• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Ketahui Aplikasi Kehamilan yang Bagus Beserta Manfaatnya

aplikasi kehamilan

Aplikasi kehamilan memberi kemudahan bagi ibu hamil memantau perkembangan janin, daftar makanan dan minuman sehat ibu hamil, serta berbagai daftar kebutuhan ibu hamil lainnya tersedia lengkap di aplikasi canggih tersebut.

Keberadaan aplikasi untuk kehamilan membantu ibu hamil mencatat perkembangan janin dan usia kehamilan. Tidak hanya itu, ada berbagai fitur canggih yang dapat digunakan ibu hamil dengan mudah langsung melalui handphone.

buat jani dokter primaya

Ibu hamil dapat mengakses informasi penting seputar kehamilan dan perkembangan janin melalui aplikasi tersebut. Berikut penjelasan tentang aplikasi untuk kehamilan serta manfaat dan pilihan aplikasi yang bagus untuk digunakan. Yuk, simak!

Apa itu Aplikasi Kehamilan?

aplikasi kehamilan

Kehamilan adalah momen yang paling dinantikan oleh setiap pasangan suami istri untuk mendapatkan buah hati. Segala upaya tentunya akan dilakukan demi menjaga kesehatan dan perkembangan janin sampai waktu melahirkan tiba.

Salah satu cara memantau dan mengecek kesehatan janin adalah pakai aplikasi khusus untuk kehamilan. Aplikasi yang dirancang untuk ibu hamil mengetahui informasi yang dibutuhkan selama masa kehamilan sampai dengan melahirkan.

Aplikasi kehamilan tidak bisa menjadi pengganti pemeriksaan dan konsultasi langsung dengan dokter. Tetapi, aplikasi ini memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil yang memberikan berbagai petunjuk dan melacak perkembangan janin.

Oleh karena itu, ibu hamil tidak ada salahnya mencoba menggunakan aplikasi pemantau kehamilan yang dapat di unduh gratis dan dipasang melalui handphone. Lantas, apa fungsi utama aplikasi ibu hamil ini? Berikut informasinya.

Fungsi Aplikasi Ibu Hamil

fungsi aplikasi kehamilan

Aplikasi untuk kehamilan memiliki fungsi yang cukup penting bagi ibu hamil. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mencatat dan mencari informasi seputar kehamilan dengan mudah. Adapun fungsi utama dari aplikasi ibu hamil sebagai berikut:

  • Mempersiapkan masa kehamilan
  • Tersedia kalender siklus menstruasi
  • Mengecek tanda dan gejala awal kehamilan
  • Info pemeriksaan kehamilan
  • Info pertumbuhan dan perkembangan janin
  • Mengetahui nutrisi saat kehamilan
  • Menandai hari pertama menstruasi terakhir
  • Mengetahui perkiraan usia masa kehamilan
  • Mengetahui kondisi kesehatan saat kehamilan
  • Informasi nutrisi ibu hamil yang harus dikonsumsi

Beberapa aplikasi mungkin memiliki fitur yang lebih lengkap, sehingga memudahkan ibu hamil menjaga kondisi kandungannya hingga masa persalinan. Jadi, aplikasi untuk kehamilan ini layak untuk digunakan selama masa kehamilan.

Manfaat Aplikasi Kehamilan

manfaat aplikasi kehamilan

Aplikasi mengecek kehamilan bisa membantu ibu hamil menjalani kehidupan yang sehat dan bahagia. Kecanggihan teknologi pada aplikasi ini bisa memberikan berbagai kemudahan informasi yang sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil.

Baca Juga:  Apa itu Keracunan Kehamilan? Ini Gejala dan Cara Menanganinya

Manfaatnya tentu saja tidak hanya sebatas memberikan informasi seputar kehamilan, tetapi membantu ibu hamil mengingat apa saja yang perlu  dilakukan selama kehamilan. Adapun manfaat aplikasi ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Memantau Perkembangan Janin

Pada aplikasi ibu hamil terdapat fitur pemantau kehamilan. Fitur ini dapat digunakan untuk mengetahui kondisi perkembangan janin sesuai usia kehamilan, seperti bentuk, ukuran, kemampuan janin, dan tips meningkatkan pertumbuhannya.

2. Informasi Gejala kehamilan

Bagi yang ingin mengetahui tanda dan gejala kehamilan, pada aplikasi ini juga telah tersedia informasi tentang tips dan gejala kehamilan. Bahkan, beberapa aplikasi ibu hamil juga tersedia fitur forum untuk ibu hamil membagikan cerita.

3. Menyediakan Informasi Praktis

Dengan hadirnya aplikasi ibu hamil, kini untuk mengakses informasi seputar kehamilan menjadi lebih praktis. Ibu hamil cukup mengunduh dan memasang aplikasinya di handphone secara gratis tanpa perlu membayar biaya apapun.

