• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Penyebab Cedera Otot Perut dan Cara Mengatasinya

cedera otot perut

Cedera otot perut adalah cedera yang terjadi ketika otot yang ada di area perut meregang atau robek. Kondisi ini disebut juga dengan otot perut tertarik, suatu kondisi yang kerap dialami setiap orang dan perlu penanganan segera.

Siapapun dapat mengalami abdominal muscles injury, tetapi kondisi ini lebih sering terjadi pada orang yang dengan olahraga tertentu. Meski demikian, cedera otot pada bagian perut ini dapat sembuh secara bertahap dengan istirahat.

buat jani dokter primaya

Berikan penjelasan mengenai cedera abdominal muscles, gejala dan faktor penyebab cedera ini serta cara penanganannya yang tepat sesuai saran dokter. Yuk, simak!

Apa itu Cedera Otot Perut?

cedera otot perut

Cedera otot perut adalah kerusakan pada otot perut atau abdominal musclesyang disebabkan berbagai faktor pada saat berolahraga, angkat beban, dan aktivitas lain yang mengakibatkan otot kram atau robek sehingga terasa nyeri pada perut penderitanya.

Otot perut adalah bagian dari sistem muskuloskeletal yang berada di bagian depan tubuh, yakni di antara panggul dan tulang rusuk. Otot perut berfungsi menopang tubuh, menahan organ di tempatnya, dan membantu pergerakan tubuh.

Letak otot perut membentang di atas perut yakni dari dada ke bagian pinggul, menutupi bagian samping dan tengah. Beberapa orang ada yang menyebutkan ini perut, padahal perut sebenarnya adalah organ tubuh yang berbeda.

Ketika abdominal muscles mengalami cedera atau terasa tegang, penderitanya akan merasakan sensasi rasa nyeri, kram, kejang otot, dan kesulitan menggerakkan otot perut. Adapun gejala abdominal muscles injury lain, simak uraian di bawah ini

Gejala Otot Perut Cedera

gejala cedera otot perut

Siapapun berisiko mengalami cedera otot pada perut, tetapi aktivitas tertentu dapat meningkatkan risiko. Mereka yang melakukan olahraga seperti sepak bola dan tenis mungkin lebih berisiko mengalami cedera otot pada perut.

Salah satu cedera otot perut adalah otot perut tertarik atau kram otot. Kondisi ini dapat membuat perut terasa sakit dan nyeri, terutama saat bergerak. Berikut beberapa gejala yang umum terjadi saat otot perut cedera, di antaranya:

  • Perut terasa nyeri atau nyeri saat ditekan
  • Rasa tidak nyaman saat menyentuh perut
  • Pembengkakan dan memar pada area perut
  • Terjadi kejang otot pada perut
  • Nyeri pada saat bergerak atau meregang
  • Rasa sakit setelah cedera atau olahraga berlebih

Selain itu, penderita juga mungkin akan mengalami kondisi yang lebih serius ketika terjadi cedera otot pada perut yang bisa ditandai dengan gejala, seperti:

  • Perut terasa sakit saat bersin atau batuk
  • Perut terasa sakit ketika memutar tubuh
  • Bangun setelah duduk atau berbaring
  • Area perut dipegang terasa tegang dan sakit
  • Kekakuan dan terjadi kram otot
Baca Juga:  Mengenal Gejala Cedera Bahu dan Penanganannya

Kondisi otot perut ini dokter menyebutnya sebagai otot perut tertarik atau otot perut robek. Cedera otot perut tertarik ini dapat bervariasi tergantung tingkat keparahan. Oleh karena itu, penting memeriksakan diri ke dokter jika memiliki gejala dibawah ini:

  • Badan terasa demam
  • BAB berwarna hitam atau berdarah, sebagai tanda perdarahan saluran cerna bagian bawah.
  • Mual dan muntah terus menerus
  • Perut tegang/kaku saat disentuh atau menekannya
  • Perut mengalami pembengkakan

Penyebab Otot Perut Cedera

penyebab cedera otot perut

Ada beberapa penyebab otot perut terasa tertarik atau tegang, salah satunya adalah latihan fisik berlebihan. Otot perut yang tertarik sering kali penyebabnya oleh cedera akibat gerakan berulang, biasanya olahraga dan aktivitas fisik.

