• Emergency
  • 150 108
  • Chatbot

Persiapan Menjelang Hari Perkiraan Lahir

Persiapan Menjelang Hari Perkiraan Lahir

Persiapan melahirkan bagi ibu ibarat permen yang banyak diiklankan, ramai rasanya. Persiapan menjelang persalinan, baik bagi Ibu yang pertama melahirkan maupun yang sudah pernah melahirkan sebelumnya, semua sama-sama menguras fisik dan mental. Tapi, di sisi lain, mengetahui bahwa akan ada buah hati yang lahir dapat memberi ibu dorongan semangat dan kegembiraan.

 


Mengenal Hari Perkiraan Lahir

Masa kehamilan biasanya berlangsung sekitar 40 minggu atau 280 hari. Selama periode itu, janin dalam kandungan akan tumbuh dan berkembang hingga siap hadir ke dunia. Hari perkiraan lahir adalah hari di mana ibu diperkirakan akan melahirkan buah hati berdasarkan periode kehamilan tersebut. Biasanya, dokter kandungan atau bidan bisa menginformasikan hari perkiraan lahir alias HPL sejak Ibu pertama memeriksakan kehamilannya.

Meski begitu, hari perkiraan lahir tidak selalu dihitung pas 40 minggu. Seorang ibu bisa melahirkan bayinya pada usia kehamilan antara 37 dan 41 minggu. Karena itulah HPL hanya bersifat perkiraan, bukan tanggal pasti. Bayi bisa terlahir kapan saja dan ada beragam faktor yang menentukan kapan ibu akan melahirkan.

Meski tidak pasti, memperkirakan hari kelahiran bayi tetap penting. Perkiraan itu berkaitan dengan persiapan melahirkan yang harus dilakukan dengan matang. Ibu dan keluarga harus menyiapkan segala hal menjelang hari perkiraan lahir buah hati. Tak hanya menyiapkan pakaian, popok, ataupun barang keperluan lain untuk bayi yang akan dilahirkan, ibu terutama perlu mempersiapkan mental dan fisik karena persalinan membutuhkan kesiapan lahir dan batin.

Dokter dan tim yang menangani ibu hamil juga membutuhkan informasi HPL. Mereka perlu melakukan persiapan menjelang persalinan untuk memeriksa lebih mendalam kondisi kehamilan, antara lain memastikan tumbuh kembang janin berjalan sesuai dengan rencana. Dengan begitu, dokter dapat melakukan tindakan atau intervensi sesegera mungkin bila diperlukan sebelum bayi lahir.

 

Kondisi Ibu Hamil Menjelang Melahirkan

Menjelang tiba waktunya melahirkan, ibu biasanya dapat melihat perubahan yang terjadi pada dirinya. Perubahan ini bisa berbeda antara satu ibu dan ibu lain. Namun penting untuk mengetahui tanda-tanda ini sehingga ibu bisa segera memeriksakan dirinya jika ada keluhan yang dirasakan tidak normal

Baca Juga:  Benarkah Jeruk Nipis dapat Menggugurkan Kandungan?

Perubahan ini dialami secara fisik maupun psikis, misalnya:

  • Lebih sulit tidur di malam hari
  • Emosi yang dirasakan tidak stabil
  • Kerap buang air kecil
  • Kaki bengkak atau sering keram
  • Nyeri yang dirasakan di bagian perut bawah

Harus digarisbawahi bahwa kondisi ini tidak bersifat pasti. Bisa saja seorang ibu hamil tidak mengalami satu atau lebih poin tersebut, sedangkan ibu lain mengalami semuanya.

 

Bagaimana Cara Menghitung Hari Perkiraan Lahir?

Dokter dapat memberikan informasi tentang hari perkiraan lahir untuk persiapan melahirkan lewat hari pertama haid terakhir (HPHT) atau pemeriksaan ultrasonografi (USG). Mengetahui HPHT dapat membantu Ibu untuk bisa menghitung sendiri hari perkiraan lahir. Hari perkiraan lahir bisa ditentukan jika ibu mengetahui hari pertama periode menstruasi terakhir sebelum hamil. Hari perkiraan lahir itu 40 minggu setelah tanggal terakhir menstruasi. Ini cara yang relatif mudah karena kebanyakan wanita ingat periode menstruasi mereka. Tapi jika siklus menstruasi tidak teratur, cara ini kurang akurat.

