• Emergency
  • 150 108

Rumah Sakit Jantung: Tips dan Faktor Memilih RS Jantung

Rumah Sakit Jantung Tips dan Faktor Memilih RS Jantung

Rumah sakit jantung memiliki peran penting dalam upaya nasional untuk menekan angka penyakit jantung dan pembuluh darah atau kardiovaskuler. Mengingat jumlah kasus penyakit kardiovaskuler masih tinggi di Indonesia, masyarakat sebaiknya memiliki referensi rumah sakit yang mampu menangani masalah jantung.

 


Mengenal Rumah Sakit Jantung

Rumah sakit jantung adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang memiliki spesialisasi dalam diagnosis dan perawatan penyakit jantung dan pembuluh darah. Rumah sakit ini bisa berdiri sendiri atau menjadi bagian dari rumah sakit yang lebih besar yang difokuskan pada penanganan penyakit jantung. Baik sebagai rumah sakit mandiri ataupun tergabung dalam rumah sakit lain, fasilitas kesehatan ini hanya merawat pasien penyakit jantung.

Dokter, perawat, dan tenaga medis lain yang bertugas di rumah sakit ini juga telah menjalani pelatihan khusus di bidang perawatan penyakit jantung. Layanan rs jantung terentang dari konsultasi, terapi pengobatan dan perubahan gaya hidup, hingga tindakan invasif seperti pemasangan ring jantung serta operasi bypass. Dokter spesialis jantung di rumah sakit akan menilai tingkat keparahan penyakit dan merekomendasikan perawatan yang tepat demi keselamatan pasien.

Keunggulan rs jantung terletak pada fasilitas, infrastruktur, serta tim yang terlibat dalam penanganan pasien. Selain mengenal rs jantung, pasien sebaiknya mengetahui pula dokter spesialis jantung yang akan dipilih untuk merawatnya. Peluang pemulihan pasien akan sangat bergantung pada kualitas rumah sakit serta dokter yang melayani pasien.

 

Siapa yang Membutuhkan Rumah Sakit Jantung

Kebanyakan masyarakat baru pergi ke rumah sakit saat mengalami gejala penyakit tertentu. Tak terkecuali ketika mendatangi rs jantung. Sebetulnya, rumah sakit juga menyediakan layanan preventif atau pencegahan serta pemeriksaan untuk deteksi dini. Dalam penanganan pasien, makin dini potensi penyakit diketahui, makin besar peluang kesembuhan.

Karena itu, bukan hanya orang yang terkena serangan jantung atau mengalami gejala penyakit jantung lain yang membutuhkan rumah sakit jantung. Anda mungkin memerlukan layanan rumah sakit ini bila:

  • Direkomendasikan dokter umum yang menduga ada masalah jantung.
  • Keluarga memiliki riwayat penyakit jantung.
  • Kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.
  • Punya kebiasaan merokok.
  • Menderita diabetes.
  • Mengalami preeklamsia saat hamil.
  • Hendak menjalani latihan fisik tertentu yang bisa mempengaruhi jantung.
Baca Juga:  Lemah Jantung (Kardiomiopati), Bagaimana Cara Mengatasinya?

 

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Memilih RS Jantung

Ada banyak faktor yang perlu menjadi bahan pertimbangan saat memilih rumah sakit jantung. Di antaranya:

1. Reputasi

Nama baik rumah sakit menandakan kualitas layanan dari mereka. Reputasi ini antara lain berasal dari penghargaan yang diberikan oleh lembaga tertentu berkaitan dengan kesehatan. Makin sering penghargaan diperoleh, makin tinggi reputasi rs jantung. Referensi keluarga atau kenalan juga bisa menjadi penambah reputasi rumah sakit tersebut secara pribadi.

2. Tim medis dan non-medis

Di rumah sakit jantung, bukan hanya tim medis yang harus unggul, tapi juga tim non-medis. Keduanya menjadi satu kesatuan layanan rumah sakit yang dibutuhkan pasien. Pilih rumah sakit yang memiliki dokter spesialis jantung berpengalaman dan staf pendukung yang terkenal sigap.

3. Infrastruktur

Peralatan dan fasilitas infrastruktur lain yang mendukung juga menjadi kunci dalam perawatan pasien. RS jantung mesti memiliki infrastruktur yang baik dengan teknologi terkini dari tahap penegakan diagnosis, tindakan, hingga pasca-penanganan.

4. Asuransi/BPJS

Bila terdaftar sebagai peserta asuransi, pastikan memilih rs jantung yang bekerja sama dengan pihak asuransi itu. Begitu juga bila berstatus peserta BPJS Kesehatan. Dengan begitu, Anda dapat mengambil manfaat asuransi atau BPJS untuk meringankan biaya perawatan di rumah sakit tersebut.

5. Lokasi

Ini faktor yang paling penting terutama dalam keadaan darurat. Sebaiknya datangi rs jantung yang lokasinya paling dekat dengan rumah. Penanganan pasien penyakit jantung sangat ditentukan oleh waktu. Makin cepat pasien mendapat tindakan medis, makin besar peluang keselamatan jiwanya.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita

 

Pelayanan Jantung dan Pembuluh Darah di Primaya Hospital

Primaya Hospital memiliki layanan medis terkait dengan penyakit jantung dan pembuluh darah bagi masyarakat. Primaya Hospital menawarkan sejumlah keunggulan dari kemudahan akses dan lokasi hingga ambulans.

1. Kemudahan Akses dan Lokasi

Primaya Hospital adalah jaringan fasilitas pelayanan kesehatan yang memiliki setidaknya 13 rumah sakit di Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Sulawesi. Setiap rumah sakit Primaya berlokasi strategis dan mudah diakses baik dengan kendaraan pribadi maupun sarana transportasi umum.

2. Fasilitas Lengkap dan Canggih

Primaya Hospital mempunyai fasilitas lengkap dan canggih, termasuk radiologi, laboratorium, dan layanan kedaruratan yang beroperasi 24 jam sehari. Primaya menggunakan peralatan modern yang telah terbukti kualitasnya secara internasional. Selain itu, terdapat fasilitas pendukung seperti koneksi Wi-Fi, musala, kantin, ATM center, ruang bermain anak, serta ruang tunggu yang nyaman dan representatif.

3. Tim Medis Berpengalaman dan Kompeten

Primaya Hospital meraih penghargaan dalam hal kualitas dan keamanan pasien dari Joint Commission International. Jaringan rumah sakit Primaya berkomitmen memberikan layanan berkualitas dengan menekankan kecepatan, keramahan, akurasi, dan tanggapan yang responsif untuk memenuhi kebutuhan pasien.  

4. Pelayanan Ambulans (Centralized Call Center)

Primaya Hospital menyediakan layanan ambulans yang tersentralisasi. Pasien atau keluarganya bisa menghubungi rumah sakit lewat telepon untuk meminta penjemputan menggunakan ambulans dari Primaya.

 

Ditinjau oleh:

dr. Rony M Santoso, SpJP(K), FIHA, FESC, FAPSC, FSCAI

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Primaya Hospital Tangerang

 

Referensi:

https://www.health.com/condition/heart-disease/5-tips-for-finding-the-best-cardiologist-for-you

https://www.medicare.gov/Pubs/pdf/10181-Guide-Choosing-Hospital.pdf

https://primayahospital.com/en/layanan/emergency-services-ugd/

Bagikan ke :

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.