• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Prosedur Pemeriksaan Glukosa Darah (Puasa) untuk Cegah Diabetes

Pemeriksaan glukosa darah (puasa) merupakan prosedur medis untuk mengetahui tinggi rendahnya kadar gula dalam darah. Pemeriksaan gula darah juga penting dilakukan untuk mendeteksi sejak dini dan antisipasi penyakit gula (diabetes).

Gula darah memiliki peran penting dalam tubuh yakni sebagai sumber karbohidrat untuk menghasilkan energi. Namun, kadar gula yang tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, perlu pemeriksaan gula darah secara rutin.  

buat jani dokter primaya

Apa itu Pemeriksaan Glukosa Darah (Puasa)?

Gula darah atau glukosa adalah zat yang memiliki fungsi penting untuk tubuh. Insulin akan membuat gula darah dapat memasuki sel-sel tubuh dan diubah menjadi energi, sehingga kita dapat menggerakan tubuh.

Glukosa darah (puasa) adalah kadar gula yang kita periksakan setelah tidak makan dan minum selama minimal 8 jam. Pemeriksaan gula darah puasa dapat menjadi tolak ukur untuk skrining bagi penderita diabetes atau mereka yang tidak memiliki penyakit diabetes.

Bagi penderita diabetes, pemeriksaan gula darah puasa menjadi titik awal mengetahui berapa banyak jumlah insulin atau obat yang mereka butuhkan saat pengobatan. Ini dapat membantu penyesuaian dosis obat dari dokter.

Sementara bagi mereka yang tidak menderita  diabetes, kadar gula puasa dapat membantu mendiagnosis jika mengalami gejala. Ini juga merupakan protokol standar  pemeriksaan darah selama check up kesehatan tahunan.

Tujuan Pemeriksaan Glukosa Darah Puasa

Pemeriksaan gula darah puasa merupakan cara mudah dan umum untuk mengetahui kondisi prediabetes, diabetes, dan diabetes gestasional. Tujuan pemeriksaan ini juga untuk menguji efektivitas dari berbagai obat dalam pengendalian diabetes.

Itulah sebabnya, pemeriksaan gula darah sebelumnya harus berpuasa terlebih dahulu atau pada saat seharusnya berada di level terendah. Hal ini bertujuan untuk mengukur kadar gula dalam darah yang tepat dan akurat dalam tubuh.

Kisaran Gula Darah yang Normal

Kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia terjadi ketika terlalu banyak gula atau glukosa di dalam alirah darah. Ini dapat terjadi karena insulin tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Insulin adalah hormon pengontrol kadar gula di dalam darah.

Menurut American Diabetes Association, kadar gula darah puasa yang normal berada di angka kurang dari 100 ml/dL.

Jika kadar gula darah puasa antara 100 dan 125 mg/dL, maka Anda menderita prediabetes. Sedangkan dari pemeriksaan kadar gula darah puasa menunjukkan angka 126 mg/dL atau lebih tinggi, maka Anda  menderita penyakit  diabetes.

Baca Juga:  Pemeriksaan Kolesterol Total: Tujuan, Manfaat, dan Prosedur

Sementara hasil pemeriksaan kadar gula darah tanpa puasa antara 140-199 mg/dL, bisa jadi Anda menderita prediabetes. Jika Anda melakukan pemeriksaan gula darah tanpa puasa hasilnya di atas 200 ml/dL, maka Anda menderita diabetes.

Dengan mengetahui kadar gula setelah pemeriksaan, dokter dapat melakukan penanganan terhadap hasil pemeriksaan tersebut. Jika kadar gula darah puasa normal, maka tidak perlu pengobatan. Cukup menjaga pola hidup sehat saja.

Kapan Harus Cek Gula Darah Puasa?

Pemeriksaan glukosa atau gula darah untuk mendeteksi penyakit diabetes. Selain itu, pemeriksaan ini juga untuk menentukan obat paling cocok untuk penyakit diabetes. Lalu, kapan waktu yang tepat memeriksa kadar gula darah puasa?

Melansir Mayo Clinic, American Diabetes Association memberikan rekomendasikan tes gula darah puasa ketika seseorang sudah masuk kriteria sebagai berikut:

  • Berusia lebih dari 45 tahun dengan hasil pemeriksaan normal, tetapi orang tersebut harus melakukan pemeriksaan kembali setiap tiga tahun sekali.
  • Memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang overweight (>23 untuk orang Asia) dan memiliki faktor risiko seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan riwayat diabetes keluarga.
  • Orang yang telah terdiagnosa mengalami prediabetes, maka harus melakukan tes atau pemeriksaan kadar gula puasa setiap setahun sekali untuk kontrol.
  • Wanita hamil yang mengalami diabetes gestasional harus melakukan pemeriksaan kadar gula darah. Meski kondisi ini bisa sembuh setelah melahirkan.

