• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Kapan Membutuhkan Perawat ke Rumah?

Kapan Membutuhkan Perawat ke Rumah?

Rawat jalan untuk pasien dengan kondisi medis tertentu maupun lansia yang membutuhkan pengawasan ekstra tentunya butuh perhatian, kesabaran, dan ketekunan. Demi kenyamanan dan kesehatan pasien, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa perawat ke rumah.

Terdapat berbagai layanan perawat ke rumah, namun tidak perlu bingung, karena Anda dapat mempercayakan layanan homecare terbaik pada Kavacare. Konsultasikan bersama konsultan medis profesional Kavacare untuk mendapatkan layanan homecare sesuai kebutuhan dan kondisi medis Anda. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website Kavacare atau hubungi Kavacare Support melalui WhatsApp di nomor 0811-1446-777.


Seputar Perawat ke Rumah (Home Care)

Ada banyak jenis pelayanan kesehatan dan pendampingan yang bisa diberikan pada pasien di rumah, tergantung kondisi. Memanggil dokter untuk memeriksa pasien ke rumah umum dilakukan. Untuk perawatan berkelanjutan, jenis pelayanan yang dilakukan adalah home care service.

Layanan perawat ke rumah terbagi menjadi perawat medis dan non-medis. Keduanya memiliki cakupan berbeda dari segi keterampilan serta hal-hal yang dapat dilakukan untuk membantu pasien.

Jenis layanan home care yang paling umum adalah nursing care. Nursing care merupakan layanan yang dilakukan oleh perawat medis tersertifikasi. Perawat medis memiliki kualifikasi untuk memberikan bantuan medis, contohnya merawat luka, perawatan ostomi, pemasangan infus, pemberian obat, serta mengawasi kesehatan pasien secara umum. Perawat medis juga memiliki kapasitas untuk menangani keluhan nyeri dan kebutuhan medis sesuai situasi pasien.

Layanan home care lainnya adalah perawat non-medis, atau caregiver. Perawat non-medis biasanya bertugas membantu pasien melakukan aktivitas sehari-hari. Home care non-medis mungkin juga menyediakan jasa lain, seperti bantuan mengurus rumah, memasak, hingga manajemen keuangan.

Cakupan hal-hal yang dapat dilakukan perawat non-medis untuk pasien seperti memberikan pengawasan serta bantuan saat pasien hendak bangun dari tempat tidur, makan, mandi, olahraga ringan, dan menemani pasien. Namun perawat non-medis tidak diperbolehkan melakukan tindakan medis, seperti merawat luka dan memberikan obat.

Siapa yang Membutuhkan Perawat ke Rumah?

Layanan home care memungkinkan pasien dengan kebutuhan khusus mendapatkan perawatan di rumah. Perawat ke rumah biasanya diminta untuk membantu pasien dengan kondisi:

  • Sakit kronis
  • Dalam proses penyembuhan pasca operasi
  • Memiliki disabilitas sehingga butuh bantuan beraktivitas
  • Mengalami cidera
  • Lansia yang butuh pengawasan dan perawatan di rumah

Kapan Butuh Bantuan Perawat ke Rumah?

Tujuan utama layanan home care adalah meningkatkan atau menjaga kesehatan fisik dan mental pasien, kualitas hidup pasien, serta mencegah terjadinya penurunan kondisi yang mengakibatkan pasien harus dirawat ke rumah sakit. Adanya perawat memungkinkan pasien dan keluarga yang merasa lebih nyaman dengan perawatan di rumah.

Baca Juga:  5 Tips Merawat Pasien Tirah Baring atau Bedrest

Anda bisa mempertimbangkan menggunakan jasa perawat non-medis ke rumah terutama jika pasien membutuhkan bantuan untuk beraktivitas sehari-hari. Contohnya untuk:

  • Makan
  • Mobilitas fungsional (berpindah tempat)
  • Mengganti pakaian
  • Keperluan di toilet (buang air kecil, buang air besar, dsb.)
  • Kebersihan dan penampilan (menyisir rambut, mencukur, dsb.)
  • Mandi

Sedangkan untuk bantuan perawat medis bisa Anda pilih ketika pasien butuh pengawasan kesehatan, terapi, dan penggunaan alat-alat bantu. Misalnya untuk pasien lansia yang butuh mengonsumsi obat rutin, menggunakan obat intravena (dengan infus), pasien yang menggunakan kateter, serta pasien dengan kebutuhan prosedur medis di rumah.

Kelebihan Layanan Perawat ke Rumah

1. Membantu Mengawasi Kesehatan Pasien

Adanya perawat medis maupun non-medis bisa membantu Anda mengawasi kesehatan pasien. Perawat berpengalaman tentu lebih memahami kondisi pasien, mungkin beberapa tanda gangguan kesehatan terlewat oleh Anda dan keluarga. Maka dengan jasa home care, kesehatan pasien terpantau lebih baik.