4. Menjadi Pengingat Ibu Hamil

Aplikasi ibu hamil memiliki peran penting untuk mengingatkan apa yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Terdapat fitur yang memudahkan ibu hamil untuk mencatat apa saja yang diperlukan agar janin tetap sehat sampai masa persalinan.

5. Mudah Diakses Ibu Hamil

Kini untuk mendapatkan informasi seputar kehamilan bisa langsung mengakses aplikasi saja. Bahkan, beberapa aplikasi punya kredibilitas baik yang mana banyak dokter dan tenaga medis profesional berbagi informasi seputar kehamilan.

Manfaat menggunakan aplikasi ini bisa membuat ibu hamil merasa tenang karena bisa mengetahui dna memantau perkembangan janin. Dengan aplikasi ibu hamil, maka tidak perlu lagi cemas dan katara tentang kehamilan.

Ciri-Ciri Aplikasi Kehamilan yang Bagus

aplikasi kehamilan

Saat ini ada banyak sekali aplikasi cek kehamilan atau ibu hamil yang menawarkan berbagai fitur. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika hendak menggunakan aplikasi tersebut karena tidak semua berfungsi efektif.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi untuk kehamilan, berikut ciri-ciri aplikasi yang bagus yang dilengkapi fitur untuk memudahkan ibu hamil memantau kehamilan, di antaranya:

  • Bebas biaya (gratis) atau biaya terjangkau (berbayar)
  • Memiliki fitur mudah digunakan dan dipahami Ibu hamil
  • Informasi memiliki kredibilitas dari sumber terpercaya
  • Memiliki peringkat dan ulasan yang bagus dari pengguna
  • Ada tenaga medis profesional yang meninjau konten
  • Memiliki fitur komunitas atau forum berbagi pengalaman
  • Tersedia artikel sesuai perkembangan janin dan bayi
Baca Juga:  Perbedaan Terlambat Haid dengan Hamil, Ini Penjelasannya

Kehamilan adalah kondisi yang cukup menakutkan bagi sebagian orang atau yang baru pertama kali. Oleh karena itu, penting memilih aplikasi yang menyediakan informasi akurat. Semua itu perlu dipertimbangkn untk kehamilan terbaik.

Cara Memilih Aplikasi Kehamilan Terbaik

aplikasi kehamilan terbaik

Memilih aplikasi untuk mengecek dan memantau kehamilan terbaik perlu memperhatikan beberapa hal penting. Sebab, tidak semua memberikan akses dan informasi tepat. Adapun cara memilih aplikasi kehamilan sebagai berikut:

  1. Pilih aplikasi yang memiliki rating bagus. Hal ini pertanda jika aplikasi tersebut banyak direkomendasikan dan informasi yang tersedia bagus untuk ibu hamil
  2. Pilih aplikasi dengan ulasan baik. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui kelebihan aplikasi tersebut dan fitur umum yang disukai termasuk kendalanya
  3. Pilih aplikasi yang memiliki fitur lengkap. Artinya, aplikasi memiliki informasi terkait kehamilan mulai dari proses sebelum hamil hingga proses melahirkan
  4. Pilih aplikasi yang memiliki bahasa mudah dimengerti ibu hamil dan informasi yang disampaikan mudah dicerna. Jangan sampai terjadi salah pemahaman
  5. Pilih aplikasi yang selalu update mengenai informasi yang ada karena informasi akan terus berkembang seiring dengan waktu dan perubahan zaman

Terpenting pilih aplikasi yang dapat memberikan informasi akurat dan terupdate seputar kehamilan, serta terdapat dokter atau tenaga medis yang aktif membuat konten di aplikasi tersebut. Termasuk fitur untuk berkomunikasi dengan dokter.

Kapan Harus ke Dokter?

dokter kehamilan

Pada dasarnya, aplikasi cek kehamilan tidak bisa menggantikan fungsi dokter. Aplikasi untuk ibu hamil ini hanya memberikan informasi yang dibutuhkan seputar kehamilan. Sementara itu, pemeriksaan kehamilan perlu mengunjungi dokter terdekat.

Ibu hamil bisa melakukan pemeriksaan rutin mengunjungi rumah sakit atau dokter terdekat saat ada gejala perlu diwaspadai, seperti nyeri perut bawah, nyeri punggung, pendarahan, kontraksi saat usia kehamilan sebelum minggu ke 37.

Selain itu, ibu hamil juga perlu pemeriksaan rutin untuk menghindari berbagai komplikasi kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, anemia, preeklamsia, keguguran, dan gangguan masalah kehamilan lain untuk mendapat penanganan khusus.

Jadi, aplikasi kehamilan hanya sekedar untuk membantu memberikan informasi berkaitan dengan kehamilan. Namun ketika terjadi masalah kehamilan, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter atau rumah sakit terdekat rumah Anda.

 

Narasumber

dr. Syafriani Tanjung, Sp.OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Primaya Evasari Hospital

Referensi:

Should You Try a Pregnancy App?. https://www.verywellfamily.com/pregnancy-apps-4685312. Diakses pada 9 Juni 2023.

Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.