• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Penyebab Tennis Elbow dan Cara Penanganannya

penyebab tennis elbow

Dari sekian banyak cedera olahraga, ada salah satu jenis cedera yang kerap dirasakan oleh petenis atau pebulutangkis, yaitu tennis elbow. Karena menimbulkan rasa kurang nyaman hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya ketahui pengertian dan penyebab tennis elbow.

Pada dasarnya, ada banyak sekali faktor yang memicu munculnya tennis elbow itu sendiri. Menghindari berbagai penyebabnya tersebut merupakan cara jitu menjaga komponen tubuh agar tetap berfungsi dengan baik. Penasaran dengan penjelasan lebih lengkapnya? Simak artikel ini sampai selesai. 

buat jani dokter primaya

Sekilas Tentang Tennis Elbow

penyebab tennis elbow

Namanya mungkin masih asing di telinga banyak orang, namun sebenarnya tennis elbow merupakan cedera paling umum menyerang area lengan. Tennis elbow sendiri merupakan sebuah kondisi medis di mana siku bagian luar terasa sakit.

Cedera yang memiliki nama lain epikondilitis lateral ini menimbulkan rasa sakit yang  menyebar ke lengan bagian bawah hingga pergelangan tangan. Tetapi rasa sakitnya paling terasa di bagian tendon, yaitu sebuah jaringan ikat yang melekatkan otot ke tulang.

Pada kebanyakan kasus, rasa sakitnya paling sering akan muncul di area tendon dari otot-otot di lengan bawah yang melekat pada tulang menonjol di bagian luar siku. Para ahli medis lebih mengenalnya dengan istilah epikondilitis lateral.

Gejala-Gejala yang Muncul

penyebab tennis elbow

Rasa sakit di sisi luar lengan bagian tengah, tepatnya berada pada bagian bawah siku yang seringkali menyebar hingga ke pergelangan tangan, merupakan gejala umum dari munculnya tennis elbow.

Tidak di semua kondisi, Untuk mempermudah diagnosa, pahami hal-hal berikut, rasa sakit tersebut muncul pada waktu-waktu tertentu seperti saat:

  • Mengangkat benda berat
  • Meluruskan dan menekuk tangan
  • Melakukan gerakan memutar, misalnya saat memutar knop pintu atau membuka tutup toples
  • Bersalaman, menulis, atau menggenggam benda kecil, seperti pensil.

Ada satu lagi gejala yang seringkali muncul pada penderita tennis elbow yaitu berupa adanya rasa kaku pada siku saat bangun tidur. Bersamaan dengan itu, timbul benjolan pada siku yang terasa sakit ketika tersenggol atau tersentuh.

Penyebab Tennis Elbow

penyebab tennis elbow

Kondisi tersebut sering terjadi ketika otot ekstensor carpi radialis brevis (ECRB) yang letaknya di lengan bawah mengalami kerusakan. Faktornya ada beragam, tetapi paling sering adalah stres berulang yang akhirnya melemahkan otot ECRB dan menimbulkan robekan kecil.

Akibat robekan itu, akhirnya muncul rasa sakit karena otot yang meradang. Supaya otot ECRB tetap dalam kondisi baik, hindari melakukan kegiatan ini terlalu intens. 

  • Sering menggunakan obeng, palu, atau komputer
  • Tenis dan jenis olahraga raket lainnya. 
  • Main golf 
  • Berenang
  • Memutar kunci
Baca Juga:  Cedera Kepala Ringan: Memahami Risiko & Tindakan Pertolongan

Faktor Risiko

penyebab tennis elbow

Seseorang akan jauh lebih berisiko mengalami cedera tennis elbow karena beberapa alasan. Begini penjelasannya:

  • Usia: Tennis elbow memang bisa menyerang siapapun, akan tetapi orang dengan rentang usia 30 – 50 tahun lebih berisiko mengalaminya karena kondisi otot semakin melemah. 
  • Melakukan pekerjaan tertentu: Bidang pekerjaan yang melibatkan gerakan berulang pada pergelangan tangan dan lengan akan meningkatkan kemungkinan timbulnya rasa sakit di siku bagian luar. Jenis pekerjaannya yaitu tukang ledeng, pelukis, tukang kayu, tukang daging dan juru masak.
  • Sering menjalankan olahraga berat: Jenis olahraga yang menggunakan raket berperan penting meningkatkan risiko tennis elbow, terutama jika menggunakan teknik pukulan yang buruk.

Cara Dokter Mendiagnosis

diagnosa

Dalam mendiagnosa, dokter akan melakukan beberapa tahapan penting, pertama adalah memeriksa kondisi fisik, menanyakan mengenai gejala, riwayat kesehatan, dan obat yang pasien konsumsi, serta riwayat kegiatan atau pekerjaan.

Untuk mengetahui seberapa parah kondisi pasiennya, setelah dokter melakukan pemeriksaan fisik dan tanya jawab, maka dokter akan menjalankan serangkaian pemeriksaan menggunakan bantuan alat canggih.

