• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Rebusan Daun Apa untuk Penyakit Jantung yang Bagus dan Aman

rebusan daun apa untuk penyakit jantung

Ada berbagai cara pengobatan penyakit jantung yang dapat pasien jalani agar cepat sembuh, salah satunya adalah minum air rebusan daun alami. Lantas, rebusan daun apa untuk penyakit jantung yang bagus dan efektif?

Selama ini diketahui air rebusan daun sirsak dianggap bisa mengobati penyakit jantung bengkak. Selain itu, ada salah satu jenis daun yang tidak kalah berkhasiat untuk mencegah serangan jantung yakni rebusan daun salam.

buat jani dokter primaya

Bagaimana bisa rebusan daun salam bisa mengatasi masalah jantung? Apakah daun salam bagus dan aman untuk penyakit jantung? Berikut penjelasan lengkapnya.

Rebusan Daun Salam untuk Penyakit Jantung

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya tidak asing lagi dengan daun salam. Daun ini biasanya digunakan sebagai penambah cita rasa pada masakan. Selain itu, daun salam juga ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Pada daun salam terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, magnesium, caffeic acid, dan rutin. Kandungan ini membuat daun salam memiliki efek anti-peradangan dan bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

Seperti kita ketahui, faktor resiko seseorang terkena penyakit jantung adalah kolesterol tinggi dan kadar gula darah meningkat, termasuk kadar trigliserida yang tinggi.

Dengan meminum air rebusan daun salam dapat memberikan manfaat seperti menurunkan kadar gula darah, menurunkan kolesterol LDL, menaikkan kadar trigliserida, melindungi lapisan pembuluh darah, dan meningkatkan kolesterol baik.

Jadi, jika bertanya rebusan daun apa untuk penyakit jantung yang bisa menurunkan faktor risikonya adalah daun salam. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa konsumsi daun salam sebagai minuman atau bentuk teh daun salam.

Apakah Daun Salam Aman untuk Jantung?

Daun salam yang sudah melewati proses perebusan, yang mana airnya untuk dikonsumsi sebagai obat herbal tidak berdampak buruk untuk jantung. Justru sebaliknya, air rebusan daun salam sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal ini karena tidak lepas dari senyawa pada daun salam yang relevan untuk meningkatkan kekuatan pembuluh darah. Kandungan flavonoid membantu menurunkan tekanan darah dan quercetin membantu menurunkan kolesterol LDL.

Seperti kita ketahui, penyakit jantung terjadi karena adanya kerusakan pada pembuluh darah akibat tumpukan kolesterol dan peradangan pada pembuluh darah. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut penyakit jantung koroner.

Oleh karena itu, untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan kolesterol jahat yang merusak pembuluh darah, Anda bisa meminum air rebusan daun salam secara rutin.

Namun perlu Anda ingat, pencegahan penyakit jantung tidak hanya meminum rebusan daun salam, tetapi perlu Anda imbangi dengan pola hidup sehat seperti jangan merokok, hindari makanan cepat saji, berlemak, dan sebagainya.

Baca Juga:  Penyakit Jantung: Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara Cegahnya

Membuat Rebusan Daun Salam untuk Jantung

Setelah mengetahui rebusan daun apa untuk penyakit jantung yang aman untuk Anda minum, selanjutnya ketahui cara membuat rebusan air daun salam tersebut.

Adapun cara membuat air rebusan daun salam sebagai upaya untuk pencegahan penyakit jantung cukup mudah. Anda bisa membuatnya menjadi rebusan teh daun salam. Untuk lebih jelasnya, mari simak prosesnya di bawah ini!

Menyiapkan bahan-bahan:

  • 2-3 lembar daun salam kering atau segar
  • 2 gelas air
  • 1 batang kayu manis (opsional)
  • 2-3 cengkeh utuh (opsional)
  • Irisan madu atau lemon (opsional

Proses pembuatannya:

  1. Bersihkan daun salam dengan air dingin
  2. Hancurkan daun salam hingga lembut
  3. Rebus 2 gelas air di dalam panci
  4. Masukkan daun salam ke dalam panci
  5. Tambahkan kayu manis dan cengkeh (opsional
  6. Didihkan daun salam selama 5-7 menit
  7. Lalu saring air daun salak ke dalam gelas
  8. Tambahkan madu atau lemon untuk cita rasa

Jika ingin meminum rebusan daun salamnya saja, maka cukup rebus 10-15 lembar daun salam ke dalam air mendidih. Air rebusan daun dalam bisa Anda minum selagi hangat.

