• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

ECCE (Extracapsular Cataract Extraction)

ECCE

Ketika mata mengalami katarak, penglihatan seseorang akan terganggu karena lensa mata yang semestinya jernih menjadi keruh. Untuk mengatasinya, terdapat beberapa pilihan penanganan medis. Salah satunya adalah ECCE (extracapsular cataract extraction) yang pada umumnya menjadi pilihan ketika prosedur lain seperti fakoemulsifikasi tak memungkinkan untuk dilakukan.

Mengenal ECCE (Extracapsular Cataract Extraction)

ECCE (extracapsular cataract extraction) adalah prosedur pembedahan mata yang digunakan untuk mengangkat lensa mata yang keruh akibat katarak. Selama ini fakoemulsifikasi adalah metode operasi standar untuk menangani katarak. Tapi ECCE masih digunakan untuk mengatasi katarak yang sudah mencapai tahap lanjut dan tak bisa diatasi dengan fakoemulsifikasi.

buat jani dokter primaya

Dalam ECCE (extracapsular cataract extraction), lensa alami mata yang keruh diangkat dan bagian belakang kapsul yang menahan lensa di tempatnya dibiarkan. Untuk mengangkat lensa yang keruh, dokter bedah membuat sayatan yang sangat kecil. Dokter lantas memasang lensa intraokular atau lensa buatan untuk menggantikan lensa yang dikeluarkan.

ECCE (extracapsular cataract extraction) dulu adalah prosedur yang biasa dilakukan untuk mengatasi katarak sebelum ada teknik fakoemulsifikasi yang lebih modern dengan waktu pemulihan yang lebih cepat. Namun, seperti dikutip dari laman media Cataract & Refractive Surgery Today, ECCE masih dipraktikkan sebagai rencana alternatif bila peluang kesuksesan fakoemulsifikasi lebih kecil.

Siapa Saja yang Memerlukan Extracapsular Cataract Extraction

Orang yang mengalami katarak mungkin memerlukan ECCE (extracapsular cataract extraction) berdasarkan hasil pemeriksaan dokter. Walau ECCE bukan lagi prosedur utama untuk mengoperasi katarak, seseorang mungkin saja masih membutuhkannya karena beberapa situasi tertentu, terutama katarak yang sudah sangat keras atau matang sehingga sulit dipecahkan dengan metode fakoemulsifikasi.

Teknik fakoemulsifikasi dilakukan dengan mengalirkan gelombang ultrasonik lewat alat (handpiece) yang dimasukkan ke mata. Gelombang ini akan menghancurkan lensa yang keruh menjadi fragmen-fragmen yang kecil yang lantas akan disedot dengan alat secara perlahan.

Jika lensa mata sudah teramat keruh dan keras, teknik ini bisa jadi tak membuahkan hasil yang diharapkan. Dalam hal inilah ECCE (extracapsular cataract extraction) dapat menjadi pilihan untuk mengatasi katarak.

Kapan Seseorang Memerlukan Extracapsular Cataract Extraction

ECCE (extracapsular cataract extraction) diperuntukkan bagi penderita katarak yang lensa matanya sudah sangat keruh dan keras sehingga tak dapat dipecah dan diisap keluar dengan metode fakoemulsifikasi. Selain kondisi katarak, ada beberapa faktor yang kerap menjadi pertimbangan, yakni:

  • Ada kondisi medis lain yang meningkatkan risiko komplikasi jika dilakukan teknik fakoemulsifikasi
  • Kurangnya akses terhadap alat fakoemulsifikasi
  • Keterbatasan ekonomi karena biaya fakoemulsifikasi relatif lebih tinggi
Baca Juga:  Neuro Spine, Solusi Gangguan Sistem Saraf Tulang Belakang

Yang pasti, ECCE (extracapsular cataract extraction) mesti dilakukan setelah dokter mata melakukan pemeriksaan menyeluruh.

