• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Pemeriksaan Asam Urat dan Ketahui Kadar Normalnya

Tes asam urat atau uric acid adalah tes untuk mengukur seberapa tinggi atau rendah kadar uric acid di dalam darah. Tes ini juga dapat membantu menentukan seberapa baik tubuh memproduksi kadar uric acid di dalam darah.

Pengujian uric acid membutuhkan sampel darah yang diambil dari pembuluh darah vena di lengan. Selain itu, pemeriksaan zat ini juga dapat diketahui melalui urine. Lalu, bagaimana prosedur pemeriksaan uric acid? Berapa kadar normalnya?

buat jani dokter primaya

Apa itu Pemeriksaan Asam Urat?

Asam urat adalah zat sisa dari pemecahan zat yang bernama purin. Zat ini larut dalam tubuh, sementara sisa zat yang belum terlarut masuk ke ginjal dan keluar dari tubuh lewat urine. Uric acid dalam batas normal tidak berbahaya bagi tubuh.

Oleh karena itu, perlu sebuah tes atau pemeriksaan kadar uric acid di dalam tubuh. Pemeriksaan ini merupakan rangkaian tes yang biasanya dilakukan saat menjalani medical check up. Tes biasanya bersamaan dengan tes darah lainnya.

Namun, Anda dapat melakukan pemeriksaan uric acid ketika tubuh mulai menunjukkan gejala kenaikkan uric acid dari batas normal. Pemeriksaan ini juga dapat Anda lakukan ketika ada gejala penyakit asam urat atau batu ginjal.

Tujuan Pemeriksaan Asam Urat

Sebenarnya test uric acid tidak harus dilakukan pada pemeriksaan tes darah rutin. Namun, jika Anda memiliki masalah kesehatan karena penyebabnya kadar uric acid yang tinggi, maka lebih baik mengukur tingkat kadarnya.

Kadar uric acid yang tinggi dapat menyebabkan penyakit uric acid dan harus menurunkannya agar tidak berbahaya bagi tubuh. Sementara itu, tujuan yang paling umum dari pemeriksaan kadar uric acid adalah sebagai berikut:

  • Mendiagnosa orang dengan uric acid

  • Memantau orang yang menjalani kemoterapi

  • Pemeriksaan fungsi ginjal setelah cedera

  • Penerimaan penyebab batu ginjal

  • Mendiagnosa adanya kelainan ginjal

Selain itu, Anda juga mungkin memerlukan pemeriksaan uric acid jika:

  • Mengalami nyeri sendi atau bengkak

  • Anda sedang menjalani kemoterapi

  • Ketika akan memulai kemoterapi

  • Sering Menderita batu ginjal

  • Pernah terdiagnosa menderita uric acid

Manfaat Pemeriksaan Asam Urat

Jika terlalu banyak uric acid di dalam tubuh, maka dapat membentuk kristal di persendian. Kondisi ini akan menimbulkan peradangan dan rasa nyeri di persendian jika dibiarkan begitu saja tanpa pemeriksaan dan pengobatan.

Bahkan, uric acid yang sudah parah dapat memicu penyakit lain seperti gagal ginjal dan batu ginjal. Oleh karena itu, penting menerapkan pola makan sehat untuk menghindari naiknya uric acid di dalam tubuh.

Selain itu, cobalah memeriksa atau mengecek tingkat uric acid dalam tubuh Anda apakah masih tergolong normal atau tidak. Pemeriksaan uric acid juga bermanfaat untuk:

  • Mendeteksi tingginya kadar uric acid dalam darah

  • Memantau pemandabfab penderita penyakit uric acid

  • Memantau pasien yang menjadi kemoterapi dan radiasi
Baca Juga:  Penyakit Limfoma: Gejala, Mencegah dan Mengobati

Kisaran Kadar Asam Urat yang Normal

Sebenarnya uric acid dalam tubuh seseorang akan berbeda-beda. Hal ini tergantung dari asupan makanan yang mereka konsumsi setiap hari. Jika sering mengkonsumsi makanan pemicu uric acid, maka kadarnya akan tinggi di dalam tubuh.

Melansir Healthline, terdapat acuan untuk menentukan kadar uric acid normal pada tubuh seseorang. Kadar uric acid normal adalah 1,5-6,0 mg/dL untuk wanita dan untuk pria normalnya kadar uric acid dalam tubuh adalah 2,5-7,0 mg/dL.

Setiap laboratorium biasanya memiliki nilai yang berbeda, tetapi masih berada dalam kisaran angka tersebut. Berikut resiko jika kadar uric acid terlalu tinggi dan rendah dalam tubuh:

1. Kadar Uric Acid Tinggi dalam Darah

Jika kadar Uric Acid tinggi dalam darah, maka hal ini menjadi tanda Anda mengkonsumsi makanan tinggi purin. Kondisi ini jika Anda biarkan, maka akan menyebabkan penyakit batu ginjal dan masalah gangguan preeklampsia.