Kondisi prediabetes, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional seringkali tidak menunjukkan tanda atau gejala awal. Oleh karena itu, pemeriksaan kadar gula darah puasa ini bermanfaat untuk membantu mendeteksi kondisi tersebut.

Prosedur Pemeriksaan Glukosa Darah Puasa

Ada sejumlah prosedur yang harus Anda perhatikan ketika ingin cek dan memeriksa kadar gula darah. Jika Anda melakukan pemeriksaan glukosa darah (puasa), maka tidak boleh makan dan minum apapun (puasa) selama minimal  8 jam.

Sebelum pemeriksaan, dokter mungkin akan menanyakan adakah obat yang sedang Anda konsumsi. Hal ini karena obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi nilai kadar gula darah.

Pemeriksaan biasanya berlangsung di pagi hari setelah sebelumnya berpuasa dan prosedur dengan mengambil sampel darah biasa. Adapun prosedur pengambilan darah oleh petugas kesehatan (flebotomis) adalah sebagai berikut:

  • Pasien duduk di tempat yang tersedia.
  • Flebotomis memeriksa lengan untuk menemukan pembuluh darah. Biasanya pembuluh darah berada  di bagian dalam lengan atau area dalam siku.
  • Setelah menemukan pembuluh darah di lengan, flebotomis membersihkan dan desinfeksi area dalam siku untuk membunuh kuman/
  • Mengikat pita atau tali di sekitar lengan atas, tujuannya agar pembuluh darah di lengan terisi dengan darah, terfiksasi dan memudahkan mengambilnya.
  • Langkah selanjutnya, flebotomis memasukkan jarum bersih ke dalam vena untuk mengambil sampel darah pasien.
  • Darah kemudian akan terkumpul di tabung reaksi, kemudian pada tabung ada label identitas pasien agar tidak tertukar dengan yang lain.
  • Setelah memperoleh cukup darah untuk pengujian atau pemeriksaan gula darah, flebotomis akan melepaskan jarum dari lengan pasien.
  • Terakhir, menempelkan bola kapas atau kain kasa untuk menghentikan pendarahan, lalu memplester area tersebut
Baca Juga:  Pemeriksaan Kolesterol HDL: Tujuan dan Cara Membaca Hasilnya

Setelah mengambil sampel darah, petugas mengirim sampel darah ke laboratorium untuk tahap pengujian. Pemeriksaan sampel darah untuk mengetahui kadar gula darah sangat singkat dan Anda dapat langsung pulang di hari yang sama.

Pada beberapa kasus, petugas kesehatan mungkin memeriksa dengan menusukkan jarum di jari, meneteskan darah pada strip, kemudian petugas akan mengecek kadar gula darah melalui monitor alat tes gula darah.

Tempat Pemeriksaan Gula Darah

Jika Anda ingin memeriksakan gula darah, maka dapat mengunjungi pelayanan kesehatan di rumah sakit atau laboratorium kesehatan yang terpercaya. Saat ini juga telah ada layanan cek gula darah yang dapat Anda panggil ke rumah.

Jadi, Anda tidak perlu datang ke rumah sakit ataupun laboratorium untuk pemeriksaan dan pengujian. Anda dapat menggunakan layanan cek gula darah panggilan terpercaya.

Pemeriksaan glukosa darah (puasa) merupakan sesuatu yang penting untuk mengetahui kadar gula dalam darah apakah normal atau tidak. Jika kadarnya tinggi, maka konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan.

Narasumber:

Dr. Hendro Pratomo Setyo, Sp. PK

Spesialis Patologi Klinik

Primaya Hospital Semarang

Referensi:

  • Mean fasting blood glucose. https://www.who.int/data/gho/indicator-metadata-registry/imr-details/2380. Diakses 6 Januari 2024.

  • Blood Glucose (Sugar) Test: Levels & What They Mean. https://my.clevelandclinic.org/health/diagnostics/12363-blood-glucose-test. Diakses 6 Januari 2024.

  • Fasting blood sugar (glucose): Normal levels and testing. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317466. Diakses 6 Januari 2024.

  • Diabetes Diagnosis & Tests. https://diabetes.org/about-diabetes/diagnosis. Diakses 6 Januari 2024.

  • Normal Range for Fasting Glucose Levels. https://www.healthline.com/health/diabetes/fasting-glucose-normal-range. Diakses 6 Januari 2024.

Share to :

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.