• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Gaya Hidup Sehat

Salah satu cara mencegah penyakit jantung adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Artinya, Anda harus mampu menjaga tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah tetap normal, termasuk menurunkan risiko serangan jantung.

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di dunia. Ada banyak hal yang dapat meningkatkan penyakit jantung, beberapa di antaranya tidak dapat kita kendalikan. Namun, ada banyak pula faktor risiko yang dapat Anda kendalikan.

buat jani dokter primaya

Apa Saja Faktor Risiko Penyakit Jantung?

faktor resiko penyakit jantung

Beberapa faktor risiko yang dapat mempengaruhi seseorang terkena penyakit jantung, salah satunya adalah pola hidup tidak sehat seperti merokok dan makanan berlemak. Adapun faktor risiko lainnya yang memicu penyakit jantung, yaitu:

1. Faktor Usia

Ketika usia seseorang semakin bertambah, maka tingkat risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi. Usia pria yang rentan terkena memasuki 45 tahun, sementara wanita memasuki usia 55 tahun atau mengalami menopause dini.

2. Riwayat Keluarga

Memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga berisiko terjadi pula pada keturunannya. Artinya, jika satu keluarga ada yang mengidap penyakit jantung, maka anggota keluarga lainnya berisiko mengalami penyakit jantung.

3. Diabetes

Seseorang yang mengidap penyakit diabetes rentan terkena penyakit jantung. Hal ini karena diabetes dapat menyebabkan penebalan pada dinding pembuluh darah sehingga dapat menghambat aliran darah karena adanya penyempitan.

4. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL masuk ke dalam saluran arteri. Jika hal ini terjadi, maka timbunan plak meningkatkan dan menghambat aliran darah ke seluruh tubuh.

5. Stres

Ketika seseorang mengalami stres berat, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang mengakibatkan pembuluh darah menjadi kaku. Kemudian hormon norepinephrine yang naik akan mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Apakah Penyakit Jantung Bisa Dicegah?

cara mencegah penyakit jantung

Menurut Cleveland Clinic, penyakit jantung dapat Anda cegah dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Meskipun Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung, tetapi dapat mencegahnya sejak dini agar tidak berkembang.

Penyakit jantung yang paling umum terjadi adalah Coronary Artery Disease (CAD) atau yang dikenal dengan penyakit jantung koroner. Jika Anda mengalami penyakit ini, maka ini terjadi karena ada plak di arteri koroner jantung Anda.

Arteri koroner adalah arteri yang memasok darah kaya akan oksigen ke jantung agar dapat berfungsi dengan baik. Ketika ada plak, maka akan menghalangi aliran darah ke jantung sehingga menyebabkan risiko terjadinya serangan jantung.

Plak di arteri tidak sepenuhnya bisa Anda cegah. Pembentukan plak di arteri biasanya mulai berkembang saat masih usia kecil atau usia remaja. Namun, perkembangannya dapat kita perlambat sehingga terhindar dari risiko penyakit jantung.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Jantung?

cara mencegah penyakit jantung

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung. Utamanya, Anda dapat mencegahnya secara alami dengan melakukan perubahan gaya hidup lebih sehat untuk menjaga fungsi jantung dan organ lainnya.

Baca Juga:  Diagnostic Coronary Angiography: Deteksi Penyumbatan Pembuluh Darah

Berikut ini cara mencegah penyakit jantung dengan menerapkan gaya hidup sehat untuk membantu meminimalisir risiko timbulnya penyakit jantung, di antaranya:

1. Hindari Merokok atau Vaping

Penggunaan tembakau merupakan salah satu faktor risiko memicu munculnya penyakit jantung, sehingga kebiasaan merokok harus Anda hindari. Orang merokok dua kali berisiko terkena serangan jantung dibandingkan tidak merokok.

Meskipun berhenti merokok bukanlah hal mudah, tetapi Anda harus mulai berpikir melindungi jantung dan pembuluh darah. Sedangkan bagi Anda yang belum pernah merokok, sebaiknya jangan memulainya dan hindari merokok.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Dengan konsumsi makanan yang menyehatkan jantung, hal ini dapat membantu sistem jantung berfungsi dengan baik. Makanan yang tidak sehat akan membuat jantung dan pembuluh darah bekerja keras untuk mengalirkan darah.