  • Sinar-X: Menggunakan pemeriksaan sinar X-Ray, bagian tulang terlihat jelas. Tujuannya adalah untuk menyingkirkan kemungkinan diagnosis yang memiliki gejala serupa seperti radang sendi atau patah tulang.
  • USG/CT-Scan/MRI : Prosedur medis yang masuk ke dalam tes pencitraan mulai dari, ultrasound, MRI atau CT scan dengan tujuan untuk menilai kerusakan tendon dan otot.
  • Elektromiografi (EMG): Berfungsi untuk memeriksa saraf terkompresi, caranya yaitu dengan mengukur aktivitas listrik otot dan saraf yang bekerja di sekitar siku.

Pengobatan Tennis Elbow

pengobatan tennis elbow

Pada sebagian besar kasus, cedera tennis elbow bisa sembuh tanpa operasi. Tetapi, dokter biasanya akan memberikan saran perawatan seperti:

  • Cara untuk mengembalikan kesehatan lengan adalah dengan mengistirahatkan lengan selama beberapa minggu.
  • Mengompres bagian yang cedera dengan es, caranya yaitu letakkan kompres es di atas siku selama beberapa waktu untuk  mengurangi peradangan dan meredakan nyeri.
  • Bantu proses penyembuhan dengan konsumsi obat bebas, seperti aspirin dan ibuprofen.

Komplikasi yang Muncul

komplikasi tennis elbow

Penanganan yang cepat dan tepat akan menurunkan resiko terjadinya komplikasi. Namun sebaliknya, tennis elbow yang tidak mendapatkan penanganan tepat, bisa memicu berbagai masalah lainnya.

Baca Juga:  Kurangi Risiko Cedera dengan Olahraga Secara Teratur

Komplikasi yang sering muncul yaitu berupa cedera berulang, putus tendon akibat suntikan steroid berulang, hingga kegagalan dalam perawatan non-operatif atau operatif.

Selain Memahami Penyebab Tennis Elbow, Ketahui Juga Cara Penanganannya

pencegahan tennis elbow

Kegiatan manusia yang sangat banyak dan sebagian besar bertumpu pada lengan membuat kemunculan tennis elbow tidak mudah dihindari. Bagi yang sering angkat-angkat berat dan bekerja dengan bertumpu pada lengan, pastikan untuk menghindari penyebabnya.

Lakukan juga tindakan pencegahan supaya lengan tetap kuat dan sanggup mengangkat benda berat sesuai batas kemampuannya. Lebih lanjutnya, simak pembahasan berikut:

  • Seorang atlet badminton atau tenis, pilih raket dan penunjang lain yang berbobot ringan, sehingga tidak terlalu membebani siku.
  • Menghindari penggunaan siku secara berlebihan, apalagi dengan gerakan yang berulang.
  • Menggunakan kain penahan dengan desain khusus untuk mencegah tennis elbow saat berolahraga (khususnya tenis atau badminton).
  • Hentikan atau batasi aktivitas yang bisa memicu nyeri di siku.
  • Pastikan tidak terlalu membebani siku dan pergelangan tangan saat menjalankan berbagai aktivitas.
  • Meningkatkan kekuatan otot lengan bawah dengan bantuan ahli fisioterapi.
  • Jika ingin berolahraga, pastikan untuk melakukan pemanasan dan peregangan lengan dengan baik. Agar tidak sembarangan, ketahui tipsnya pada artikel: Jangan Sembarangan, Inilah 5 Tips Pemanasan yang Benar.
  • Rutin melakukan latihan otot untuk menjaga kekuatan dan kelenturan lengan bawah.

Setelah menjalani aktivitas fisik yang berat, pastikan untuk menggunakan kompres dingin pada siku.

Kapan Harus ke Dokter?

dokter

Segera konsultasikan ke dokter sesegera mungkin ketika mengalami gejala-gejalanya. Usahakan tidak mengabaikannya begitu saja karena kondisi tennis elbow bisa lebih parah bahkan mengalami komplikasi. 

Usahakan mengunjungi dokter atau ahli dalam bidangnya. Jangan sampai berkonsultasi pada sembarang orang, karena takutnya malah akan memberikan saran yang kurang tepat dan malah memperparah kondisi pasien. 

Karena bisa muncul kapanpun, memahami penyebab tennis elbow merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Minta bantuan orang lain apabila mengangkat benda berat. Usahakan segera mengunjungi dokter setelah area siku terbentuk atau setelah jatuh dari kendaraan. 

 

Reviewed by

dr. Farah Aulya

Dokter Primaya Hospital Bekasi Timur

Referensi:

  • Tennis elbow – Symptoms and causes – Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tennis-elbow/symptoms-causes/syc-20351987. Diakses pada 30 Juni 2023.
  • Tennis Elbow (Lateral Epicondylitis) – OrthoInfo – AAOS. https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases–conditions/tennis-elbow-lateral-epicondylitis/. Diakses pada 30 Juni 2023.
Bagikan ke :

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.