Manfaat/Tujuan Extracapsular Cataract Extraction

ECCE (extracapsular cataract extraction) bertujuan memulihkan penglihatan yang jernih dengan diangkatnya lensa mata yang keruh akibat katarak yang matang karena sudah terlalu lama. Katarak yang matang ditandai dengan lensa yang keruh berwarna putih susu atau coklat pekat.  Pada tahap ini, katarak sudah mempengaruhi kualitas hidup dan menghambat kegiatan sehari-hari sehingga harus dioperasi. Maka manfaat yang diperoleh pasien dari ECCE adalah:

  • Memperbaiki kualitas penglihatan
  • Mencegah risiko komplikasi
  • Mengoptimalkan kemampuan visual
  • Melancarkan aktivitas sehari-hari

Persiapan Sebelum Menjalani ECCE (Extracapsular Cataract Extraction)

Persiapan ECCE (extracapsular cataract extraction) penting untuk memastikan operasi berjalan lancar dan pasien dapat pulih sepenuhnya. Langkah persiapan ECCE mencakup:

  • Konsultasi dan serangkaian pemeriksaan mata dengan dokter untuk memastikan ECCE bisa diterapkan pada kondisi katarak yang diderita
  • Memberitahukan kondisi medis yang dimiliki, termasuk obat-obatan yang sedang dikonsumsi
  • Mendapat penjelasan tentang prosedur yang akan dijalankan, termasuk risiko dan hasil yang diharapkan
  • Menyiapkan pendamping yang akan menemani dan mengantar pulang setelah prosedur karena mata masih dalam pemulihan sehingga berbahaya bila berkendara sendiri

Prosedur dan Pelaksanaan ECCE (Extracapsular Cataract Extraction)

Prosedur ECCE (extracapsular cataract extraction) adalah proses yang kompleks dan memerlukan keahlian dokter mata. Proses itu meliputi:

  • Pemberian anestesi lokal pada bagian mata agar pasien tak merasakan sakit selama prosedur
  • Dokter membuat sayatan kecil pada kornea, yakni lapisan transparan pada mata
  • Setelah sayatan dibuat, lensa mata yang keruh diangkat bersama sebagian besar kapsul lensa dari mata
  • Setelah lensa yang terkena dampak katarak diangkat, dokter memasang lensa intraokular buatan yang telah disiapkan sebelumnya sebagai pengganti lensa yang diangkat
  • Sayatan pada kornea ditutup dengan jahitan halus

Perawatan Pasca ECCE (Extracapsular Cataract Extraction)

Seusai prosedur ECCE (extracapsular cataract extraction), pasien akan menjalani pemulihan dan pemantauan kondisi sebelum dibolehkan pulang. Dokter akan memberikan instruksi perawatan mata pasca operasi dan jadwal kunjungan tindak lanjut. Berikut ini beberapa langkah perawatan yang umum:

  • Pemantauan mata untuk memastikan proses pemulihan berjalan lancar
  • Penggunaan obat tetes mata untuk membantu mencegah infeksi dan peradangan
  • Menghindari aktivitas yang berisiko menambah tekanan pada mata, seperti mengangkat beban yang terlalu berat
  • Menggunakan pelindung mata saat tidur agar terlindungi dari risiko goresan atau gesekan saat tidur
  • Mencegah mata terkena air pada masa awal penyembuhan agar tak terjadi infeksi atau komplikasi lain
  • Menghindari paparan cahaya terang langsung, antara lain dengan mengenakan kacamata hitam
Baca Juga:  Mengistirahatkan Mata, Bagaimana Caranya?

Adakah Efek Samping Setelah ECCE (Extracapsular Cataract Extraction)

ECCE (extracapsular cataract extraction) adalah prosedur yang aman, tapi tetap ada kemungkinan muncul efek samping seusai operasi, seperti:

  • Mata terasa gatal
  • Penglihatan terasa kabur atau buram karena ukuran silinder kacamata bertambah pasca kornea dijahit
  • Mata kering karena produksi air mata berkurang pasca operasi
  • Sensitif terhadap cahaya atau fotofobia

ECCE (Extracapsular Cataract Extraction) di Primaya Hospital

Primaya Hospital adalah pilihan yang tepat untuk menjalani prosedur ECCE (extracapsular cataract extraction) dengan adanya fasilitas yang lengkap, peralatan medis terkini, serta tim medis yang profesional dan berpengalaman. Dengan komitmen memberikan pelayanan berkualitas, Primaya Hospital menawarkan layanan yang ramah pasien dan terintegrasi serta menjadikan keamanan dan kenyamanan pasien sebagai prioritas utama.

Narasumber:

dr. Olly Congga, Sp. M

Spesialis Mata

Priamaya Hospital Pasar Kemis

 

Referensi:

Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.