Sebagai catatan, meski daun salam memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun, manfaat daun salam untuk jantung masih memerlukan suatu penelitian lebih lanjut. Hanya saja, daun salam bisa digunakan sebagai rempah untuk masakan.

Panduan Konsumsi Rebusan Daun Salam

Daun salam adalah salah satu jenis tanaman yang daunnya seringkali digunakan sebagai penyedap rasa dan pengharum masakan. Selain itu, daun salam juga bisa menjadi teh herbal dengan merebusnya dan air rebusannya bisa kita minum.

Efektivitas air rebusan daun salam untuk mengobati penyakit jantungĀ  memang masih belum ada penelitian yang lebih lanjut. Namun, secara umum rebusan daun ini bisa memberikan manfaat kesehatan dengan mengkonsumsinya secara teratur.

Namun, penting untuk Anda ketahui sebelum mengkonsumsi rebusan daun salam sebagai pengobatan medis. Alangkah baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Konsultasi dengan dokter bertujuan untuk mencegah terjadinya efek samping atau interaksi obat yang Anda konsumsi. Selain itu, konsultasi dokter ini juga bertujuan untuk memberikan saran sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Daun salam memang bisa memberikan manfaat bagi tubuh apabila kita konsumsi dalam jumlah yang dianjurkan. Konsumsi daun salam ini secara berlebihan bisa menimbulkan efek buruk pada orang dengan masalah kesehatan tertentu.

Baca Juga:  Kondisi Jantung Terendam Air, Kenali Efusi Perikardium

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Jantung?

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi penting bagi manusia. Fungsi jantung ini yakni untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang diperlukan untuk metabolisme.

Ketika jantung bermasalah, maka dapat mengakibatkan penderitanya terkena serangan jantung atau penyakit jantung. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor seperti riwayat keluarga, gaya hidup, pola makan, dan faktor lainnya.

Namun, menurut Healthline ternyata ada beberapa cara mencegah penyakit jantung dengan menurunkan faktor risiko yang harus Anda kendalikan seperti tidak merokok, periksa kolesterol, menjaga berat badan, giat olahraga, dan hindari stres.

Selain itu, Anda bisa konsumsi makanan yang sehat untuk jantung dan minum rebusan daun yang bisa mencegah penyakit jantung. Rebusan daun yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa memicu penyakit jantung koroner.

Sebenarnya ada banyak jenis daun yang bisa Anda rebus sebagai obat herbal untuk penyakit jantung. Namun, hal ini perlu mencari tahu lebih jauh tentang obat herbal tersebut agar tidak memberikan efek buruk bagi kondisi jantung Anda.

Apakah Harus Konsultasi ke Dokter?

Rebusan daun salam untuk penyakit jantung mengandung senyawa yang berkontribusi untuk menjaga kesehatan jantung. Meski demikian, apabila Anda ingin mengkonsumsinya harus konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Apalagi Anda sedang menjalani perawatan dengan konsumsi obat yang diberikan dokter untuk mengobati penyakit jantung. Penting untuk menanyakan apakah boleh minum obat herbal atau rebusan daun untuk penyakit jantung.

Narasumber:

dr. Surya Hafidiansyah Putra, Sp.JP, KI (K)

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Konsultan Kardio Intervensi

Primaya Hospital Bhakti Wara

Referensi:

  • Bay Leaf – Benefits, Nutrition Value, Uses, And Recipes. https://www.healthifyme.com/blog/benefits-of-bay-leaf/. Diakses 23 Desember 2023.

  • 5 Possible Uses for the Bay Leaf. https://www.healthline.com/health/5-possible-uses-for-bay-leaf. Diakses 23 Desember 2023.

  • Bay Leaf: Health Benefits, How to Make Tea & Side-Effects. https://www.tuasaude.com/en/bay-leaf/. Diakses 23 Desember 2023.

  • Health Benefits of Bay Leaves And Its Side Effects. https://www.lybrate.com/topic/benefits-of-bay-leaves-and-its-side-effects. Diakses 23 Desember 2023.

  • Are Bay Leaves Bad For Your Heart? A Review By Nutrition Professionals. https://www.msn.com/en-my/health/nutrition/are-bay-leaves-bad-for-your-heart-a-review-by-nutrition-professionals/ar-AA1ltilO?ocid=hpmsn. Diakses 23 Desember 2023.

Share to :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.