• Emergency
  • 150 108

Tahukah Kamu Cara Kerja Jantung Manusia

Tahukah Kamu Cara Kerja Jantung Manusia

Cara kerja jantung tidaklah rumit. Organ yang ukurannya hanya sebesar kepalan tangan ini bekerja dengan cara memompa darah ke seluruh tubuh. Tapi, walau kecil dan sederhana, jantung berperan sangat vital dalam sistem tubuh manusia. Sedikit saja kerusakan pada jantung dapat mempengaruhi tubuh secara keseluruhan.

 


Mengenal Cara Kerja Jantung

Jantung adalah organ berotot yang menjadi pusat peredaran darah. Sistem ini terbangun dari jaringan pembuluh darah, seperti arteri, vena, dan kapiler, yang membawa darah dari dan ke semua organ tubuh. Darah ini mengandung oksigen dan nutrien yang dibutuhkan organ agar bisa bekerja dengan baik. Darah juga membawa karbon dioksida ke paru-paru agar dapat dikeluarkan lewat sistem pernapasan. Jantung memiliki empat katup yang membuka-menutup untuk menjaga darah mengalir sesuai dengan tujuannya.

Keempat katup itu menghubungkan empat ruang yang menerima dan mendistribusikan darah dalam sistem cara kerja jantung. Empat ruang itu adalah dua bilik dan dua serambi masing-masing di bagian kiri dan kanan jantung. Untuk memompa darah, keempat ruang bergantian berkontraksi dan mengendur ketika mengalirkan darah. Agar dapat berkontraksi secara teratur dan stabil, jantung memerlukan sistem kelistrikan yang memicu detak jantung. Sistem itu sekaligus menjadi sumber daya yang sangat penting dalam cara kerja jantung.

Aliran darah yang normal memiliki siklus tubuh-jantung-paru-jantung-tubuh. Darah pada awalnya beredar di tubuh, lalu masuk ke serambi kanan dan menuju bilik kanan jantung. Jantung lalu memompa darah ke paru-paru untuk mendapatkan oksigen dan membuang karbon dioksida. Dari paru-paru, darah yang telah kaya oksigen dikembalikan ke jantung lewat serambi kiri yang lalu mengalirkannya ke bilik kiri untuk kemudian dipompa ke seluruh tubuh lagi, termasuk otak. Siklus ini berjalan secara terus-menerus selama 24 jam sehari dalam rupa detak jantung yang dapat diukut.

 

Siapa Saja yang Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Pada dasarnya, semua orang yang tak menjalani pola hidup tak sehat berisiko terkena penyakit jantung. Terlebih bila sudah ada riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung atau ada penyakit jantung bawaan. Pola hidup tak sehat bisa memicu beragam masalah kesehatan yang pada akhirnya mengganggu cara kerja jantung. Contohnya:

Baca Juga:  Jantung Berdetak Sangat Kencang, Apa yang Harus Dilakukan?

Tekanan darah tinggi: bila tekanan darah di dalam arteri tinggi, aliran darah akan terganggu.

Kadar kolesterol tinggi: kolesterol yang terlalu banyak di dalam tubuh bisa menyumbat arteri dan menghalangi pasokan darah ke jantung.

Diabetes: diabetes menyebabkan tumpukan glukosa di dalam darah.

Obesitas: obesitas alias kelebihan berat badan berkaitan dengan tingginya kadar kolesterol dan gula darah.

Pola hidup yang memicu risiko penyakit jantung itu antara lain sering makan makanan tak sehat, misalnya junk food atau gorengan. Minuman yang mengandung banyak gula dan sodium juga bisa menjadi pemicu. Demikian pula kebiasaan merokok. Selain itu, orang yang jarang bergerak aktif memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah-masalah tersebut.

 

Fungsi Jantung Dalam Tubuh

Hanya ada empat fungsi utama dalam cara kerja jantung manusia, yakni:

  • Menerima darah yang belum terisi oksigen serta mengandung limbah dan karbon dioksida, lalu memompanya ke paru-paru untuk dibersihkan dan diisi oksigen
  • Memompa darah yang telah terisi oksigen ke bagian tubuh lain
  • Memompa hormon dan zat penting lain ke organ tubuh lain
  • Menjaga tekanan darah

 

Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Karena jantung adalah salah satu organ yang paling esensial, penting untuk memahami cara kerja jantung sekaligus bagaimana menjaga kesehatannya. Sebab, penyakit jantung adalah pemicu kematian paling utama secara global, baik pria maupun wanita. Ada beberapa jenis penyakit jantung yang harus lebih diwaspadai karena tingkat bahayanya, antara lain:

Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner adalah salah satu jenis penyakit jantung yang paling umum. Penyakit yang juga dikenal sebagai penyakit arteri koroner ini terjadi ketika plak menumpuk di dinding arteri koroner dan membatasi aliran darah ke otot jantung hingga akhirnya menyebabkan serangan jantung.

Baca Juga:  3 Jenis Serangan Jantung yang Perlu Diwaspadai

Aritmia

Aritmia juga salah satu masalah jantung yang paling sering terjadi. Aritmia berkaitan dengan sistem kelistrikan jantung. Orang yang mengalami aritmia akan merasa detak jantungnya terlampau cepat, terlampau lambat, atau tak teratur. Cara kerja jantung memompa darah akan terganggu bila ada masalah aritmia.

Penyakit katup jantung

Jantung mempunyai empat katup yang bekerja seiring-sejalan untuk memastikan darah dipompa ke arah yang sesuai. Kadang katup bermasalah karena berbagai hal, antara lain katup tak bisa menutup atau membuka secara sempurna. Penyakit yang terkenal dengan sebutan jantung bocor mengacu pada masalah katup ini.

Gagal jantung

Gagal jantung bukan berarti cara kerja jantung berhenti sepenuhnya karena gagal. Penyakit ini mengacu pada kondisi ketika kemampuan pemompaan jantung tak memadai sehingga tubuh tak mendapat darah dan oksigen sesuai dengan kebutuhannya. Gagal jantung kerap menjadi komplikasi penyakit jantung lain, termasuk penyakit jantung koroner.

 

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Cara menjaga kesehatan jantung sebetulnya sederhana. Beberapa langkah berikut ini bisa membantu Anda mengurangi risiko mengalami penyakit jantung:

  • Banyak makan makanan menyehatkan yang mencakup buah, sayuran, gandum utuh, serta ikan.
  • Setidaknya bergerak aktif selama 30 menit-1 jam sehari. Jalan santai atau naik-turun tangga bisa dijadikan alternatif olahraga yang mudah dilakukan.
  • Mengontrol berat badan yang proporsional
  • Berhenti merokok
  • Konsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter untuk hipertensi, diabetes, atau kolesterol tinggi

Untuk lebih memahami cara kerja jantung dan faktor risiko sekaligus cara mencegah penyakit jantung, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit jantung. Pemeriksaan bisa sekaligus dilakukan untuk menilai kondisi jantung Anda.

 

Narasumber:

dr. Fachmi Ahmad M,Sp.JP.FIHA

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Primaya Hospital Bekasi Barat

 

Referensi

https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/how-heart-works

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6023278/

https://www.heart.org/en/health-topics/congenital-heart-defects/about-congenital-heart-defects/how-the-healthy-heart-works

 

Bagikan ke :

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.