-your-diet/. Diakses pada 8 Juni 2023.
  • 15 Incredibly Heart-Healthy Foods. https://www.healthline.com/nutrition/heart-healthy-foods. Diakses pada 8 Juni 2023.
  • Dietary Strawberries Improve Cardiometabolic Risks in Adults with Obesity and Elevated Serum LDL Cholesterol in a Randomized Controlled Crossover Trial. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/33922576/. Diakses pada 8 Juni 2023.
Bagikan ke :

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.