• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Tips Aman Makan Daging Sapi untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Tips Aman Makan Daging Sapi untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Daging sapi adalah sumber protein yang sangat baik untuk tubuh kita. Akan tetapi terdapat pula kandungan kolesterol dari daging ini yang berbahaya untuk kesehatan. Seseorang dengan kadar kolesterol tinggi disarankan menghindari makan daging karena khawatir kolesterolnya akan meningkat. Tapi sebenarnya kita tetap dapat mengonsumsi daging sapi walaupun memiliki masalah kolesterol asalkan dalam batas wajar.

 


Mengenal Kolesterol

Setiap orang memiliki kolesterol dalam tubuhnya. Bahkan zat ini punya fungsi penting dan bisa ditemukan dalam semua sel di tubuh. Tubuh dapat memproduksi kolesterol sendiri melalui organ hati. Ketika ada jaringan yang rusak, tubuh akan melepas kolesterol masuk ke aliran darah menuju area tubuh yang rusak, danmemperbaiki kerusakan tersebut.

Terdapat dua jenis kolesterol:

  • Lipoprotein kepadatan rendah (LDL): disebut juga kolesterol jahat karena bisa menempel dan menumpuk di dinding pembuluh darah, lalu mengendap hingga mempersempit atau menyumbat aliran darah.
  • Lipoprotein kepadatan tinggi (HDL): dikatakan sebagai kolesterol baik lantaran membawa kolesterol jahat keluar dari pembuluh darah dan kembali ke hari untuk meningkatkan kekuatan jantung.

Kolesterol tidak selalu buruk untuk kesehatan. Kolesterol menjadi berbahaya jika kadarnya terlalu banyak dalam tubuh. Kadar kolesterol tinggi berpotensi menyebabkan masalah pada pembuluh darah. Dapat terjadi penyempitan pembuluh darah, bahkan pembuluh darah tersumbat sepenuhnya oleh endapan kolesterol serta zat lain. Akibatnya, fungsi organ vital yang memerlukan pasokan darah akan terganggu, seperti jantung, paru-paru, dan otak.

Dalam jangka panjang, masalah pembuluh darah ini dapat memicu serangan jantung atau stroke jika endapan pecah dan menyebankan gumpalan darah yang menghentikan aliran darah sepenuhnya. Setiap orang seyogianya menghindari kadar kolesterol tinggi dengan menerapkan gaya hidup sehat dan aktif untuk mencegah penyakit mematikan tersebut.

Seseorang bisa juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi karena faktor genetik. Jika orang tuanya memiliki masalah kolesterol, anaknya lebih berisiko memiliki problem yang sama.

 

Gejala Kolesterol Tinggi

Belum terdapat penelitian yang menemukan gejala kolesterol tinggi secara spesifik. Kadar kolesterol hanya dapat dilihat melalui tes darah. Jadi seseorang bisa saja memiliki kolesterol berlebih tanpa sadar karena tak adanya gejala fisik. Namun kita bisa mencurigai terdapat kadar kolesterol yang tinggi jika merasakan gejala penyakit yang berkaitan dengan masalah kolesterol tersebut.

Baca Juga:  Embolisme Paru: Gejala, Penyebab, dan Penanganannya

Salah satunya penyakit jantung. Gejala penyakit ini yang berhubungan dengan kolesterol adalah angina atau nyeri dada. Angina terjadi saat aliran darah dalam arteri menjadi tersumbat. Jantung yang membutuhkan darah yang kaya oksigen akan mengalami gangguan sehingga memicu nyeri dada.

 

Bolehkah Penderita Kolesterol Tinggi Makan Daging Sapi?

Daging sapi memang dapat mengandung kolesterol. Tapi bukan berarti orang dengan kolesterol tinggi sama sekali tidak boleh mengkonsumsi daging sapi. Menurut sebuah penelitian kecil pada 2021 yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, diet jantung sehat yang mencakup potongan daging merah tanpa lemak tetap efektif menurunkan kadar kolesterol.

