• Emergency
  • 150 108

Benarkah Konsumsi Buah Berpengaruh Terhadap Perkembangan Otak Janin?

Benarkah Konsumsi Buah Berpengaruh Terhadap Perkembangan Otak Janin

Banyak hal mempengaruhi perkembangan janin. Salah satunya makanan yang dikonsumsi ibu saat mengandung. Pola dan menu makan yang baik sangatlah penting selama masa kehamilan. Baik ibu maupun janin dalam kandungan akan memperoleh manfaat dari makanan bernutrisi. Makanan sehat itu termasuk buah-buahan dengan banyak kandungan vitamin, yang antara lain diperlukan untuk perkembangan otak janin.

 


Mengenal Perkembangan Janin

Kehamilan terjadi ketika sel telur bertemu dengan sel sperma dan membentuk embrio. Proses ini disebut fertilisasi. Embrio lantas berkembang menjadi janin. Janin inilah yang kemudian mengalami perkembangan hingga terlahir sebagai bayi.

Perkembangan janin dimulai sejak masa embrio. Delapan pekan pertama kehamilan ditandai dengan banyaknya perkembangan, termasuk awal pembentukan dan fungsi sistem serta organ tubuh. Khusus otak, jantung, dan tulang belakang, perkembangannya bermula pada 4-6 pekan usia kehamilan.

Jantung mulai berdetak pada pekan ke-5 dan bisa dilihat lewat pemeriksaan ultrasonografi (USG). Sekitar pekan ke-6, jantung mulai dapat memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Kepala, dada, dan perut serta lengan dan kakinya sudah bisa mulai terlihat.

Perkembangan otak berjalan lebih cepat pada usia kehamilan 6-8 pekan. Embrio pun sudah bisa refleks bergerak. Jari-jari juga telah mulai terbentuk. Pada pekan ke-8 hingga ke-10, gelombang otak bisa diukur dan direkam. Setelah 10 pekan, embrio bisa disebut sebagai janin alias calon bayi.

Janin akan terus berkembang dari hari ke hari hingga tiba waktunya kelahiran pada usia kehamilan sekitar 9 bulan. Selama proses itu, konsumsi makanan ibu sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin, termasuk otak.

 

Mengapa Konsumsi Buah-buahan

Buah adalah sumber vitamin yang berlimpah dan mudah didapatkan. Semua orang dari segala usia sebaiknya rutin mengonsumsi buah-buahan untuk kebutuhan gizinya. Khusus bagi ibu hamil, manfaat buah-buahan pun lebih besar. Selain vitamin, ada kandungan mineral yang diperlukan untuk membantu perkembangan janin.

Berbagai riset menunjukkan ibu hamil yang memakan lebih banyak buah melahirkan anak dengan performa lebih tinggi dalam tes perkembangan. Karena itu, buah-buahan menyediakan segudang manfaat buat ibu hamil. Hampir semua nutrisi esensial yang diperlukan janin untuk berkembang dapat dipenuhi lewat buah.

Baca Juga:  Kenali Kalkulator Kehamilan untuk Persiapan Melahirkan

Misalnya vitamin untuk sistem dan organ tubuh, beta-karoten buat mendukung sistem imun, zat besi untuk mencegah anemia, serta asam folat untuk perkembangan otak janin. Ibu yang tengah mengandung pun tak luput beroleh manfaat dari kandungan buah, antara lain serat untuk mencegah konstipasi serta potasium buat mengatasi masalah kram kaki.

 

Jenis Buah yang Baik untuk Perkembangan Otak Janin

Pada dasarnya, hampir semua buah baik dikonsumsi untuk perkembangan janin. Namun ada beberapa jenis buah yang khusus disarankan karena terkenal memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti:

1. Apel

Apel kaya akan serat dan asam folat. Artinya, baik ibu maupun janin memperoleh manfaat sekaligus dari apel. Ibu terhindar dari konstipasi yang lazim terjadi pada masa kehamilan, sementara janin mendapat nutrisi untuk mengembangkan otaknya dan mencegah kecacatan.

