• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Ciri Ciri Penyakit Jantung Pada Pria yang Harus Diwaspadai

ciri ciri penyakit jantung pada pria

Apa ciri ciri penyakit jantung pada pria yang bisa dikenali sejak dini? Ada beberapa ciri atau tanda seorang pria terkena penyakit jantung, salah satunya yang umum terjadi adalah nyeri dada hebat. Lebih detail, simak penjelasan di bawah ini!

Tanda penyakit jantung pada pria secara umum sebenarnya tidak jauh berbeda dengan wanita. Namun, penyakit jantung bisa datang secara mendadak maupun muncul dengan peringatan terlebih dahulu. Inilah yang harus kita waspadai.

buat jani dokter primaya

Salah satu tantangan dalam merespon tanda penyakit jantung adalah dengan mengenali tanda yang muncul. Meskipun mungkin tanda tersebut tampak tidak berhubungan dengan penyakit jantung, tetapi ini yang akan kita pelajari.

Mengenal Penyakit Jantung Pada Pria

ciri ciri penyakit jantung pada pria

Pada dasarnya, penyakit jantung bisa menyerang siapa saja tak peduli jenis kelamin ataupun usia. Namun umumnya, penyakit jantung pada pria dengan usia lebih muda memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan dengan wanita.

Oleh karena itu, penting mengetahui penyebab pria lebih muda rentan terkena penyakit jantung daripada wanita. Hal ini sebagai upaya untuk pencegahan dengan mempelajari faktor risiko agar kita bisa terhindar dari penyakit jantung.

Rata-rata pria terkena penyakit jantung 10 tahun lebih awal dari wanita. Hal ini sebagian besar penyebabnya karena adanya perbedaan hormonal. Wanita memiliki perlindungan lebih besar karena memiliki kadar estrogen lebih tinggi.

Selain perbedaan hormonal, perbedaan faktor risiko tertentu juga bisa menjadi penyebab pria lebih awal terkena penyakit jantung daripada wanita. Untuk itu, penting mengetahui ciri-ciri penyakit jantung pada pria sejak usia muda.

Dengan mengetahui ciri-cirinya, Anda akan lebih peduli lagi dengan kesehatan jantung. Merubah kebiasaan buruk dengan menjaga pola hidup yang lebih sehat.

Ciri Ciri Penyakit Jantung pada Pria

ciri ciri penyakit jantung pada pria

Dengan mengetahui ciri ciri penyakit jantung pada pria sejak dini, hal ini akan membantu untuk melakukan pencegahan dan perlindungan dariĀ  penyakit tersebut. Meski ciri atau tandanya bisa bervariasi dari orang satu dengan lainnya.

Berikut beberapa tanda atau ciri penyakit jantung pada pria yang harus diwaspadai dan segera melakukan pemeriksaan agar tidak menjadi lebih parah, di antaranya:

1. Nyeri Dada Bagian Kiri

Tanda penyakit jantung yang umum terjadi pada pria, termasuk wanita adalah nyeri dada di bagian sebelah kiri. Gejalanya bisa timbul secara tiba-tiba akibat dari faktor risiko yang mempengaruhi kemunculan rasa nyeri di dada ini.

Nyeri dada ini biasanya bisa terjadi kapan saja, baik saat beraktivitas maupun sedang beristirahat. Rasa nyeri bisa berlangsung berapa menit dan hilang sendirinya.

Rasa nyeri dada sebelah kiri yang muncul umumnya terasa tertekan, tertindih, dan diremas. Jika nyeri sudah tidak tertahankan, maka segera periksakan ke dokter. Sebab, nyeri dada sebelah kiri juga bisa karena penyakit lain seperti GERD.

2. Gejala Sesak Nafas

Biasanya penyakit jantung atau serangan jantung mendadak memiliki ciri dengan gejala sesak nafas. Hal ini karena jantung gagal memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk bagian jantung yang membuat sesak nafas karena kurangnya oksigen.

Baca Juga:  Kenali Penyebab Jantung Bengkak Sejak Dini Sebelum Terlambat

Tubuh akan berusaha untuk bernapas lebih cepat untuk mendapatkan oksigen dari udara. Hal ini yang membuat penderita penyakit jantung sering mengalami nafar tersengal.

Jika Anda mengalami sesak nafas, maka jangan panik. Hindari terlalu banyak bergerak dan coba lebih tenang. Kemudian berusaha untuk bernafas secara normal. Tarik nafas dan hembuskan dari mulut secara berulang sampai sesak hilang.

3. Gangguan Irama Jantung

Ciri ciri penyakit jantung pada pria yang juga bisa terjadi yakni berupa gangguan irama jantung, istilah ini dikenal dengan sebutan aritmia. Aritmia adalah kondisi jantung yang berdetak tidak beraturan seperti terlalu lambat atau cepat.

