• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Hamil 4 Bulan: Perkembangan Janin dan Cara Perawatannya

Hamil 4 bulan menjadi tanda bahwa kehamilan telah memasuki trimester kedua. Pada periode ini, perut ibu hamil sudah mulai membesar. Selain itu, gejala morning sickness juga berkurang bahkan mereda.

Trimester kedua merupakan awal dari masa periode bulan madu. Disebut demikian karena ibu hamil sudah tidak mengalami mual dan muntah lagi. Selera makan pun mulai kembali sehingga berat badan lebih stabil.

buat jani dokter primaya

Perkembangan Janin 4 Bulan

Berbagai perubahan signifikan terjadi pada saat kehamilan 4 bulan (13 – 16 minggu). Penasaran dengan di bagian mana saja perubahan tersebut terjadi? Penjelasan selengkapnya ada di bawah ini:

1. Ukuran Janin

Pasti para bunda penasaran dengan ukuran bayi pada usia 4 bulan. Rata-rata, pada usia ini janin berukuran sekitar 13 cm dengan berat 140 gram. Namun, untuk detailnya tergantung dari perawatan serta kecukupan nutrisi janin.

Meski ukurannya masih kecil, tetapi bunda sudah bisa merasakan gerakannya. Bahkan pergerakannya terbilang lincah, untuk itu selalu pilih posisi nyaman baik saat tidur maupun duduk bersantai.

2. Bentuk Janin

Gambaran bayi berusia 4 bulan sudah mirip dengan bentuk bayi dewasa. Hanya saja, lingkaran kepalanya lebih besar daripada lingkar perutnya. Menariknya, bagian alis, kelopak mata, bulu mata, dan rambut mulai nampak jelas.

Di sisi lain, tangan, kaki, gigi, kuku, dan tulang-tulangnya mulai memadat. Bagian kelaminnya juga sudah terbentuk yang dapat dilihat melalui USG 4 dimensi sehingga setiap bagian tubuh si kecil terlihat detail.

3. Detak Jantung Janin

Awal detak jantung bayi mulai terdeteksi ketika janin berusia 5 minggu. Hanya saja pada saat itu detak jantungnya belum terdengar jelas. Barulah di minggu ke 12, buda bisa mendengarkan suara detak jantung buah hati sangat jelas.

Detak jantung rata-rata janin di usia 4 bulan adalah 110 sampai 160 bpm. Permenitnya, detak jantung janin mencapai sekitar 5 hingga 25 kali detakan. Intensitas detak jantungnya sendiri mungkin saja berubah menyesuaikan dengan kondisi di dalam rahim sang ibu.

4. Letak Janin

Seperti yang kita tahu, letak bayi akan berubah-ubah sesuai dengan usianya. Pada usia 4 bulan, letaknya berada di antara symphysis dan pusar. Untuk membuktikannya, cobalah merasakan gerakannya.

Para bunda tidak perlu panik jika saat usia 4 bulan janin belum menunjukkan pergerakan secara intens. Hanya saja akan lebih aman memeriksakannya langsung ke dokter kandungan untuk mengetahui bagaimana detail kondisi janin terkini.   

Pantangan-Pantangan Hamil 4 Bulan

  • Selama masa kehamilan, para bunda tidak boleh mengonsumsi atau melakukan suatu hal secara sembarangan. Sebab, efek buruknya tidak hanya berdampak pada sang ibu, tetapi juga janin.

    Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mampu memenuhi kebutuhan energi. Sebaiknya, kurangi asupan lemak dan penuhi kebutuhan karbohidrat dari bahan makanan yang kaya akan nutrisi.

    Supaya kesehatan ibu dan janin terjaga dengan baik, sebaiknya jauhi pantangan-pantangan yang ada di bawah ini:

    • Hindari mengkonsumsi makanan mentah atau yang tidak melalui proses pencucian dengan benar.
    • Jika bunda seorang perokok aktif, sesegera mungkin hentikan kebiasaan tersebut karena memicu munculnya masalah pernapasan pada bayi setelah kelahirannya nanti.
    • Alkohol merupakan minuman yang patut bunda hindari. Ketika bayi mendapatkan asupan alkohol berlebihan maka meningkatkan risiko bayi lahir dengan kondisi fetal alcohol syndrome (FAS).
    • Kurangi hingga hentikan konsumsi ikan laut. Mengapa begitu? Alasannya karena ikan laut sekarang sebagian besar mengandung merkuri. Kandungan ini sangat berpengaruh buruk pada janin karena bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan, meningkatkan risiko penyakit ADHD, dan mengganggu perkembangan otak.
    Sebab ukuran kandungan semakin membesar, jangan sampai bunda terus mengenakan pakaian press body. Usahakan mengenakan pakaian longgar dan terbuat dari bahan elastis.
Baca Juga:  Kalender Kehamilan untuk Mengetahui Usia Kehamilan

Cara Perawatan Hamil 4 Bulan

  • Sebagai orang tua, tentu mengharapkan bayinya tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh karenanya, pada kehamilan 4 bulan, perawatan penting dilakukan. Caranya sebagai berikut:

    • Lakukan aktivitas fisik secara teratur, misalnya dengan berolahraga. Jenis olahraga yang bisa ibu hamil lakukan adalah berjalan santai, yoga, berenang, dan pilates.
    • Saat berolahraga, konsumsi sejumlah 100-200 Kalori ekstra untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh. Pilih sumber kalori yang kaya nutrisi dan sehat, misalnya smoothies, kombinasi yogurt dengan sereal, apel, pisang, roti gandum dengan olesan selai kacang, dan keju.
    • Konsumsi makanan dengan bergizi seimbang, pastikan makanan tersebut memiliki kandungan serat tinggi, vitamin, zat besi, antioksidan, dan asam folat.
    • Bunda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak sehat, seperti kacang dan alpukat. Selain itu, konsumsi juga makanan yang tinggi protein dan kalsium untuk mendukung kesehatan otot serta tulang ibu dan bayi.
    Penuhi kebutuhan cairan tubuh karena selama hamil, tubuh akan mudah mengalami dehidrasi. Perlu Anda tahu dehidrasi berpotensi menyebabkan kelelahan, rasa melayang, dan sakit kepala.

Perawatan Eksternal Kesehatan Janin

  • Selain merawatnya dari dalam, pastikan juga memperhatikan beberapa faktor eksternal. Paling utama yang berkaitan dengan keanehan pada tubuh karena gejala tersebut mungkin muncul sebagai tanda bahwa tubuh ibu hamil atau kondisi janin sedang tidak baik-baik saja. Berikut penjelasannya

    • Apabila muncul gusi berdarah, pastikan untuk sesegera mungkin melakukan konsultasi ke dokter gigi agar tidak sampai terjadi komplikasi.
    • Bagi bunda yang mengalami mimisan dan telinga terasa tersumbat, tidak perlu terlalu panik karena hal seperti ini umum terjadi saat usia kandungan 4 bulan. Untuk meringankan gejalanya, Anda bisa mengaplikasikan semprotan atau flush larutan garam.
    • Pilih posisi tidur miring kiri, untuk membuat tubuh lebih nyaman, letakkan bantal di sisi tubuh dan di antara kaki. Tidur dengan posisi seperti ini akan meningkatkan sirkulasi darah ke janin.
    • Selalu jaga kelembaban ruangan dengan memasang humidifier. Tetapi jangan sampai membuat ruangan terlalu lembab karena rentan memunculkan jamur dan membuat bakteri berkembang lebih pesat.
    • Saat merasakan nyeri punggung, solusi terbaiknya adalah melakukan yoga, peregangan otot, atau pilates yang sesuai dengan ibu hamil. Gerakan aktivitas tersebut mampu membantu meregangkan dan merelaksasi otot yang tegang.
    • Kenakan baju hamil yang nyaman dikenakan, usahakan bahannya lentur karena ukuran perut semakin membesar. Jika mengenakanan pakaian yang tidak lentur, takutnya perut akan tertekan.
    Pilih pakaian dalam berbahan katun untuk meringankan gejala keputihan yang umum terjadi pada kehamilan. Tanpa penanganan tepat, jumlahnya bisa semakin meningkat. Saat hal ini terjadi, pastikan area kemaluan terjaga kebersihannya dan tidak lembab. 
Baca Juga:  Pengaruh Kista Ovarium pada Kehamilan

Waktu Paling Tepat Berkunjung ke Dokter Saat Hamil 4 Bulan

Semasa hamil, sistem imun para ibu cenderung lemah sehingga mudah terkena penyakit. Berdasarkan fakta ini, pastikan mewaspadai gejala-gejala yang mungkin saja muncul. Berikut pembahasannya:

  • Penglihatan memburam
  • Terjadi pendarahan yang cukup banyak
  • Muncul flek
  • Perut atau punggung terasa nyeri
  • Mengalami demam di atas 38,5 derajat Celcius
  • Kemaluan terasa nyeri saat buang air kecil
  • Tiba-tiba muncul sensasi melayang yang ekstrim hingga ingin pingsan
  • Keluar air dari vagina yang menjadi tanda ketuban pecah
  • Sakit kepala terjadi terus-menerus dan semakin memberat
  • Diare dan mual terjadi dalam jangka waktu lama

Itulah pembahasan penting terkait dengan hamil 4 bulan. Jaga terus kondisi janin dengan menghindari melakukan aktivitas berat atau mengonsumsi makanan yang mengandung racun atau bahan kimia berbahaya.

Narasumber:

dr. Aristo Farabi, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Primaya Hospital Semarang

Referensi:

  • What happens in the fourth month of pregnancy?. https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/pregnancy-month-by-month/what-happens-fourth-month-pregnancy/. Dikutip pada 29 Desember 2023.

  • 4 Months Pregnant: Symptoms and Fetal Development. https://www.pampers.com/en-us/pregnancy/pregnancy-calendar/4-months-pregnant. Dikutip pada 29 Desember 2023.

  • 4 months pregnant: Belly, symptoms and baby development. https://www.motherandbaby.com/pregnancy/month-by-month/four-months-pregnant/. Dikutip pada 29 Desember 2023.

  • 13 weeks pregnant – Week-by-week guide. https://www.nhs.uk/start-for-life/pregnancy/week-by-week-guide-to-pregnancy/2nd-trimester/week-13/. Dikutip pada 29 Desember 2023.

  • 4 Months Pregnant: Symptoms, Baby Development, and Size. https://bocahindonesia.com/hamil-4-bulan/. Dikutip pada 29 Desember 2023.

Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.