2. Jeruk

Jeruk dan buah sitrus lain, seperti lemon, mengandung banyak vitamin C. Vitamin ini berguna untuk membangun daya tahan tubuh serta mendukung perkembangan tulang janin.

3. Pisang

Buah pisang adalah sumber potasium tinggi. Yang memperoleh manfaat dari buah ini khususnya ibu karena potasium bisa membantu mengatur kadar cairan dan tekanan darah dalam tubuh.

4. Kiwi

Kandungan asam folat dalam buah kiwi sangatlah tinggi sehingga bermanfaat buat membantu perkembangan janin. Kiwi juga membuat ibu lebih efisien menyerap zat besi dan terbukti memperlancar pasokan oksigen ke janin.

5. Semangka

Ini salah satu buah yang kaya akan vitamin, dari A, C, hingga B. Ada juga kandungan potasium dan magnesium yang bermanfaat buat ibu hamil.

6. Beri

Dari stroberi hingga raspberi, semua buah beri ini kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit serius pada ibu dan buah hati dalam kandungan.

 

Tips Pola Makan Selama Hamil untuk Menambah Berat Janin

Sebagai calon ibu, kondisi janin tentu selalu jadi pikiran. Tapi sebaiknya tidak sampai terbawa stres memikirkan perkembangan janin. Kuncinya adalah rutin menjalani pemeriksaan di dokter kandungan agar tahu apa yang harus dilakukan selama masa kehamilan.

Baca Juga:  Kenali Tanda-tanda Melahirkan Agar Punya Persiapan Melahirkan yang Matang

Dokter umumnya menyarankan pola makan dengan gizi seimbang agar janin berkembang secara ideal, termasuk dalam hal berat badannya. Ada beberapa tips pola makan untuk meningkatkan berat badan janin:

1. Makanan sehat dengan gizi seimbang

Pastikan dalam satu porsi makanan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, serat, dan nutrisi lain yang diperlukan tubuh dalam menu sehari-hari.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan zat besi dan protein yang tinggi. Keduanya berperan membantu menaikkan berat badan janin secara signifikan.

3. Banyak air putih

Jangan lupa minum air putih yang cukup untuk menjaga cairan tubuh. Bila ibu hamil mengalami dehidrasi, kondisi janin dalam kandungan akan turut terpengaruh.

4. Makanan ringan yang sehat

Selain makan tiga kali sehari, makanan ringan bisa dikonsumsi secara rutin tiap hari. Misalnya pada pukul 10.00 dan 15.00. Tapi pastikan konsumsi camilan yang menyehatkan, misalnya yoghurt, kacang edamame, oatmeal, atau makanan yang direbus.

 

Ditinjau oleh

dr Renny Lestari Avriyani, SpOG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Primaya Hospital Bekasi Utara

 

Referensi:

Maternal fruit and vegetable or vitamin C consumption during pregnancy is associated with fetal growth and infant growth up to 6 months. https://nutritionj.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12937-018-0410-6, Diakses 14 September 2021

Fruits During Pregnancy: The Good, the Bad, and the Unhealthy. https://www.allaboutwomenmd.com/pregnancy-prenatal-care/fruits-during-pregnancy.html. Diakses 14 September 2021

Associations of consumption of fruits and vegetables during pregnancy with infant birth weight or small for gestational age births: a systematic review of the literature. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4208630/. Diakses 14 September 2021

Higher intake of fruits and vegetables in pregnancy is associated with birth size. https://www.researchgate.net/publication/221800378_Higher_intake_of_fruits_and_vegetables_in_pregnancy_is_associated_with_birth_size. Diakses 14 September 2021

Prenatal fruit consumption boosts babies’ cognitive development. https://www.sciencedaily.com/releases/2016/05/160525161548.htm. Diakses 14 September 2021

Bagikan ke :

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.