Selain itu, aritmia juga menjadi salah satu pertanda yang kerap terjadi pada seseorang yang mengalami serangan jantung atau henti jantung mendadak. Kondisi seperti ini harus Anda waspadai, segera periksa ke dokter jika gejala semakin parah.

4. Nyeri di Bagian Tubuh Lain

Berdasarkan Centers of Disease Control and Prevention, rasa nyeri atau ketidaknyamanan di area tubuh lain seperti punggung, leher atau rahang, bahu, dan perut. Hal ini sebagai akibat dari kurangnya pasokan darah dari jantung.

Kondisi ini sebagai respon dari tubuh yang kekurangan darah karena aliran darah tidak mengalir lancar ke seluruh tubuh akibat adanya penyumbatan di pembuluh darah. Oleh karena itu, bagian tubuh lain terasa nyeri dan tidak nyaman.

5. Gejala Lainnya

Adapun ciri-ciri penyakit jantung pada pria bisa kita ketahui dari gejala lainnya yang muncul seperti tubuh terasa mudah lelah, Anda mudah cemas, dan sering berkeringat dingin meski tidak melakukan banyak aktivitas yang berat.

Gejala lainnya pada pria penderita penyakit jantung seperti mual dan muntah, meskipun kondisi ini lebih jarang terjadi pada pria dibanding wanita. Selain itu, pusing menjadi tanda lain yang mungkin dialami oleh penderita penyakit jantung.

Semakin banyak gejala yang Anda alami, semakin besar kemungkinan Anda terkena penyakit jantung. Namun, perlu Anda ketahui bahwa penyakit jantung juga ada yang tidak mengalami gejala sehingga perlu kita waspadai bersama

Baca Juga:  Perawatan Pasca Operasi Transplantasi Jantung

Faktor Risiko Penyakit Jantung pada Pria

Faktor Risiko Penyakit Jantung

Jika membandingkan faktor risiko penyakit jantung wanita, pada pria mungkin sulit untuk terdeteksi sejak dini. Namun, pria lebih mungkin terkena penyakit jantung di usia lebih muda rata-rata 10 tahun lebih awal dibandingkan wanita.

Disfungsi ereksi dan testosteron rendah bisa menjadi tanda peringatan awal penyakit jantung pada pria. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor seperti misalnya pria lebih rentan terhadap stres dan emosional yang kurang terkontrol.

Dampaknya, tekanan darah dan hormon stres akan meningkat serta membatasi aliran darah ke jantung. Kondisi semacam ini yang beresiko meningkatkan penyakit jantung, termasuk risiko terkena stroke akibat tekanan darah meningkat.

Adapun beberapa faktor risiko lainnya yang mempengaruhi seseorang rentan terkena penyakit jantung dan perlu mendapat perhatian adalah sebagai berikut:

  • Kebiasaan merokok dan minum alkohol
  • Berat badan berlebih atau obesitas
  • Riwayat penyakit jantung atau serangan jantung
  • Tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi
  • Riwayat kelahiran dengan penyakit jantung

Jika Anda termasuk dalam salah satu kategori di atas, maka waspada dan berhati-hati jika mengalami gejala yang mungkin berhubungan dengan jantung. Menerapkan pola hidup sehat mungkin bisa menjadi solusi menjaga jantung sehat.

Kapan Harus ke Dokter?

dokter

Jika Anda mengalami gejala awal penyakit jantung, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan mengecek riwayat keluarga apakah ada anggota keluarga dengan penyakit jantung atau tidak.

Dokter akan melakukan diagnosa untuk mengetahui kondisi jantung. Jika masih gejala awal, dokter akan menyarankan Anda untuk merubah gaya hidup menjadi lebih sehat sehingga bisa terhindari dari penyakit jantung lebih parah.

Jangan sepelekan ketika mengetahui adanya ciri ciri penyakit jantung pada pria, segera konsultasi dan periksakan diri dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sebab, mencegah adalah cara terhindar dari penyakit jantung.

Narasumber:

dr. RR.Hari Hendriarti Satoto, Sp. JP, Subsp.P.R.Kv(K),FIHA, FAPSC, AIFO-K, CRFC

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Primaya Hospital Semarang

 

Referensi:

  • Heart Attack Symptoms in Men – Know the Signs. https://www.webmd.com/heart-disease/heart-attack-symptoms-in-men. Diakses 23 Desember 2023.

  • 7 Early Signs of a Heart Attack. https://health.clevelandclinic.org/early-signs-of-a-heart-attack. Diakses 23 Desember 2023.

  • Warning Signs of a Heart Attack: Shortness of Breath and Others. https://www.healthline.com/health/heart-disease/warning-signs-heart-attack. Diakses 23 Desember 2023.

  • Heart disease – Symptoms and causes. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/symptoms-causes/syc-20353118. Diakses 23 Desember 2023.

  • Heart Attack Symptoms, Risk, and Recovery. https://www.cdc.gov/heartdisease/heart_attack.htm. Diakses 23 Desember 2023.

Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.