2. Menemani Pasien

Berinteraksi intens dengan pasien sepanjang hari, tentunya perawat home care bisa menjadi teman mengobrol di samping membantu aktivitas pasien. Perawat terlatih untuk berkomunikasi dengan pasien, baik lansia maupun pasien berkebutuhan khusus. Hal ini memungkinkan perawat membantu pasien lebih baik dan memastikan kenyamanan pasien di rumah.

3. Memiliki Kualifikasi untuk Tindakan Medis

Pasien dengan kondisi kesehatan yang membutuhkan pengobatan rutin sebaiknya didampingi oleh layanan home care perawat medis. Perawat medis memiliki kualifikasi untuk memberikan obat, misalnya dengan suntikan atau infus. Ini sangat membantu ketika ada obat khusus yang sulit dikonsumsi sendiri.

Perawat medis tidak bisa meresepkan obat, tetapi bisa membantu beberapa tindakan medis. Contohnya membersihkan dan memasangkan alat bantu kesehatan (kateter, alat bantu oksigen, infus).

4. Membantu Pasien Beraktivitas dengan Nyaman

Pasien dengan beberapa kondisi seperti lansia, stroke, atau demensia butuh bantuan untuk beraktivitas. Misalnya bangun dari tempat tidur, membantu membersihkan tubuh, makan, serta mengingatkan jadwal konsumsi obat. Adanya perawat yang mendampingi dalam aktivitas ini memberikan rasa nyaman untuk pasien.

Perawat juga dapat menjaga pasien beraktivitas dengan aman. Misalnya pasien lansia yang rawan terjatuh saat berjalan, tentu perlu didampingi oleh perawat saat hendak berpindah tempat.

Baca Juga:  Kenali Penyebab Kaki Bengkak

Pertanyaan Umum Seputar Layanan Perawat ke Rumah

Berapa Biaya Perawat Home Care?

Biaya perawat ke rumah beraneka ragam, tergantung jenis layanan dan kualifikasi. Misalnya, jasa home personal care mencakup layanan seperti menemani pasien berolahraga, bantuan ringan mengurus rumah, menyiapkan makanan, mengingatkan minum obat, kebersihan, dan bantuan-bantuan kegiatan sehari-hari untuk pasien.

Sementara jasa home nursing atau perawat dengan kualifikasi medis mencakup pengawasan kesehatan, perawatan kateter, infus, pemberian obat, perawatan pasien dengan alat bantu pernapasan, stoma, serta perawatan luka.

Bagaimana Mendapatkan Layanan Home Care Medis?

Home care perawat medis maupun non-medis umumnya telah mendapat pelatihan khusus mendampingi dan merawat pasien di rumah. Banyak perawat-perawat ini yang disalurkan oleh agen khusus maupun bekerja sama dengan penyedia layanan home care. Ada pula penyedia jasa khusus yang dapat mencarikan perawat ke rumah untuk Anda. Tentunya pastikan calon perawat pasien benar-benar memiliki kualifikasi. Anda bisa menghubungi Kavacare untuk mendapatkan layanan perawat homecare yang sudah bersertifikasi dan berpengalaman.

Bagaimana Cara Memilih Home Care Medis yang Tepat?

Tentu Anda ingin memberikan perawatan terbaik, menggunakan jasa home care yang berkualitas untuk keluarga terkasih. Berikut beberapa daftar pertanyaan yang bisa Anda gunakan sebagai panduan untuk mendapatkan jasa perawat medis terpercaya:

  • Apakah penyedia layanan home care memiliki izin?
  • Apakah penyedia layanan dan perawat menyiapkan tata laksana perawatan di rumah?
  • Apakah penyedia layanan home care menyediakan pengawas/supervisor perawat yang dapat dihubungi kapan pun?
  • Bagaimana review, testimoni pengguna layanan home care?
  • Apakah perawat memiliki bukti pelatihan dan lisensi profesi?
  • Seperti apa layanan-layanan yang disediakan, apakah sesuai dengan kebutuhan pasien?

 

(Artikel ini telah direview oleh Dr. Eddy Wiria, PhD., Co-Founder & CEO Kavacare)

Referensi:

  • Types of Home Health Care Services. https://www.hopkinsmedicine.org/health/caregiving/types-of-home-health-care-services diakses 11 September 2022
  • Patient Safety and Quality in Home Health Care. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK2631/ diakses 11 September 2022
  • When To Get An In-Home Nurse For A Loved One´┐╝. https://aginginplace.org/when-to-get-an-in-home-nurse-for-a-loved-one/ diakses 11 September 2022
  • Caregiver or At-home Nurse: Which Do you Need?. https://www.thecareside.com.au/post/do-you-need-a-home-nurse-or-a-caregiver/ diakses 11 September 2022
  • Home Care Services. https://medlineplus.gov/homecareservices.html diakses 11 September 2022
  • Home Health Care. https://eldercare.acl.gov/Public/Resources/Factsheets/Home_Health_Care.aspx diakses 11 September 2022
Bagikan ke :

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.