• Contact Center
  • 1500 007
  • Chatbot

Tanda Tanda Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

tanda tanda penyakit jantung

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, hal ini dapat diketahui dari gejala dan tanda tanda penyakit jantung. Dengan mengenal ciri-ciri sakit jantung, maka bisa mendapatkan penanganan sebelum menimbulkan komplikasi fatal.

Ketika organ jantung bermasalah, kondisi ini akan mempengaruhi kesehatan. Oleh karena itu, kesehatan jantung merupakan hal penting yang perlu diperhatikan agar dapat terhindar dari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

buat jani dokter primaya

Kondisi jantung yang tidak sehat dapat diketahui dari berbagai gejala dan ciri-ciri. Jika bisa lebih cepat mengenali ciri-cirinya, maka tentu saja penanganannya bisa segera dengan memeriksakan ke Dokter spesialis jantung di rumah sakit.

Mengenal Penyakit Jantung

tanda tanda penyakit jantung

Jantung adalah organ vital yang berperan penting mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Ketika terjadi kerusakan, organ jantung tidak akan berfungsi dengan baik untuk memompa darah. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Penyakit jantung adalah kondisi adanya sumbatan di pembuluh darah, akibatnya aliran darah menuju otot jantung akan berkurang atau yang paling fatal terjadi henti jantung. Jika tidak segera ditangani, otot jantung mengalami kerusakan parah.

Pada dasarnya, jantung dan pembuluh darah (sistem kardiovaskuler) berfungsi menyuplai darah ke seluruh bagian tubuh. Ibaratnya, jantung adalah pompa, sementara pembuluh darah adalah pipa berisi darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Kerusakan jantung dan pembuluh darah bisa diakibatkan karena lemak yang menumpuk pada arteri. Lemak atau plak berlebihan terjadi penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah sehingga bisa terjadi serangan jantung atau stroke.

Gejala Penyakit Jantung

gejala penyakit jantung

Tanda tanda penyakit jantung dapat diketahui dari gejalanya. Hal ini penting untuk diketahui agar segera memeriksanya untuk mendapat penanganan dokter. Jika dibiarkan begitu saja, maka gejala ini dapat menjadi penyakit yang berisiko.

Berikut gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai, di antaranya:

  1. Jantung berdebar dan dada terasa seperti di remas-remas
  2. Sesak napas disertai dengan keringat dingin dan lemas
  3. Nyeri pada bagian dada sebelah kiri dan jantung berdebar
  4. Terasa mual dan muntah, serta pusing atau sakit kepala
  5. Badan berkeringat dingin dan perasaan mudah lelah

Jika merasa mengalami gejala di atas, maka konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan. Dengan demikian, penyakit jantung dapat dicegah termasuk mencegah komplikasi penyakit jantung yang lebih fatal.

Tanda Tanda Penyakit Jantung

tanda tanda penyakit jantung

Selain gejala penyakit jantung yang perlu diantisipasi sejak dini, maka penting mengenal tanda-tanda utama penyakit jantung. Penyakit ini tidak boleh dianggap sepele karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan fungsi organ vital.

Kondisi jantung yang tidak sehat akan menimbulkan tanda-tanda yang sebenarnya dapat dikenali. Berikut tanda atau ciri-ciri jantung bermasalah dan perlu diwaspadai, di antaranya:

1. Nyeri Dada Menjalar

Kondisi jantung bermasalah sering ditandai nyeri dada yang menjalar ke bagian lengan kiri, leher, rahang, dan bahan menembus ke punggung. Hal ini disebabkan oleh penyimpangan pembuluh darah yang juga dikenal sebagai serangan jantung.

Baca Juga:  Kenali Risiko Kateterisasi Jantung, Amankah untuk Dilakukan?

Rasa nyeri dada biasanya akan sangat terasa saat melakukan aktivitas, seperti berolahraga dan mengalami stres. Rasa sakit bertahan beberapa menit, sebelum hilang dan muncul kembali. Kondisi ini harus diwaspadai dan perlu pemeriksaan.

2. Sesak Napas dan Cepat Lelah

Ciri-ciri penyakit jantung selanjutnya adalah sesak nafas. Hal ini karena fungsi jantung sebagai pompa darah terganggu dan suplai darah menuju paru-paru terhambat. Kondisi semakin parah jika terjadi bersamaan dengan nyeri dada.

Selain itu, penyakit jantung bisa ditandai tubuh cepat merasa lelah dan lemas. Biasanya kondisi ini disertai dengan gejala pusing yang terjadi akibat sirkulasi darah terganggu. Meski tidak melakukan aktivitas, tapi terasa lelah dan dada sesak.

3. Pergelangan Kaki Bengkak

Penyakit jantung perlu diwaspadai karena dapat menimbulkan risiko komplikasi. Salah satu ciri penyakit jantung ditandai dengan kondisi kaki bengkak, terutama bagian pergelangan dan punggung kaki akibat penumpukan cairan.

