• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Kenali Penyebab Cedera Mata dan Cara Mengatasinya

cedera mata

Cedera mata dapat terjadi akibat berbagai cedera yang membuat mata bengkak, sakit mata, dan gejala lainnya. Bahkan, cedera lebih serius pada mata dapat menyebabkan kehilangan fungsi penglihatan secara permanen atau kebutaan.

Mata merupakan bagian tubuh yang berperan penting dalam hidup manusia. Ketika mata mengalami cedera dapat menimbulkan berbagai gejala yang perlu diketahui. Cedera pada mata juga dapat terjadi kapan saja dan penyebabnya bervariasi.

buat jani dokter primaya

Lalu, apa penyebab utama cedera pada mata? Seperti apa mata yang mengalami cedera? Bagaimana cara mengatasi mata yang cedera? Jika pemasaran tentang cedera pada mata, simak penjelasan di bawah ini hingga akhir!

Apa itu Cedera Mata?

cedera mata

Cedera pada mata merupakan suatu kondisi terjadi kerusakan jaringan bagiannya seperti saraf mata, kelopak kata, dan rongga orbita. Kondisi mata rusak ini terjadi karena adanya benda tumpul, tajam, atau zat kimia mengenai mata.

Pada umumnya, cedera mata penyebabnya karena ada partikel yang masuk ke mata seperti debu, serbuk kayu, serpihan logam, dan zat keras lainnya. Selain itu, cedera pada mata juga bisa disebabkan oleh partikel kimia dan energi radiasi.

Cedera pada mata dapat sembuh dengan istirahat dan perawatan di rumah. Namun, kondisi tertentu dapat menyebabkan kerusakan mata yang lebih serius dan bahkan kehilangan penglihatan sehingga perlu pemeriksaan dokter.

Kondisi cedera pada mata yang lebih serius harus ditangani dengan tindakan medis, agar fungsi dan kesehatan mata tidak terancam. Jika keadaan darurat, pertolongan pertama juga penting untuk mencegah cedera semakin parah.

Kenali Gejala Cedera Mata

gejala cedera mata

Siapapun bisa mengalami cedera pada mata, orang yang melakukan olahraga dengan kontak fisik seperti sepak bola dan tinju memiliki resiko, termasuk pekerja dengan bahan kimia atau laser berpotensi cedera pada mata yang lebih tinggi.

Jika menunjukkan salah satu tanda dan gejala ini pada orang lain atau diri sendiri, segera periksa ke dokter. Adapun gejala cedera pada mata umumnya, seperti:

  • Rasa sakit mata yang berkelanjutan
  • Kesulitan melihat dengan jelas
  • Kelopak mata mengalami robek
  • Satu mata tidak bergerak sebagaimana mata lainnya
  • Mata memiliki ukuran pupil yang tidak biasa
  • Terdapat darah pada bagian mata
  • Terdapat benda asing di kelopak mata yang sulit hilang

Masuknya partikel seperti pasir, debu atau partikel kecil lainnya pada mata biasanya bukan kondisi darurat. Kondisi ini masih bisa ditangani dengan membilas mata dengan air atau kedipan mata hingga partikel keluar dari mata.

Baca Juga:  Buta Warna: Gejala, Penyebab dan Mengatasi

Penyebab Utama Cedera Mata

cedera mata

Penyebab cedera mata bisa terjadi karena berbagai kondisi, mulai dari yang ringan hingga fatal. Berikut beberapa kondisi yang paling umum mengakibatkan cedera pada bagian mata yang penting diketahui, yaitu antara lain:

1. Benda Asing Masuk Mata

Masuknya benda asing ke mata menjadi salah satu penyebab cedera, seperti serbuk kayu, serpihan logam, debu, dan partikel kecil lainnya. Keluhan yang dirasakan berupa ada rasa mengganjal atau sakit pada mata hingga mata berair.

Jika benda asing mengenai kornea, hal ini bisa menyebabkan ulkus kornea / luka terbuka pada kornea. Dampaknya, penglihatan terganggu karena bagian ini merupakan jalur masuknya cahaya sehingga penting melakukan pemeriksaan ke dokter.

2. Mata Terbentur Benda Tumpul

Cedera pada mata bisa disebabkan adanya benturan benda tumpul seperti terkena bola basket atau bola bisbol yang bergerak cepat dan mengenai mata. Selain itu, bisa juga disebabkan adanya pukulan keras mengenai mata.

