• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Tips Berpuasa untuk Penderita Penyakit Maag

Tips Berpuasa untuk Penderita Penyakit MaagTips Berpuasa untuk Penderita Penyakit Maag

Agar bisa berpuasa dengan nyaman, untuk penderita penyakit maag bisa lakukan tips dibawah supaya lancar menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan ini.

1. Hindari makan banyak dan terburu buru

Jangan biasakan makan terlalu cepat dan banyak, terlebih lagi sambil mengobrol, itu membuat banyak udara masuk ke saluran pencernaan dan memicu akhirnya sakit maag. Jadi saat sahur usahakan bangun sejam sebelum imsak, agar makan tidak terburu buru. Sebaliknya ketika berbuka juga jangan terlalu nafsu langsung ingin memasukan semua makanan.


2. Makanan yang harus dihindari

Hindari makanan berminyak dan memiliki asam agar tidak mengiritasi perut, contohnya cabai/sambal ataupun makanan pedas lainnya. Berikut makanan yang harus dihindari :

  • Hindari konsumsi santapan yang berlemak dan buah yang memiliki banyak asam seperti tomat, anggur maupun jeruk meski memiliki banyak vitamin C
  • Hindari konsumsi makanan buatan/olahan yang tidak murni dan memiliki bahan pengawetnya
  • Hindari juga makanan tinggi gula seperti Nasi yang bisa diganti dengan nasi merah
  • Hindari juga meneguk minum yang tinggi cafein seperti kopi, teh dan soda
Baca Juga:  Cara Mengatasi Biang Keringat Anak

3. Makan makanan yang tepat

Untuk makanan utama yang baik dikonsumsi adalah, seperti oatmeal. Santapan ini bisa meminimalisir asam lambung agar tidak terjadi saat menjalani puasa. Setelah oatmeal kamu bisa juga tambahkan seperti daging rendah lemak, seperti daing kalkun tanpa kulit maupun punggung kambing, selain itu untuk buah bisa seperti semangka, pepaya dan melon.

4. Jangan langsung tidur ketika baru selesai makan

Baiknya setelah sahur, usahakan untuk tidak tidur lagi karena bisa memicu sakit maag. Atau jika paling tidak menahan hingga 1-2 jam untuk tidur lagi.

Jika rasa ngantuk tidak tertahankan, Sobat westerindo bisa tidur dengan posisi setengah duduk. Awalnya, letakan kepala lebih tinggi dari pada perut dengan menggunakan bantal yang ditumpuk agar makanan tidak kembali ke kerongkongan.

5. Kendalikan emosi

Saat berpuasa, momen paling tepat untuk belajar mengendalikan emosi dan kelola stres dengan baik. Tujuannya pasti mencari ridho allah berpahala, dapat meminimalisir terjadinya penyakit maag. Caranya, bisa berwudhu atau beristirahatlah sejenak jika Anda merasa stress atau pun lelah.

Baca Juga:  Waspada Bahaya Muntaber, Leptospirosis, Demam Dengue, Infeksi Saluran Pernapasan, dan Eczema Kulit Saat Musim Hujan dan Banjir

 

Promo Great April westerindo

 

Bagikan ke :

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.