Bayi Tumbuh Gigi, Apa yang Harus Bunda Lakukan?

Bayi Tumbuh Gigi, Apa yang Harus Bunda Lakukan_

Periode bayi tumbuh gigi adalah masa-masa yang dinanti sekaligus membuat khawatir hati. Pertumbuhan gigi bayi dipengaruhi oleh gizi dan nutrisi yang diasup, terutama kalsium dan vitamin D. Keduanya sangat berperan besar dalam pembentukan gigi bayi. Jika gigi bayi tumbuh tak sesuai dengan tahapan pada umumnya, bunda harus segera bertindak untuk mengatasinya.

 

Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi

Secara umum, pertumbuhan gigi pada bayi mulai dari usia 5 atau 6 bulan. Pertumbuhan gigi akan berlanjut hingga usia bayi 2-3 tahun. Berikut tahapannya:

Usia 5-6 bulan

Gusi mulai membengkak dan berwarna merah yang menandakan bayi mulai tumbuh gigi. Pada periode ini, gigi yang muncul adalah dua gigi seri di rahang bawah bagian depan. Biasanya dua gigi ini kerap tumbuh pada waktu yang bersamaan, tapi bisa juga salah satu lebih dulu. Pada periode ini, bayi kerap rewel karena merasa tak nyaman. Bisa pula muncul demam.

Usia 7-12 Bulan

Gigi seri di rahang atas umumnya mulai terbentuk saat umur bayi 7 bulan. Pada periode ini, bayi umumnya sudah mendapat makanan pendamping air susu ibu (MPASI) sehingga butuh mengunyah. Rasa tidak nyaman saat anak tumbuh gigi ketika usianya 7 bulan bisa diatasi dengan memberikan puree atau jus yang bertekstur lembut.

Usia 8-16 Bulan

Menyusul gigi seri kedua bayi yang tumbuh di samping gigi seri pertama. Kemunculan gigi di sebelah gigi seri ini umumnya secara berpasangan dari atas, baru kemudian muncul gigi seri kedua rahang bawah pada usia 10-16 bulan.

Usia 13-19 Bulan

Bayi dapat lancar mengunyah pada umur ini karena gigi geraham telah terlihat. Gigi geraham muncul pada rahang atas di usia 13-19 bulan dan rahang bawah rahang pada usia 14-18 bulan.

Usia 16-23 Bulan

Gigi taring mulai tumbuh pada bayi di usia 16 bulan. Pertumbuhan gigi taring ini dimulai dengan tumbuhnya gigi taring rahang atas pada usia 16-22 bulan, diikuti dengan gigi taring rahang bawah pada usia 17-23 bulan. Mulai adanya gigi taring di atas dan bawah menandakan bayi bisa diberi makanan dengan tekstur padat dan berserat.

Usia 23-33 Bulan

Gigi gerham kedua mulai tumbuh pada usia 23-31 bulan pada rahang bawah dan 25-33 bulan pada rahang atas. Pada usia ini, gigi geraham kedua mulai tumbuh dengan baik di rahang atas maupun bawah.

Usia 2-3 tahun

Anak sudah mulai lancar mengunyah pada usia ini karena jumlah giginya telah lengkap semua yaitu berjumlah 20 gigi.

 

Yang Harus Dilakukan Bunda Saat Bayi Tumbuh Gigi

Bagi bunda, perasaan senang akan muncul ketika tahu bayinya mulai tumbuh gigi. Tapi pada periode ini bayi juga sering rewel. Namun tak perlu bingung karena bayi yang sedang tumbuh gigi kerap merasa tak nyaman.

Untuk mengetahui bahwa rewelnya bayi disebabkan oleh gigi yang tumbuh, lihat apakah ada tanda-tanda berikut ini:

– Sering menggigit-gigit benda

– Air liur lebih banyak keluar

– Suka menghisap-hisap

– Sering menggaruk mulut atau gusi dan telinga

– Sulit makan dan tidur

– Demam ringan

– Gangguan pencernaan

 

Bila menemukannya, bunda harus tahu apa yang harus dilakukan saat anak mulai tumbuh gigi. Di antaranya:

– Memberikan teether atau alat seperti mainan untuk digigit-gigit bayi. Simpan dulu teether di kulkas selama beberapa saat agar terasa dingin dan nyaman saat digigit.

– Memijat dengan lembut atau mengusapi gusi bayi menggunakan lap yang sebelumnya dibasahi untuk meredakan nyeri.

– Memberikan buah dingin yang banyak mengandung air seperti semangka dan melon bila buah hati sudah bisa memakan makanan padat atau puree/jus dingin bila belum bisa.

 

Harus ditekankan bahwa tiap bayi memiliki proses pertumbuhan gigi yang berbeda. Jadi tahapan bayi tumbuh gigi di atas tidak berlaku secara kaku. Sebab, banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan gigi.

Karena itu, bunda tak perlu panik ketika mendapati tahapan tumbuh gigi pada bayi tidak sesuai. Alih-alih khawatir, bunda bisa melakukan sejumlah cara agar gigi bayi cepat tumbuh. Misalnya menambah asupan yang mengandung kalsium dan vitamin D, seperti keju dan yoghurt serta ikan.

Yang tak boleh dilupakan adalah membiasakan menggosok gigi bayi yang mulai tumbuh untuk membersihkan plak. Terutama jika bayi sudah banyak memakan makanan manis seperti cokelat. Jika perlu, masalah seputar bayi tumbuh gigi bisa dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Pusat Layanan Ibu dan Anak Primaya Hospital

Pusat Layanan Ibu dan Anak merupakan salah satu keunggulan Primaya Hospital. Lakukanlah pemeriksaan kehamilan demi kesehatan ibu dan anak. Primaya Hospital memiliki dokter kandungan dan dokter anak yang handal di bidangnya. Pusat Layanan Ibu dan Anak difasilitasi dengan pemeriksaan kehamilan USG 3D dan pemeriksaan kehamilan USG 4D oleh dokter obgyn. Primaya Hospital juga menyediakan medical check up dengan dokter spesialis kandungan. Temukan jadwal dokter obgyn kami di sini untuk melakukan konsultasi dokter kandungan.

 

Narasumber:

Drg. Julia Andriani

Dokter Gigi Primaya Hospital Bekasi Utara

 

Referensi:

https://www.chla.org/blog/rn-remedies/your-infant-teething-know-the-signs-and-symptoms

https://www.medicinenet.com/tooth_eruption_chart/views.htm

https://www.pregnancybirthbaby.org.au/how-your-babys-teeth-develop

https://www.pharmaceutical-journal.com/cpd-and-learning/learning-article/tooth-eruption-and-teething-in-children/20069598.article?firstPass=false

McIntyre GI & McIntyre GT. Teething troubles? Br Dent J 2002;192(5):251–255. doi:10.1038/sj.bdj.4801349

https://www.ada.org/~/media/ADA/Publications/Files/patient_56.pdf?la=en

Bagikan ke :