Menerapkan pola makan sehat untuk jantung memberikan nutrisi yang jantung butuhkan. Hal ini juga dapat menghilangkan kandungan yang dapat meningkatkan tekanan darah, penyumbatan arteri, dan masalah jantung lainnya.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Cara mencegah penyakit jantung yang efektif selanjutnya adalah jaga kadar kolesterol LDL, termasuk trigliserida. Sebab, kadar kolesterol LDL berkontribusi terhadap pembentukan plak di arteri koroner yang dapat menyumbat aliran darah.

Jika Anda ingin memeriksakan kadar kolesterol, maka dapat periksa ke dokter atau tempat pelayanan kesehatan. Pada alat tes akan muncul angka kolesterol dan tingkat trigliserida. Jika melebihi batas, konsultasikan dengan dokter.

4. Mengelola Diabetes

Perlu Anda ketahui, bahwa penderita penyakit diabetes memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Hal ini karena diabetes membuat Anda berisiko mengalami kondisi tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan trigliserida tinggi.

Kondisi ini dapat menyebabkan jantung bermasalah jika tidak segera periksakan. Oleh karena itu, menjaga diabetes sangat penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Periksa angka gula darah ideal Anda secara rutin.

5. Menjaga Berat Badan

Berat badan berlebih atau obesitas dapat memberikan pengaruh besar pada jantung dan pembuluh darah. Kondisi ini memungkinkan berkembang meningkatkan tekanan darah, kolesterol, meningkatkan risiko diabetes, dan trigliserida tinggi.

Baca Juga:  Sayuran yang Tidak Boleh untuk Penyakit Jantung, Ini Daftarnya!

Oleh karena itu, penting untuk menjaga dan mempertahankan berat badan ideal dengan konsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Orang yang memiliki berat badan yang berlebih memiliki risiko terkena penyakit jantung.

6. Lebih Banyak Bergerak

Untuk membantu jantung tetap sehat, salah satu caranya dengan lebih banyak bergerak atau berolahraga. Aktivitas fisik ini sangat penting dalam mencegah penyakit jantung karena dapat mencegah obesitas dan tekanan darah tinggi.

Anda dapat melakukan aktivitas olahraga intensitas sedang selama 30 menit selama lima hari seminggu, seperti jalan cepat, berenang, dan joging. Jika ingin olahraga berat, maka dapat melakukannya 25 menit selama tiga hari seminggu.

7. Pemeriksaan Tahunan

Melakukan medical check up atau pemeriksaan kesehatan tahunan adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung. Anda dapat memeriksakan kesehatan diri secara keseluruhan kepada dokter atau pelayanan kesehatan.

Dengan melakukan pemeriksaan rutin memunbkinkan dokter ataupun penyedia layanan kesehatan mengetahui tanda-tanda penyakit jantung sejak dini. Diagnosa dini memberi Anda peluang terbaik agar terhindar dari penyakit jantung.

Itulah beberapa cara yang efektif untuk mencegah penyakit jantung secara alami. Anda dapat menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga pola makan yang baik guna melindungi jantung Anda dari masalah atau risiko berbahaya.

Kapan Harus ke Dokter?

dokter

Jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit jantung, kemudian Anda tidak ingin terkena penyakit tersebut. Anda dapat menjaga pola hidup sehat agar faktor risiko keturunan penyakit jantung tidak mengalami perkembangan.

Bila perlu, Anda dapat melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter terkait dengan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Agar dokter bisa mengetahui kondisi Anda. Jika menemukan tanda-tandanya, maka dapat segera mencegahnya.

Menjaga kesehatan jantung memang sangatlah penting. Adapun salah satu cara mencegah penyakit jantung adalah menerapkan pola hidup sehat sejak dini. Jika ingin mengetahui kondisi jantung Anda, silahkan memeriksanya ke dokter.

Narasumber:

dr. Intan Muthia Rani, Sp. JP

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Primaya Hospital Tangerang

Referensi:

  • Heart disease prevention: Strategies to keep your heart healthy.  https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/in-depth/heart-disease-prevention/art-20046502. Diakses 20 Desember 2023.

  • Prevent Heart Disease. https://www.cdc.gov/heartdisease/prevention.htm. Diakses 20 Desember 2023.

  • How to Prevent Heart Disease. https://medlineplus.gov/howtopreventheartdisease.html. Diakses 20 Desember 2023.

  • 7 steps you can take to help prevent heart disease. https://health.ucdavis.edu/blog/cultivating-health/7-steps-you-can-take-to-help-prevent-heart-disease/2023/04. Diakses 20 Desember 2023.

  • How to Help Prevent Heart Disease. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/17385-heart-disease-prevention-and-reversal. Diakses 20 Desember 2023.

Share to :

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.