Mata yang terkena benturan benda tumpul bisa menimbulkan keluhan. Jika cedera pada mata ringan, bagian kelopak mata membengkak atau memar. Sementara pada cedera parah, bisa terjadi pendarahan dalam mata atau hifema.

3. Mata Terpapar Bahan Kimia

Penyebab cedera pada mata selanjutnya adalah paparan bahan kimia. Kerusakan yang ditimbulkan bisa berbeda, tergantung dari jenis bahan kimia, berapa lama bahan kimia di mata, dan kedalaman bahan kimia masuk ke mata.

Misalnya bahan kimia uap, cedera yang ditimbulkan pada mata hanya terjadi iritasi mata. Akan tetapi, ketika mata terkena bahan kimia keras seperti cairan alkali, kerusakan yang terjadi lebih serius dan bahkan kelingan penglihatan.

4. Mata Terpapar Radiasi

Paparan sinar ultraviolet dari matahari dan sinar radiasi lainnya seperti radioterapi, tidak hanya membakar kulit tetapi bisa merusak bagian mata. Cedera pada mata yang terjadi menimbulkan mata merah, berair, dan sensitif cahaya.

Keluhan yang ditimbulkan akibat radiasi memang tergolong ringan, tapi jangan disepelekan. Dalam jangka panjang, cedera pada mata ini bisa menyebabkan katarak ataupun degenerasi makula, yaitu kerusakan pada bagian retina mata.

Cara Mengatasi Cedera Mata

mengatasi cedera mata

Penanganan cedera mata tergantung dari penyebabnya. Jika cedera mata tergolong ringan, bisa melakukan perawatan secara mandiri di rumah. Berikut beberapa cara mengobati dan mengatasi cedera pada mata, di antaranya:

Baca Juga:  Mengenal Gejala Cedera Bahu dan Penanganannya

1. Kompres Mata yang Cedera

Jika kondisi cedera pada mata berupa bengkak atau mata merah, maka bisa dikompres dengan air dingin. Caranya basahi handuk dengan air dingin dan tekan kain handuk pada bagian yang cedera. Lakukan beberapa kali sampai bengkak membaik.

2. Jangan Mengucek Mata

Jika mata kemasukan partikel kecil atau benda asing, kedipkan mata atau basuh dengan air hingga benda tersebut keluar dari mata. Hindari mengucek mata yang dapat menyebabkan iritasi atau mata merah dan risiko bahaya lainnya.

3. Pasang Pelindung Mata Cedera

Memasang pelindung mata yang cedera menjadi salah atau cara untuk menghindari mata dari debu atau kotoran yang bisa memperparah kondisi. Cara ini bisa Anda lakukan sebelum melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

4. Membilas Mata dengan Air

Jika cedera pada mata disebabkan zat kimia, pertolongan pertama bisa membilas mata dengan air yang banyak. Jika mengalami luka bakar, maka segera mencari bantuan medis untuk mendapatkan penanganan segera oleh dokter.

5. Pemeriksaan Diri ke Dokter

Jika kondisi cedera pada mata tidak kunjung membaik, maka segera periksakan diri ke dokter. Adapun kondisi yang membutuhkan bantuan medis seperti:

  • Ada luka pada bola mata atau kelopak mata
  • Penglihatan kabur atau menghilang
  • Ada darah atau kabut di belakang kornea mata
  • Rasa sakit di mata yang parah dan tak tertahankan

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

dokter mata

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ketika kondisi cedera pada mata tidak kunjung sembuh maka segera periksakan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan terkait dengan kondisi dan penyebab cedera pada mata pasien.

Jika kondisi cedera pada mata masih ringan, dokter mungkin memberi saran atau terapi yang harus dilakukan di rumah. Jika kondisi cedera parah, dokter akan melakukan tindakan penanganan cedera sesuai dengan prosedur.

Jadi, ketika Anda mengalami cedera mata dan diketahui penyebabnya maka bisa melakukan penanganan sendiri di rumah ketika kondisi tidak parah. Sementara itu, jika kondisi cedera parah maka sebaiknya periksa segera ke dokter.

 

Reviewed by

dr. Farah Aulya

Dokter Primaya Hospital Bekasi Timur

Referensi:

  • Eye Injury: Symptoms, Treatment, Causes. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16988-eye-injuries. Diakses pada 25 Juni 2023.
  • Recognizing and Treating Eye Injuries. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/injuries. Diakses pada 25 Juni 2023.
Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.