Ketika otot perut tertarik, hal ini dapat menyebabkan otot meregang atau otot perut robek. Selain disebabkan oleh aktivitas fisik yang berlebihan, penyebab cedera otot perut juga bisa terjadi karena berbagai aktivitas berikut ini:

  • Kecelakaan seperti jatuh dari kendaraan
  • Kondisi penyakit batuk dan bersin kronis
  • Melakukan olahraga yang intent atau berlebihan
  • Mengangkat beban berat tidak sesuai kemampuan
  • Melakukan gerakan yang buruk saat berolahraga
  • Memutar badan bagian perut secara tiba-tiba

Selain itu, ada beberapa peluang yang dapat meningkatkan kondisi abdominal muscles injury. Hal ini perlu perhatian agar kondisi cedera tidak semakin parah, seperti:

  • Ketegangan atau cedera otot di perut pada masa lalu
  • Kelelahan otot setelah melakukan aktivitas yang berat
  • Otot perut terasa kencang atau terjadi kram otot 

Jika sudah mengetahui gejala dan penyebabnya, Anda bisa melakukan pemeriksaan dengan dokter. Meskipun abdominal muscles injury bisa dengan penanganan dan perawatan di rumah apabila kondisinya ringan sesuai dengan anjuran dokter.

Diagnosa Cedera Abdominal Muscles

diagnosa cedera otot perut

Dokter akan melakukan diagnosa cedera otot pada perut yang tegang dengan menanyakan terlebih dahulu gejala dan penyebab otot perut mengalami cedera. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dokter untuk mendiagnosa kondisi.

Dengan mengetahui penyebab dan gejala cedera otot di perut, dokter kemudian mungkin akan melakukan pemeriksaan penunjang. Hal ini dilakukan untuk mencari kemungkinan lain seperti cedera tulang, patah tulang punggung, atau kondisi lainnya.

Jika dokter menduga nyeri perut bukanlah karena otot tegang, mungkin akan melakukan tindakan pemeriksaan lain seperti pemeriksaan darah, feses, urine, USG, CT scan, ataupun endoskopi untuk mengetahui faktor penyebabnya.

Baca Juga:  Penyebab Tennis Elbow dan Cara Penanganannya

Ketika sudah diketahui penyebabnya, dokter memberikan pengobatan sesuai gejala cedera otot. Jika kondisi ringan, dokter mungkin memberi saran perawatan di rumah. Berikut cara penanganan cedera otot pada perut selengkapnya.

Pengobatan Otot Perut Cedera

cedera otot perut

Pengobatan utama cedera otot perut yang tegang atau tertarik adalah istirahatkan otot agar dapat pulih kembali. Jangan melakukan aktivitas apapun yang menambah ketegangan pada otot atau menyebabkan rasa sakit pada perut.

Sementara itu, jika cedera otot pada perut terjadi saat aktivitas fisik, maka sebaiknya hentikan latihan dan segera melakukan langkah untuk perawatan dengan kompres perut dengan es yang dibungkus dengan kain selama 20 menit, ulangi 2-3 kali setiap hari.

Jika tidak ada gejala pembengkakan, maka bisa kompres hangat selama 10-15 menit setiap kali untuk membantu mengendurkan otot perut yang tegang atau tertarik.

Seberapa lama pemulihan cedera otot pada perut bergantung pada tingkat keparahannya. Otot perut tertarik kondisi ringan dapat sembuh dalam beberapa minggu, sementara kondisi cedera otot lebih serius bisa sembuh sekitar 4-6 minggu.

Jika kondisi cedera otot parah, maka bisa melakukan perawatan terapi fisik untuk latihan peregangan dan penguatan otot. Kemudian pakai penyangga perut untuk menopang otot perut dan juga meminimalkan pembengkakan otot perut.

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

dokter

Ketika cedera otot di perut menunjukkan gejala yang membuat Anda tidak nyaman dan terasa nyeri, sebaiknya segera konsultasi dan periksa ke dokter terdekat. Nantinya dokter akan memeriksa kondisi cedera abdominal muscles.

Dokter menyarankan istirahat dan sementara tidak melakukan aktivitas berat sampai cedera pulih. Dokter akan memberikan obat-obatan tertentu untuk mengurangi rasa nyeri atau pembengkakan pada otot perut jika memerlukannya.

Demikian informasi cara penanganan cedera otot perut yang tepat sesuai dengan gejala dan penyebabnya. Jangan ragu periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut agar cedera cepat pulih seperti sedia kala.

 

Reviewed by

dr. Farah Aulya

Dokter Primaya Hospital Bekasi Timur

Referensi:

  • Abdominal Muscle Strain: Causes, Symptoms, Management & Prevention. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21807-abdominal-muscle-strain. Diakses pada 30 Juni 2023.
  • What to Know About Abdominal Muscle Strain. https://www.webmd.com/fitness-exercise/abdominal-muscle-strain-what-to-know. Diakses pada 27 Juni 2023.
  • Pulled muscle in chest: Causes, symptoms, and recovery. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324534. Diakses pada 30 Juni 2023.
  • Pulled Chest Muscle: Symptoms, Treatment, Recovery, and More. https://www.healthline.com/health/pulled-chest-muscle. Diakses pada 30 Juni 2023.
Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.