2. Kadar Uric Acid Tinggi dalam Urine

Sementara jika pemeriksaan melalui urine hasilnya tinggi, maka hal ini dapat menyebabkan kondisi kesehatan seperti diabetes, obesitas, atau kanker seperti leukemia dan multiple myeloma. Hal ini akibat konsumsi makanan tinggi purin.

3. Kadar Uric Acid Rendah dalam Darah

Meski kadarnya tergolong rendah dan tidak membahayakan, ini bukan berarti tidak menimbulkan masalah kesehatan. Kondisi ini mungkin berkaitan dengan penyakit hati atau ginjal, serta efek samping dari pengobatan allopurinol.

4. Kadar Uric Acid Rendah dalam Urine

Ketika hasil pemeriksaan angkanya rendah di bawah normal, hal ini dapat menjadi pertanda bahwa seseorang menderita penyakit ginjal. Selain itu, kadar uric acid rendah dapat terjadi karena minum alkohol berlebihan dan keracunan timbal.

Prosedur Pemeriksaan Asam Urat

Berdasarkan sampel pemeriksaan kadar uric acid di dalam tubuh, ada dua metode yang dapat petugas kesehatan lakukan untuk mengukur tingkat kadar asam urat, yaitu sampel darah dan sampel urine. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pemeriksaan dengan Sampel Darah

Sebelum pemeriksaan, dokter akan meminta Anda untuk berpuasa dahulu. Selanjutnya pengambilan sampel darah dengan mengambil darah dari pembuluh darah vena di lengan. Kemudian sampel darah diperiksa di bagian laboratorium.

Baca Juga:  Penyakit Maag: Gejala, Mencegah dan Mengobati

Tes kadar uric acid ini dengan sampel darah ini juga dapat dengan cara memasukkan jarum kecil di ujung jari, kemudian tetes darah yang keluar diperiksa ke ujung alat. Hasil tes akan muncul di layar monitor dalam hitungan menit.

Meski tergolong praktis dan cepat, tetapi tes dengan alat portabel ini bersifat skrining. Artinya, cara ini hanya memberikan gambaran kadar uric acid dalam tubuh. Jika ingin hasil yang akurat, maka tes di rumah sakit atau laboratorium.

2. Pemeriksaan dengan Sampel Urine

Metode pemeriksaan dengan sampel urine biasanya Anda akan diberikan wadah untuk menampung urine selama 24 jam. Jika ingin hasil pemeriksaan lebih akurat, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pada pagi hari, setelah bangun tidur langsung buang air kecil. Namun, Anda tidak perlu menampung urine tersebut, cukup catat jam berapa Anda buang air kecil.

  • Menampung urine saat Anda buang air kecil ke wadah yang berbeda selama waktu 24 jam, lalu catat waktunya. Kemudian simpan wadah tampungan urine di kulkas.

  • Setelah sampel urine 24 jam terkumpul, serahkan wadah isi urine ke laboratorium untuk pengujian. Hasil pemeriksaan akan petugas berikan dalam beberapa hari.

Tempat Pemeriksaan Asam Urat

Pemeriksaan uric acid merupakan tes penting untuk mendiagnosa dan membantu Anda mengendalikan gejala penyakit asam urat. Oleh karena itu, pemeriksaan yang akurat dapat Anda lakukan di laboratorium atau rumah sakit terpercaya.

Jika ingin memperoleh tindakan medis yang tepat, maka konsultasikan dengan dokter dengan membuat janji atau jadwal pemeriksaan. Hal ini dapat membantu Anda mengukur kadar uric acid dalam tubuh yang tepat dan sesuai prosedur.

Dari hasil pemeriksaan asam urat dapat menentukan kesehatan Anda. Jika hasilnya normal, maka ini sebagai tanda Anda tidak mengalami gangguan kesehatan kronis. Meski begitu, selalu menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Narasumber:

dr. Nitya Prasanta, Sp. PD

Spesialis Penyakit Dalam

Primaya Hospital Karawang

Referensi:

  • Uric Acid Test: MedlinePlus Medical Test. https://medlineplus.gov/lab-tests/uric-acid-test/. Diakses 8 Januari 2024.

  • Uric Acid Test (Blood Analysis). https://www.healthline.com/health/uric-acid-blood. Diakses 8 Januari 2024.

  • What Is a Uric Acid Blood Test?. https://www.webmd.com/arthritis/uric-acid-blood-test. Diakses 8 Januari 2024.

  • Uric Acid Test: Uses, Side Effects, Procedures, Results. https://www.verywellhealth.com/uric-acid-test-4769739. Diakses 8 Januari 2024.

  • Uric acid test: Types, preparation, results, outlook, and more. https://www.medicalnewstoday.com/articles/uric-acid-test. Diakses 8 Januari 2024.

Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.