Kaki bengkak karena penyakit jantung terjadi karena mengalami gagal jantung kongestif. Ketika salah satu atau kedua bilik jantung di bagian bawah kehilangan daya memompa darah, maka imbasnya cairan akan menumpuk ke bagian kaki.

4. Sleap Apneu / Mendengkur Keras

Mendengkur merupakan hal yang normal terjadi pada manusia. Tetapi, berbeda kondisinya jika mendengkur keras. Kondisi ini bisa menjadi ciri-ciri jantung bermasalah, dengkuran keras bahkan seperti terengah-engah atau gejala sleep apnea

Ketika terjadi sleep apnea, dimana kondisi henti nafas sejenak selama beberapa kali saat tidur. Kondisi ini memberikan tekanan lebih pada jantung. Oleh sebab itu, mendengkur keras perlu diwaspadai terhadap kondisi kesehatan jantung.

5. Keringat Berlebih

Meksipun tidak melakukan aktivitas atau sedang beristirahat , namun berkeringat berlebih. Hal ini menandakan kondisi adanya gangguan pada kesehatan jantung. Biasanya kondisi ini sebagai tanda gejala awal terjadinya serangan jantung.

Ketika pembuluh darah mengalami penyempitan, otot jantung pun akan kekurangan oksigen sehingga menyebabkan Iskemia. Kondisi ini dapat memicu terjadinya keringat yang berlebih serta mual dan muntah karena rasa tidak nyaman.

Tipe Tipe Penyakit Jantung

tipe penyakit jantung

Setelah mengetahui tanda tanda penyakit jantung, penting mengenal tipe dan jenisnya. Ada beberapa jenis penyakit jantung yang bisa terjadi pada seseorang dengan gejala berbeda. Berikut jenis penyakit jantung yang harus diketahui:

Baca Juga:  Jaga Jantung,Terapi Recombinant Tissue Plasminogen Activator

1. Serangan Jantung

Serangan jantung adalah jenis penyakit yang terjadi saat aliran darah tersumbat atau terjadi penyumbatan pembuluh darah ke otot jantung. Ciri-ciri serangan jantung, yaitu keringat dingin, detak jantung cepat, sesak nafas, nyeri dada, dan mual.

2. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah kondisi pembuluh darah mengalami masalah akibat penumpukan plak sehingga pasokan darah ke jantung terhambat. Ciri-ciri penyakit ini seperti pusing, nyeri dada, sesak nafas, keringat dingin, dan mudah capek.

3. Gagal Jantung

Gagal jantung adalah kondisi jantung tidak berfungsi normal atau tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh. Adapun gejala gagal jantung seperti batuk terus menerus, bengkak pada kaki, sesak nafas, kurang nafsu makan, dan perut bengkak.

4. Penyakit Katup Jantung

Penyakit katup jantung adalah kondisi katup tidak bisa membuka dan menutup dengan baik, sehingga jantuk tidak bisa memompa darah. Ciri-ciri penyakit ini seperti sesak nafas, mudah merasa lelah, pusing, nyeri dada, dan jantung berdebar.

Itulah beberapa jenis penyakit jantung yang banyak dialami dengan ciri dan gejala penyakit yang mungkin hampir sama . Lantas, kapan harus periksa ke dokter?

Kapan Harus ke Dokter?

dokter jantung

Jika Anda mengalami gejala dan tanda-tanda jantung yang bermasalah, segera periksa ke dokter spesialis jantung. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan Anda mengalami masalah kesehatan pada organ jantung.

Jika hasil pemeriksaan menunjukan ada gangguan jantung, maka Anda akan diminta untuk konsumsi obat jantung untuk meredakan gejala yang dialami. Semakin cepat mendapat penanganan medis, semakin besar peluang untuk sembuh.

Demikian informasi tentang tanda tanda penyakit jantung yang harus diwaspadai. Jika terjadi indikasi atau gejala serangan jantung, maka sebaiknya periksa ke dokter atau rumah sakit terdekat kemudian beri tahu kondisi dan gejalanya.

 

Reviewed by

dr. Yusak Alfrets Porotu’o, Sp.JP

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Primaya Hospital Karawang

Referensi:

  • Women and Heart Disease. https://www.cardiosmart.org/topics/women-and-heart-disease. Diakses pada 6 Juni 2023.
  • Warning Signs of a Heart Attack. https://www.ahajournals.org/doi/full/10.1161/hc2501.093258. Diakses pada 6 Juni 2023.
  • Heart Attack (Myocardial Infarction). https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16818-heart-attack-myocardial-infarction. Diakses pada 6 Juni 2023.
  • Heart Attack Symptoms in Women. https://www.heart.org/en/health-topics/heart-attack/warning-signs-of-a-heart-attack/heart-attack-symptoms-in-women. Diakses pada 6 Juni 2023.
  • 3 Heart Attack Signs Women Shouldn’t Ignore. https://health.clevelandclinic.org/women-dont-ignore-3-subtle-heart-attack-symptoms/. Diakses pada 6 Juni 2023.
Bagikan ke :

Buat Janji Dokter

Promo

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.