Pada dasarnya, lebih penting bagi penderita kolesterol tinggi untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh ketimbang kolesterol. Sebab, lemak jenuh mempengaruhi kerja hati dalam memproses kolesterol. Oleh karena itu, lemak jenuh bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

Namun, untuk mendapatkan kepastian, Anda harus berkonsultasi langsung dengan dokter. Sebab, kondisi kesehatan tiap orang berbeda-beda. Tingginya kadar kolesterol pun bervariasi, apakah tinggi sekali atau hanya tipis di atas ambang batas normal. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan rekomendasi medis mengenai pola makan yang tepat dan aman untuk penderita kolesterol tinggi.

 

Tips Aman Makan Daging Sapi untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Agar tidak khawatir kolesterol dapat meningkat setelah makan daging sapi, ada setidaknya 5 tips yang dapat dipraktikkan:

  • Tidak makan daging berlebihan. Angka aman yang direkomendasikan adalah 1-3 kali makan daging per pekan dengan berat 56-85 gram per porsi.
  • Pilih bagian yang tidak berlemak, misalnya bagian pinggang. Hindari organ dalam seperti hati dan usus, begitu juga daging yang telah melewati pemrosesan seperti sosis dan ham.
  • Jangan lupa sayur dan buah untuk mengimbangi kolesterol dari daging sapi yang sudah dimakan. Pastikan ada sayuran dan buah dalam seporsi makanan bersama daging.
  • Alih-alih menggoreng dengan minyak banyak, sebaiknya masak daging sapi dengan cara dipanggang atau direbus yang lebih aman buat penderita kolesterol tinggi. Bila memasak dengan kuah, hindari santan dan garam berlebih.
  • Imbangi dengan olahraga teratur jika mau lebih aman tetap makan daging sapi.
Baca Juga:  Punya Keluhan Sakit Jantung, Kapan Harus ke Dokter Jantung?

 

Dampak Kebanyakan Makan Daging Sapi pada Kesehatan Jantung

Sejumlah riset menemukan kadar kolesterol orang-orang terdeteksi langsung melonjak setelah makan daging sapi. Dampaknya kesehatan jantung akan terganggu akibat tingginya kadar kolesterol. Apalagi jika daging itu diolah dengan cara yang juga tidak sehat, misalnya menambahkan santan, membubuhkan banyak garam, menggorengnya dalam minyak, diolesi mayonais, dan lain-lain.

Penderita kolesterol tinggi tetap bisa makan daging asalkan tidak kebanyakan. Begitu pula orang yang sebelumnya punya kadar kolesterol normal. Jika tidak menjaga kebiasaan makan daging, kolesterolnya justru bisa meningkat. Terlebih bila punya gaya hidup tidak aktif.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Kolesterol tergolong sebagai faktor risiko tersembunyi berbagai penyakit. Bukan hanya penyakit jantung dan pembuluh darah. Ada pula risiko stroke, bahkan kanker dan diabetes. Karena itu, sebaiknya rutin memeriksakan kolesterol ke dokter sedini mungkin. Apalagi jika sudah mengalami gejala penyakit yang berkaitan dengan kolesterol. Dokter dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol tinggi dengan sejumlah program medis yang tepat.

 

Narasumber:

dr. Darwin Maulana, Sp.JP, FIHA

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Primaya Hospital Makassar

 

Referensi

Effect of varying quantities of lean beef as part of a Mediterranean-style dietary pattern on lipids and lipoproteins: a randomized crossover controlled feeding trial. https://academic.oup.com/ajcn/article/113/5/1126/6214419. Diakses 7 Oktober 2021

Mediterranean diet with lean beef may lower risk factors for heart disease. https://www.sciencedaily.com/releases/2021/04/210414154915.htm. Diakses 6 Oktober 2021

High Cholesterol – Causes, Symptoms & Treatments. https://www.bhf.org.uk/informationsupport/risk-factors/high-cholesterol. Diakses 6 Oktober 2021

High Blood Cholesterol: What You Need to Know. https://www.nhlbi.nih.gov/files/docs/public/heart/wyntk.pdfDietary Cholesterol and Cardiovascular Risk: A Science Advisory From the American Heart Association. https://www.ahajournals.org/doi/full/10.1161/CIR.0000000000000743. Diakses 6 Oktober 2021

What is Cholesterol?. https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/about-cholesterol. Diakses 6 Oktober 2021

Bagikan ke :

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.