Jika Ibu memeriksakan diri ke dokter, HPL dapat dihitung dari pemeriksaan USG. Ini merupakan cara menghitung hari perkiraan lahir yang lebih akurat. Dalam pemeriksaan ini, dokter akan mengukur bagian-bagian janin. Hasil pengukuran itu membantu dokter menentukan usia kehamilan dan mengonfirmasi hari perkiraan lahir.

Untuk mengetahui hari perkiraan lahir yang lebih akurat, ibu sebaiknya memeriksakan diri pada awal kehamilan, karena perhitungan HPL yang akurat didapatkan dari pemeriksaan kehamilan pada trimester 1.

 

Tanda-tanda Menjelang Persalinan

Kondisi ibu hamil mendekati waktu persalinan antara lain:

  • Keluar cairan seperti lendir dari kemaluan berwarna merah muda, merah, atau kecoklatan
  • Ada perasaan seperti bayi turun ke dalam rongga panggul Anda sehingga terasa tekanan atau nyeri di panggul atau kemaluan
  • Nyeri tumpul di punggung bagian bawah yang hilang-timbul
  • Nyeri atau keram di daerah panggul/dubur
  • Saat diperiksa dokter, ada pelunakan, penipisan, atau pelebaran serviks
  • Kerap mengalami kontraksi palsu atau kontraksi yang hilang-timbul dan belum terasa kencang dan keras, melainkan seperti kram ringan. Kontraksi ini akan semakin sering, teratur, dan kuat semakin mendekati waktu persalinan.
Baca Juga:  Pemeriksaan Pap Smear, Tahapan dan Cara Membaca Hasilnya

Tanda-tanda melahirkan ini bervariasi dan tidak semua ibu hamil mengalaminya.

 

Kapan Harus ke Dokter?

Untuk persiapan melahirkan, ibu hamil harus sudah bersiap beberapa minggu sebelum hari perkiraan lahir. Siapkan tas berisi keperluan persalinan di tempat yang mudah dijangkau sehingga bisa langsung dibawa ketika ibu mengalami tanda melahirkan. Jika merasakan kontraksi yang semakin kuat, sering dan teratur atau ada tanda-tanda persalinan lain menjelang hari perkiraan lahir, sebaiknya datangi dokter.

Jangan menunda datang ke dokter untuk bersalin jika sudah mengalami pecah ketuban alias keluar cairan ketuban dari vagina. Pecah ketuban berarti janin sudah tak memiliki kantong pelindung di dalam rahim dan harus segera menjalani persalinan. Demikian juga bila keluar darah yang banyak dari vagina. Tanda melahirkan ini tak selalu datang pada hari perkiraan lahir, tapi bisa juga muncul seminggu sampai tiga minggu sebelumnya, bahkan lebih awal lagi jika terjadi persalinan prematur. Oleh karena itu, sejak trimester ketiga dan semakin mendekati persalinan, Ibu harus siaga memantau perubahan yang terjadi pada Ibu dan janin demi kesehatan ibu dan buah hati.

 

Ditinjau oleh:

dr. Ditha Adriana Loho, Sp.OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Primaya Hospital PGI Cikini

 

Referensi:

What To Expect In The 9th Month Of Your Pregnancy. https://www.urmc.rochester.edu/medialibraries/urmcmedia/ob-gyn/midwifery/resources/documents/9thmonthofpregnancy.pdf. Diakses 12 Februari 2022

Signs of Labor. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/labor-signs. Diakses 12 Februari 2022

Estimating Your Due Date. https://www.webmd.com/women/estimate-due-date. Diakses 12 Februari 2022

How accurate is my ‘due date’? https://www.aims.org.uk/information/item/due-date. Diakses 12 Februari 2022

Benefits of preparing for childbirth with mindfulness training: a randomized controlled trial.  with active comparison. https://bmcpregnancychildbirth.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12884-017-1319-3. Diakses 12 Februari 2022

Lifestyle Intervention in Preparation for Pregnancy (LIPP). https://clinicaltrials.gov/ct2/show/NCT03146156. Diakses 12 Februari 2022

 

Bagikan ke :

Promo

Masuk ke Akun Anda dibawah ini

Isi form dibawah ini untuk melakukan pendaftaran

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.