• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Bintik Merah Saat Demam, Kapan Harus ke Dokter?

Bintik Merah Saat Demam, Kapan Harus ke Dokter

Demam berdarah memiliki gejala umum berupa bercak atau bintik-bintik merah pada kulit.  Beberapa penyakit lain juga punya ciri bintik merah sehingga perlu diagnosis dokter untuk memastikan apakah seseorang terkena DBD atau tidak.

 


Penyebab lain Bintik Merah Saat Demam

Beberapa penyakit atau kondisi kesehatan lain punya ciri berupa bercak atau bintik merah pada kulit seperti demam berdarah.

Penyakit tersebut antara lain:

  • Campak
  • Alergi
  • Sirap
  • Demam scarlet
  • Eksim
  • Gigitan kutu
  • Kudis
  • Tifus
  • Selulitis
  • Cacar air

Baik campak, DBD, maupun tifus juga bisa menimbulkan ruam di kulit. Namun, ruam campak memiliki ciri khas tersendiri. Ruam campak akan muncul 3–5 hari setelah gejala awal terjadi dan diawali dengan bintik-bintik Koplik (bintik-bintik merah kecil dengan bagian tengah berwarna biru-putih) di dalam mulut pada lapisan dalam pipi.

Setelah itu, ruam kulit yang terdiri dari bercak-bercak yang lebih besar dan rata juga bisa muncul dan menyebar dari wajah ke seluruh tubuh. Bintik merah pada campak, DBD, maupun tifus juga bisa menimbulkan ruam di kulit.

Namun, ruam campak memiliki ciri khas tersendiri. Ruam campak akan muncul 3–5 hari setelah gejala awal terjadi dan diawali dengan bintik-bintik Koplik (bintik-bintik merah kecil dengan bagian tengah berwarna biru-putih) di dalam mulut pada lapisan dalam pipi. Setelah itu, ruam kulit yang terdiri dari bercak-bercak yang lebih besar dan rata juga bisa muncul dan menyebar dari wajah ke seluruh tubuh. Bintik merah pada campak akan berkurang pada minggu kedua dan meninggalkan bekas terkelupas dan kehitaman.

Baca Juga:  Efektivitas Angkak Sebagai Obat Tradisional Demam Berdarah

Sedangkan ruam kulit pada DBD, berupa bintik-bintik merah muncul 2–5 hari setelah demam. Keluarnya bintik merah pada kulit menandakan bahwa pengidap sedang dalam masa kritis. Bintik tersebut terjadi akibat perdarahan dan bila ditekan warnanya tidak pudar. Pada hari keempat dan kelima, bercak tersebut akan menghilang tanpa bekas.

Pada tifus, ruam kulit bisa muncul di punggung atau dada dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, berkurang pada minggu kedua dan meninggalkan bekas terkelupas dan kehitaman.Sedangkan ruam kulit pada DBD, berupa bintik-bintik merah muncul 2–5 hari setelah demam. Keluarnya bintik merah pada kulit menandakan bahwa pengidap sedang dalam masa kritis. Bintik tersebut terjadi akibat perdarahan dan bila ditekan warnanya tidak pudar. Pada hari keempat dan kelima, bercak tersebut akan menghilang tanpa bekas.

Pada tifus, ruam kulit bisa muncul di punggung atau dada dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.Sedangkan pada alergi, gigitan kutu, eksim, ruam dirasakan dengan gejala gatal.

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tidak ada obat untuk menghilangkan bintik merah demam berdarah. Bintik ini akan hilang sendiri ketika pasien memasuki fase pemulihan. Pada fase ini, jumlah trombosit sudah kembali naik ke level normal.

Baca Juga:  Inflammatory Bowel Disease (IBD)

 

Kapan Harus ke Dokter?

Bintik merah pada kulit yang muncul beserta demam adalah alarm peringatan bahwa mungkin terjadi infeksi virus dengue dari gigitan nyamuk Aedes aegypti. Bila Anda curiga terkena demam berdarah, lebih baik periksakan diri ke dokter ketika melihat adanya bintik merah tersebut. Diagnosis dini akan memperbesar peluang pemulihan pasien dan menghindari risiko komplikasi demam berdarah, termasuk kematian.

 

Reviewed by

dr. Nitya Prasanta, Sp.PD

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Primaya Hospital Karawang

 

Referensi:

  • Skin rash from dengue fever. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3847512/. Diakses 3 April 2022
  • How is rash characterized in dengue? https://www.medscape.com/answers/215840-43504/how-is-rash-characterized-in-dengue. Diakses 3 April 2022
  • Clinical significance of skin rash in dengue fever: A focus on discomfort, complications, and disease outcome. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S199576451630102X. Diakses 3 April 2022
  • Dengue Fever. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/dengue-fever-reference. Diakses 3 April 2022
  • Differential Diagnosis of Dengue Fever: Beware of Measles https://academic.oup.com/jtm/article/19/4/268/1816028. Diakses 3 April 2022
Bagikan ke :

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.